Biz Markie, Dikenal dengan Lagu Rap Klasik ‘Just a Friend,’ Meninggal di Usia 57 – Majalah Time.com

oleh -142 Dilihat
oleh


LOS ANGELES — Biz Markie, penyanyi hip-hop terkenal karena kehebatannya dalam beatboxing, penguasaan turntable, dan lagu klasik “Just a Friend” tahun 1989, telah meninggal dunia. Dia berusia 57 tahun.

Perwakilan Markie, Jenni Izumi, mengatakan rapper-DJ itu meninggal dengan tenang Jumat malam bersama istrinya di sisinya. Penyebab kematian belum dirilis.

“Kami berterima kasih atas banyak panggilan dan doa dukungan yang kami terima selama masa sulit ini,” kata Izumi dalam sebuah pernyataan. “Biz menciptakan warisan seni yang akan selamanya dirayakan oleh rekan-rekan industrinya dan penggemar tercinta yang hidupnya dapat ia sentuh melalui musik, selama lebih dari 35 tahun. Dia meninggalkan seorang istri, banyak anggota keluarga dan teman dekat yang akan merindukan kepribadiannya yang bersemangat, lelucon yang terus-menerus, dan sering diolok-olok.”
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Markie, yang nama lahirnya adalah Marcel Theo Hall, dikenal di dunia genre rap sebagai “Pangeran Badut Hip-Hop” yang memproklamirkan diri karena liriknya yang ringan dan sifatnya yang lucu. Dia membuat musik dengan Beastie Boys, membuka tur komedi Chris Rock dan menjadi DJ yang dicari untuk acara bertabur bintang yang tak terhitung jumlahnya.

Karier musik penduduk asli New York dimulai pada 1985 sebagai beat boxer dari Juice Crew, sebuah kolektif rap yang ia bantu bergabung dengan Big Daddy Kane. Tiga tahun kemudian, ia merilis album debutnya “Goin’ Off,” yang menampilkan hits underground “Vapors” dan “Pickin’ Boogers.”

Markie masuk ke musik arus utama dengan lagu terlarisnya “Just a Friend,” single utama di album keduanya “The Biz Never Sleeps.” Lagu friend-zone memecahkan 100 lagu pop teratas Rolling Stone dan membuat daftar 100 lagu hip-hop terbaik VH1 sepanjang masa.

“Yang ini sakit baad… RIP untuk Aries-ku bro…” Q-Tip dari A Tribe Called Quest kata di Twitter, di mana curahan duka untuk Markie tumbuh, “ahhh man @BizMarkie sialan aku akan merindukanmu begitu banyak kenangan.”

Questlove mengatakan dia belajar dari Markie di awal karirnya.

“Biz membangun saya, kawan,” Questlove memposting di Instagram bersama dengan foto dirinya dan Markie. “Pada tahap awal saya Biz yang mengajari saya tempat NYATA untuk merekam catatan….Biz mengajari saya kota mana yang memiliki penggalian yang bagus…..Biz mengajari saya di mana mengumpulkan 45 detik……Biz mengajari saya di mana mengumpulkan 8TRACK TAPES!! ”

Setelah dua album yang sukses, Markie disajikan dengan gugatan pelanggaran hak cipta untuk sebuah lagu di album studio ketiganya “I Need a Haircut” pada tahun 1991. Dia dan labelnya, Warner Bros Records, digugat oleh penyanyi Irlandia Gilbert O’Sullivan yang mengklaim bahwa elemen-elemen dari hitnya tahun 1972 “Alone Again (Naturally)” diambil secara ilegal dalam “Alone Again” milik Markie

Hakim memutuskan untuk menghentikan distribusi lebih lanjut dari album, yang diterbitkan kembali tanpa lagu ilegal. Keputusan tersebut juga mengubah lanskap pengambilan sampel musik dengan mendikte bahwa mereka telah disetujui sebelumnya oleh pemilik aslinya.

Meskipun mengalami kemunduran, Markie merilis album keempatnya “All Samples Cleared!” pada tahun 1993 yang merupakan referensi nyata untuk pertempuran pengadilan. Dia merilis album terakhirnya “Weekend Warrior” satu dekade kemudian.

Markie menjaga namanya tetap relevan karena ia secara konsisten memesan lebih dari 175 pertunjukan setahun, menurut situs web rapper. Dia muncul di acara televisi termasuk “In Living Color,” “Empire” bersama dengan “black-ish” dan film 2002 “Men in Black II,” di mana dia memainkan parodi alien dirinya dalam film yang dibintangi Will Smith dan Tommy Lee Jones.

Markie juga mengajarkan metode beatboxing dalam sebuah episode acara anak-anak “Yo Gabba Gabba!”

“Kami kehilangan legenda Rap lainnya, Mr. Biz Markie,” kicau bassis Parliament-Funkadelic Bootsy Collins. “Bagi banyak dari kita, dia lebih dari sekedar Teman.”

Sumber Berita





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.