Peran Strategis Asesor Dalam Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

oleh -0 Dilihat
oleh
BNSP : Webinar Tentang Pendidikan dan Pelatihan Vokasi

TIRAS.ID – Komisioner BNSP, Prof. Amilin, memenuhi undangan dari Dewan Pengurus Nasional Ikatan Asesor Profesional Indonesia (DPN IASPRO), untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar Nasional dengan tema: “Peran Asesor Dalam Pendidikan dan Pelatihan Vokasi”.

Kegiatan Webinar Nasional ini diselenggarakan secara online melalui media zoom meeting (30/06/2024). Para peserta tampak begitu antusias dan bersemangat selama mengikuti webinar ini dari awal hingga akhir.

Dalam pemaparannya, Prof Amilin menyatakan bahwa: “Peraturan Presiden (Perpres) No 68 Tahun 2022 mengamanatkan agar dilakukan proses revitalisasi dalam pendidikan dan pelatihan vokasi”.

Oleh karena itu, BNSP sangat concern terhadap peran dan keterlibatan Asesor dalam sistem sertifikasi pendidikan dan Pelatihan Vokasi.

Perpres ini relevan dengan peran BNSP yang diatur dalam Pasal 3 Ayat 2a pada Peraturan Pemerintah (PP) No 10 Tahun 20218 yang menyatakan bahwa “BNSP memiliki fungsi dalam pelaksanaan dan pengembangan sistem sertifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi”.

“Eksistensi asesor memiliki peran sentral dan strategis dalam proses pendidikan dan pelatihan vokasi yang berkualitas, salah satu perannya adalah dapat berkontribusi dalam memberikan masukan kepada pendidikan vokasi dalam menentukan profil lulusan. Oleh karena itu, perlu diberikan penguatan terhadap peran Asesor”, ujar Prof Amilin.

Acara webinar nasional ini dibuka oleh Ketua Umum Pusat IASPRO, Irwan Usman. Dalam sambutan pembukaannya, Irwan Usman menyatakan bahwa “Asesor Kompetensi memegang peran penting dalam mengawal impelentasi Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi”.

Ketua Panitia Penyelenggara Webinar, Iwan Setiawan, yang sekaligus sebagai Ketua Umum DPW IASPRO Provinsi Jawa Barat, menyatakan bahwa “Kegiatan Webinar ini bertujuan untuk memberikan insight dan refreshment of knowledge kepada para peserta webinar tentang peran strategis Asesor dalam proses pendidikan dan pelatihan vokasi”.

Ketua Steering Committee Webinar, Wahyu Adiartono, yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat IASPRO, merasa gembira dan memberikan apresiasi yang begitu besar terhadap semangat para peserta untuk mengikuti webinar.

“Minat yang tinggi para asesor untuk mengikuti kegiatan seminar ini menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias untuk meng-upgrade pengetahuan mereka tentang peran strategis Asesor dalam proses pendidikan dan pelatihan vokasi, oleh karena itu layak untuk diapresiasi”, ujar Wahyu Adiartono.

Setelah selesai sesi pemaparan materi oleh Narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi, dipandu secara langsung oleh moderator, Mangun Winata, yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPW IASPRO Provinsi Banten.

Sesi diskusi berjalan dengan sangat dinamis, lancar, hangat, dan sangat kondusif, sehingga para peserta mendapatkan banyak pencerahan ilmu pengetahuan dari Narasumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.