Strategi Konten Menarik untuk Bisnis di Sosial Media

oleh -253 Dilihat
oleh

[ad_1]

JAKARTA,– Pemanfaatan digital marketing lewat media sosial dengan konten-konten menarik, berpotensi meraup pelanggan baru dan jadi strategi untuk memaksimalkan promosi maupun meningkatkan brand awareness.

“Konten jadi hal penting bagi brand yaitu sebagai media komunikasi untuk meningkatkan kepercayaan customer, menarik customer baru, dan memperkuat brand,” kata Digital Strategist Diana Bakery, Monica Eveline saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat I, pada Selasa (13/7/2021).

Agar membuat konten yang menarik, Monica membagikan pengalamannya di dunia konten marketing dengan langkah pertama mengetahui dulu target marke-tnya, sehingga dengan begitu akhirnya dapat dipilih konten apa yang berhubungan dengan sasaran komunikasi.

Monika mengambil contoh untuk akun sosial media yang mengembangkan jasa keuangan dapat memunculkan konten bertema tips berinvestasi atau mengelola keuangan.

Selanjutnya buat konten yang kemungkinan untuk di bagikan lagi dan ditonton lebih banyak orang. Sehingga bisa lebih banyak menarik audience baru yang membeli produk.

Hal ini berarti sebuah brand sebaiknya memang tidak melulu melakukan upaya soft selling di akun sosial medianya. Misalnya dengan menjual cerita di balik kesuksesan sebuah brand hingga bisa menjadi besar.

Kategori konten tersebut masuk ke dalam konten uang bisa memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Dia pun mengungkapkan ada beberapa jenis konten menarik yang dibuat pada era sekarang. Pertama berupa konten tutorial misalnya video TikTok singkat tentang cara membuat kue ulang tahun atau menghias kuku yang tujuannya membantu dan bisa bermanfaat untuk orang yang melihatnya.

“Saat kita buat konten tutorial, yang bermanfaat untuk orang banyak itu akan lebih banyak peluangnya orang lain membagikan konten kita,” ujar Monica.

Jenis konten lainnya yaitu berupa informasi yang menarik dan inspiratif. Misalnya kisah dari pedagang biasa hingga bisa jadi sukses, dengan isi pesan dampak bergabung di sebuah marketplace untuk peningkatan ekonomi Indonesia. Lalu ada konten cerita proses bagaimana membangun bisnis dari awal untuk menginspirasi orang.

Webinar Literasi Digital di Kota Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hadir pula nara sumber seperti Danan Dna Creativepreneur, CEO Swell Extendedfam, Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma, serta Syarif Hidayatullah, Guru Madrasah Mu’allimien Muhammadiyah Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama.

Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 103 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

[ad_2]

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.