Simak Penggunaan Etika Berbahasa di Internet

  • Whatsapp


Eksekutif.com – Bahasa sangat penting untuk kehidupan kita, termasuk dalam kehidupan bermedia sosial. Penggunaan bahasa Indonesia di dunia digital juga menjadi bahasa pemersatu dari 700 bahasa daerah. Selain bahasa pemersatu, bahasa Indonesia berfungsi juga sebagai bahasa negara.

Anggi Auliyani S, Duta Bahasa Jawa Barat, mengatakan penggunaan bahasa asing tidak menutup kemungkinan menghilangkan/menggeser penggunaan bahasa Indonesia. Menurut UU Nomor 24 tahun 2009 menjelaskah bahwa bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum internasional di Indonesia.

“Dalam Trigatra Bangun Bahasa berbunyi utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Jadi, kalau bisa utamakan bahasa Indonesia. Karena ketiganya sama-sama penting, tinggal bagaimana kita menggunakan bahasa ini sesuai pada tempatnya,” ujar Anggi dalam Webinar di Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (14/7/2021).

Bahasa Indonesia yang baik digunakan sesuai dengan konteks dan nilai sosial masyarakat. Konteksnya bergantung pada siapa, kapan, dan di mana kita menggunakan bahasa tersebut. Sesuai dengan nilai yang dianggap penting dan benar oleh kelompok masyarakat. Misalnya, etiket, nilai agama, dan moral.

Dalam bahasa juga terdapat ragam tulis dan lisan. Pada ragam lisan, memungkinkan penggunaan bahasa atau komunikasi secara dua arak. Sebaliknya, ragam tulisan cenderung berupa komunikasi satu arah.

Selain itu, terdapat faktor lain, seperti ekspresi, gestur, intonasi dan volume. Sedangkan, dalam ragam tulisan terdapat unsur gramatikal, seperti tanda baca, struktur kalimat, dan tipografi. Akan tetapi, dalam penggunaan keduanya (lisan & tulisan) sama-sama terkait pada situasi, kondisi, ruang, dan waktu.

“Penggunaan huruf kapital pada seluruh kalimat dalam tulisan dapat bermakna teriak. Ini melanggar etika internet (netiket). Kata yang ditulis dengan huruf kapital semua juga tidak ramah pengguna, sulit dibaca, dan sulit dipindai,” jelasnya.

Bahasa Indonesia yang benar berarti sesuai dengan kaidah yaitu sesuai standar ejaan, tata bahasa, dan penggunaan istilah. Bahasa yang benar harus memperhatikan keefektifan kalimat. Bahasa yang benar juga berkaitan dengan ejaan yang benar sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Ia mengatakan, dalam penggunaan bahasa, kalau tidak hati-hati maka kita akan cenderung mudah tertipu. Karena itu, penipuan daring sampai saat ini masih marak terjadi. Hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisirnya adalah bangga dan bijak berbahasa Indonesia, biasakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Keterampilan bebahasa juga berbanding lurus dan berpengaruh pada kemampuan memahami, menganalisis, memproses informasi, serta proses pengambilan keputusan setelahnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (14/7/2021) ini juga menghadirkan pembicara, Henry V Herlambang (CMO Kadobox), Aisyah Kamaliah (Jurnalis Detik.com), Rahmat Supriatna (CTO Codelite), dan Louiss Regi Aude.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 14 kali dilihat,  14 kali dilihat hari ini



Source link

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.