google.com, pub-6135897251816907, DIRECT, f08c47fec0942fa0
Viral

Yang Mundur Bukan Menteri Kesehatan Indonesia, Tapi Menkes Selandia Baru

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto sidak.
TIRAS.id

TIRAS.id — Beredar narasi di media sosial bahwa Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menuruti permintaan untuk mundur. Dalam postingan akun tersebut, disertakan video  yang memperlihatkan Menkes Terawan seperti jalan mundur di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Faktanya video itu merupakan  dokumentasi saat Menteri Terawan datang dan pulang meninggalkan Istana Merdeka pada Selasa 22 Oktober 2019.

Kala itu, Terawan dipanggil terkait kesiapannya bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Menkes. Video itu memperlihatkan Terawan jalan maju dan mendekat ke arah Istana Merdeka.

Baik saat datang ke istana sekitar pukul 17.00 WIB dan saat meninggalkan istana pada malam hari.

Rumors Menkes Mundur?

Yang benar adalah Menteri Kesehatan (Menkes) Selandia Baru, David Clark, mengundurkan diri dari jabatannya terkait blunder dalam respons pemerintah terhadap pandemi virus Corona (COVID-19). Blunder tersebut memicu munculnya kembali kasus baru di negara yang sempat menyatakan bebas dari Corona.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Kamis (2/7/2020), pengunduran diri Clark juga didasari kesalahan pribadi yang dilakukannya beberapa waktu lalu saat melanggar aturan pembatasan sosial yang diberlakukan di Selandia Baru.

Dalam pernyataannya, Clark menyebut keberadaannya dengan tetap menjabat Menteri Kesehatan telah memicu ‘gangguan yang tidak membantu’ bagi upaya pemerintah menghadapi pandemi Corona.

“Semakin jelas bagi saya bahwa kelanjutan peran saya telah mengganggu respons pemerintah secara keseluruhan terhadap COVID-19 dan pandemi global,” ucap Clark dalam konferensi pers di parlemen Selandia Baru.

“Saya mengambil tanggung jawab penuh atas keputusan yang dibuat dan diambil selama saya menjabat sebagai Menteri Kesehatan,” tegas Clark.

Disebutkan Clark bahwa Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern telah menerima pengunduran diri yang diajukannya. PM Ardern mengonfirmasi hal itu.

 

Total Page Visits: 262 - Today Page Visits: 2

Tinggalkan Balasan