Sejarah dan Doodle Hari Ini

oleh


Ulang Tahun Google ke-23 jatuh pada tanggal 27 September 2021 ini, nih, Parents.

Dalam merayakan hari jadinya, Google pun mengeluarkan doodle di laman pencarian. Doodle tersebut membentuk gambar kue ulang tahun cokelat dengan satu lilin dan angka 23.

Lantas, siapa pendiri atau founder Google sang mesin pencari sejuta umat ini? Bagaimana pula sejarahnya?

Melansir berbagai sumber, berikut adalah fakta-fakta HUT Google ke-23 yang dirayakan tanggal 27 September 2021.

Artikel terkait: Cara Mudah Memakai Fitur Google Classroom untuk Guru dan Siswa

Google Doodle Hari Ini: “Ulang Tahun Google ke-23”

Fakta Ulang Tahun Google Ke-23: Sejarah Namanya Berawal dari Typo

Google merayakan hari jadi ke-23 hari ini, Senin, (27/9) dengan doodle-nya yang tampil di laman pencarian.

Google Doodle hari ini menampilkan sebuah kue tart cokelat di halaman pencarian. Di atas kue tersebut, tertulis “Google” dengan warna pastel berhias cokelat dan meses warna-warni dan satu lilin.

Di laman doodle-nya, Google menulis; “Konon satu pertemuan yang terjadi secara kebetulan dapat mengubah jalan hidup Anda. Dalam kasus Google, pertemuan kebetulan antara dua ilmuwan komputerlah yang mengubah arah internet dan kehidupan jutaan orang.”

Masih dikutip dari laman Google Doodle, pada tahun 1997, Sergey Brin yang merupakan seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford, kebetulan ditugaskan untuk menunjukkan kampus Stanford kepada Larry Page. Larry sendiri pada saat itu sedang mempertimbangkan kampus Stanford untuk sekolah pascasarjana.

Nah, pada tahun berikutnya, dua pendiri Google itu pun mulai bekerja sama. Mereka membangun mesin pencari di kamar asrama dan mengembangkan prototipe pertamanya. Pada tahun 1998, Google Inc. pun resmi lahir.

Artikel terkait: Bayi bernama Google di Bekasi viral, Google Indonesia pun memberikan hadiah

Bagaimana Sejarah Google?

Fakta Ulang Tahun Google Ke-23: Sejarah Namanya Berawal dari Typo

Siapakah penemu Google?

Yap. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Sejarah perusahaan Google dimulai sejak 1996 ketika Larry Page dan Sergey Brin mengerjakan proyek bernama BackRub.

Larry Page dan Sergey Brin merupakan dua mahasiswa doktoral di Universitas Stanford, California, Amerika Serikat (AS). BackRub adalah bagian dari penelitian mesin pencari internet dengan algoritma Matematika.

Server Pertama Google Terbuat dari Balok Mainan

ulang tahun google ke-23
Setiap hari, ada miliaran pencarian di Google dalam lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia. Hingga sekarang, ada banyak perbaharuan yang telah terjadi pada mesin pencarian ini.

Diketahui, server pertama Google bertempat di lemari yang terbuat dari balok mainan, lo, Parents. Tidak menyangka, ya?

Hingga kemudian, saat ini, Google pun akhirnya berhasil menjadi perusahaan multinasional yang memiliki cabang nyaris di seluruh dunia. Google sendiri memiliki lebih dari 1 juta server untuk menunjang kinerja mesin pencariannya.

“Misinya adalah untuk membuat pusat informasi dunia dan dapat diakses oleh semua orang secara mudah,” tulis pihak Google.

Sejarah Nama Google: Berawal dari Typo

ulang tahun google ke-23

Google adalah projek Larry Page dan Sergey Brin yang berawal dari BackRub. Fakta menarik, mereka memberi nama proyek BackRub ini menjadi Google ternyata karena salah ketik atau typo

Awalnya, Larry Page ingin menamai domainnya dengan “Gogol.com”. Gogol adalah angka 1 yang diikuti dengan 100 kali nol dalam Matematika.

Larry Page kemudian meminta temannya, Sean Anderson, untuk mengecek ketersediaan domain “Gogol.com” di internet. Namun, Sean Anderson malah salah ketik menjadi Google.com.

Kesalahan ketik pun berlanjut, para investor juga salah mengeja nama Googol menjadi Google. Mereka juga terlanjur menuliskan nama produk penemuannya sebagai ‘Google’ dalam cek dan berbagai dokumen.

Inilah yang pada akhirnya membuat Larry Page dan Sergey Brin memutuskan menggunakan nama “Google” untuk perusahaannya. Nama tersebut juga akhirnya digunakan sebagai nama teknologi mesin pencari mereka hingga sekarang.

Artikel terkait: Mau Liburan Aman dan Nyaman di Masa Pandemi? Manfaatkan Fitur Google Travel

Fakta Tanggal 27 September jadi Ulang Tahun Google

ulang tahun google ke-23
Google resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Lalu, kenapa HUT-nya 27 September, ya?

Pertanyaan ini memang kerap ditanyakan oleh kebanyakan orang.

Sebelumnya, pada HUT-nya yang kelima atau pada tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September. Hingga setahun kemudian, ulang tahun keenam Google dirayakan kembali di tanggal berbeda, yakni pada 7 September. ‘

Sementara itu pada 2005, hari ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, yakni 26 September.

Sedangkan pada 2006, tanggal ulang tahun Google ditetapkan menjadi 27 September. Nah, tanggal tersebutlah yang akhirnya dipilih oleh Google sebagai hari jadinya. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Cukup membingungkan, ya, sejarah penempatkan hari ulang tahun Google ini, Parents?

Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa bermula dari berbagai sejarah itulah, kini Google telah berhasil menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia. Teknologinya dapat membantu banyak orang dalam berselancar di dunia maya. 

Nah, dalam rangka hari ulang tahun Google ke-23 ini, Parents pun bisa ikut merayakannya, lo. Salah satu caranya, yakni dengan mengucapkan selamat Ultah dan berbagi pesan positif di media sosial kita masing-masing.

Selamat Ulang Tahun Google ke-23!

***

Baca juga:

5 Fakta Marie Thomas, Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Ulang Tahun Google, Intip Sejarah dan Fakta Menarik dari Kedua Pendirinya Berikut Ini!

10 Inspirasi DIY Untuk Pesta Ulang Tahun Anak

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.