Rakornas bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pola operasi bagi Satpol PP di daerah melalui kerjasama sinergis dalam menunjang terciptanya situasi kondusif, baik sebelum, maupun sesudah Pilkada.

“Rakornas ini akan menyamakan persepsi dari Sabang sampai Merauke, untuk tetap menjalin hubungan dari Pemerintah Pusat sampai Kabupaten/Kota, menyamakan persepsi, gerak langkah, untuk Pol PP lebih maju lagi,” ujar Arief.

Disampaikan juga Pol PP bukan dibentuk untuk bertempur dengan rakyatnya sendiri, tetapi penyeimbang yang nantinya akan menunjukkan representasi negara hadir di kehidupan masyarakat.

Tak hanya hotel yang terisi penuh. Karena datang juga Pembina administrasi kewilayahan yang membawahi Direktur Pol PP, beserta protokolernya. Tim dari BPIP, dan beberapa di antaranya dari kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri juga hadir.

‘Kiranya kehadiran empat ribuan Satpol PP dari seluruh Indonesia bisa menjadi stimulus Pariwisata Lombok, semenjak saudara kita mengalami bencana gempa. Pariwisata Lombok bergairah kembali,” ujar Arief menyebut sisi positif lain, dari Rakornas Satpol PP, yang juga HUT Pol PP ke 70 dan Linmas ke 58.

Turut hadir Menteri Dalam Negeri, Prof. Tito Karnavian beserta beberapa petinggi lainnya. Bupati dan Gubernur

Dengan tema “Peningkatan Profesionalisme Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Menuju Indonesia Maju.” Dalam konteks, Pilkada Serentak 2020, yang memposisikan Linmas ada di setiap TPS di Pilkada.

Satuan Polisi Pamong Praja sebagai aparat yang menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersikap proaktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi.

“Nanti Satpol PP akan membantu Bawaslu dalam menertibkan alat peraga kampanye, dan kami tempatkan juga minimal 2 orang Linmas di setiap TPS untuk menjamin kesuksesan Pilkada,” ujar Arief.

Peringatan HUT Ke-70 SatPol-PP dan HUT ke-58 Sat-Linmas Tahun 2020 juga memberikan penghargaan Karya Bhakti Satpol PP yang diberikan kepada Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi/Kabupaten/Kota yang mempunyai dedikasi dan integritas tinggi dalam peningkatan peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam upaya mendukung kelancaran pemerintah daerah.

Inspektur acara pada tanggal 3 Maret, Prof Tito Karnavian selaku Mendagri yang juga pembina Satpol PP.