Kabar Dari IPDN Jatinangor

TIRAS.id

TIRAS.id —  Humas IPDN memberi info bahwa Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pudokkes) Mabes Polri melaksanakan Tes Kesehatan Tahap I bagi peserta calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Pelaksanaan tes sendiri dilaksanakan selama 2 hari terhitung sejak tanggal 8 s.d 9 September 2020.

Masih menurut rilis, pelaksanan tes ini mengacu kepada Nota Kesepahaman antara Mendagri dengan Kapolri No. 119/4349/SJ dan No. NK/23/VII/2020 tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia di Lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Adapun lokasi pelaksanaan tes ini dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara/Biddokkes Polda masing-masing provinsi asal pendaftaran.

Peserta yang akan mengikuti Tes Kesehatan Tahap I berjumlah 3.022 orang, nantinya peserta tes ini akan memperebutkan 2.400 kuota yang merupakan jumlah kuota peserta yang lulus Tes Kesehatan Tahap I.

Formasi kuota lulus Tes Kesehatan Tahap I diperoleh dari hasil  perhitungan 2 dikali kouta calon praja (2 x 1.200 orang), sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 892.1-827 Tahun 2020 tentang Kebutuhan Calon Praja pada Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2020.

Materi Tes Kesehatan Tahap I mencangkup pemeriksaan anamnesis, fisik, telinga, hidung, tenggorokan, nadi, tekanan darah, tinggi badan, berat badan, komposisi tubuh, mata, gigi dan mulut.

Hasil Tes Kesehatan Tahap I dijadwalkan akan diumumkan setelah pelaksanaan rapat pleno yakni pada tanggal 11 September 2020 melalui portal resmi SPCP IPDN.

Setelah melalui Tes Kesehatan Tahap I, para peserta yang telah dinyatakan lulus tes harus bersiap-siap menghadapi tes selanjutnya yakni Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran.

Tes ini dilaksanakan oleh Ass. SDM Mabes Polri yang dijadwalkan pada tanggal 15 s.d 16 September 2020 di Polda masing-masing provinsi asal pendaftaran.

Seluruh rangkaian Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran mengacu kepada MoU antara Mendagri dengan Kapolri No. 119/4349/SJ dan No. NK/23/VII/2020.

“Setelah selesai pelaksanaan tes SKD, masih ada rangkaian tes selanjutnya yang harus dilalui oleh para peserta calon praja, seperti Tes Kesehatan Tahap I yang sekarang sedang dalam pelaksanaan, lalu akan ada Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran dan yang terakhir yakni pelaksanaan Pantukhir.

Pada pelaksanaan Pantukhir ini para peserta akan kembali melakukan serangkaian tes yang dimulai dengan Verifikasi Faktual Dokumen Persyaratan Administrasi, Tes Kesehatan Tahap II, Tes Kesamaptaan dan Pemeriksaan Penampilan.

Jadi, selain aspek kognitif para peserta juga harus mempersiapkan fisik dan mental sebaik mungkin karena rangkaian tes SPCP ini masih Panjang, tetap semangat dan lakukanlah yang terbaik karena proses tidak akan mengkhianati hasil”, ujar Rektor IPDN.

 

Tinggalkan Balasan