Viral

Kiat Mendongkrak Semangat

TIRAS.id

TIRAS.id — Pada prinsipnya, setiap manusia itu mampu menemukan jalannya sendiri, untuk mendongkrak semangatnya. Namun, sedikit orang yang tahu, bagaimana cara memompa semangat dirinya untuk meraih impian?

Untuk itu, cobalah Anda bersikap disiplin untuk mencapai target yang diinginkan, selain mengikuti langkah-langkah berikut:

Fokus.

Daripada sibuk memikirkan sesuatu yang tidak Anda miliki, tidak ada salahnya jika Anda fokus dan memerhatikan sesuatu yang dimiliki.

Jadi, pikirkan bagaimana memberdayakan apa yang Anda miliki tersebut. Sertakan dengan kalimat-kalimat yang mendorong kemauan Anda seperti: “Saya bisa!” Atau, “Saya sanggup!”

Pasanglah target yang membuat Anda bertambah semangat. Ingat selalu hal-hal yang bisa memotivasi diri Anda. Misalnya, minggu ini Anda bersenam untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Minggu depan untuk malam yang romantis dan seterusnya.

Bangga.

Apa pun target Anda, semua dapat tercapai jika dilakukannya satu demi satu. Untuk menambah motivasi, bersikaplah bangga pada prestasi yang telah Anda capai.

Jangan terpaku pada panjangnya jalan yang belum Anda selesaikan. Kalau perlu, hadiahi diri sendiri bila Anda berhasil melampaui satu tahapan dengan sukses.

Target.

Sebelum bekerja, cobalah membuat sejumlah target kecil yang dapat Anda raih dengan mudah, ketimbang target nan berat. Karena biasanya, target yang berat membuat hati Anda ciut.

Target yang kecil membutuhkan lebih sedikit kemauan daripada target besar. Keberhasilan akan membuat Anda berani mencoba lagi dan akhirnya berhasil menyelesaikan semuanya dengan sukses.

Bila selama ini Anda belum pernah teruji, sebaiknya jangan memilih target yang memberi perubahan besar pada Anda. Membangun kemauan sama seperti membangun otot.

Pastikan target itu memang impian Anda. Tanyakan pada diri sendiri apakah target ini memang Anda inginkan atau hasil paksaan orang lain? Akan sulit untuk maju jika target itu tak datang dari diri sendiri.

Rencana.

Ambil waktu untuk merencanakan bagaimana Anda bisa mencapai target yang telah ditentukan. Cobalah menemukan beberapa cara untuk meraihnya.

Dua pilihan lebih baik daripada satu. Tapi, jangan membuat terlalu banyak rencana, karena dapat membingungkan Anda.

Teman.

Kita cenderung menutupi rencana dari orang lain. Alasannya, khawatir orang akan mengejek bila target tak tercapai.

Sayangnya, usaha melindungi diri sendiri seperti itu justru membuat kemauan melemah. Dengan menyampaikan rencana dan target kita pada orang lain, efek yang Anda rasakan malah menambah kekuatan si kemauan.

Bahkan, terkadang bisa membentuk kelompok yang mengalami masalah sejenis. Ini akan sangat membantu kita dalam mencapai target. Dukungan semangat dan rasa simpati akan membawa keberhasilan bagi usaha Anda.

Memaksakan diri.

Bila di tengah jalan Anda merasa bosan dan mandek, berhentilah sejenak. Jangan pernah Anda memaksakan diri.

Beri kesempatan pada diri Anda untuk beristirahat. Tetapi setelah itu, jangan lupa segera kembali lagi melakukan hal-hal yang diperlukan.

Sekali kita bisa melakukan hal ini, otomatis Anda bisa tahan lebih lama. Dan, bahkan akhirnya terbebas dari kebosanan.

Semoga tercapai impian Anda!

Total Page Visits: 15 - Today Page Visits: 1
TIRAS.id

Tinggalkan Balasan