Pizza yang Tidak Bikin Gemuk, Bagaimana Membuatnya?

oleh


Pizza selama ini dikenal sebagai salah satu makanan cepat saji yang tinggi kalori. Mereka yang sedang mengikuti program diet biasanya akan menjauhi makanan ini karena dapat menambah timbunan lemak. Namun, tahukah Parents kalau ternyata ada pizza yang tidak bikin gemuk?

Mungkinkah membuat pizza antigemuk? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Adakah Pizza yang Tidak Bikin Gemuk?

pizza yang tidak bikin gemuk Sumber: Shutterstock

Tentu saja ada pizza yang tidak bikin gemuk. Namun, jika lebih diperjelas lagi, pertanyaannya mungkin lebih kepada, pizza seperti apa sebenarnya yang tidak akan membuat Anda menjadi gemuk? Para pecinta pizza ternyata mulai mengembangkan pizza yang lebih sehat dengan mengacu pada konsep diet seimbang.

Dalam konsep diet seimbang, artinya Anda harus mengonsumsi makanan sebanyak energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Misalnya, rata-rata Anda membutuhkan 1800 kalori setiap harinya, berarti jika Anda mengonsumsi makanan tidak melebih jumlah kalori tersebut, maka berat badan Anda tidak akan bertambah. Dengan kata lain Anda bisa saja mengonsumsi pizza tanpa takut jadi gemuk.

Mengingat pizza adalah makanan yang bisa dimodifikasi, tentu saja memungkinkan untuk memadukan topping yang jauh lebih sehat untuk Anda konsumsi. Lebih banyak makanan sumber protein, lebih banyak potongan sayur, serta lemak baik akan membuat pizza jadi makanan yang jugalayak dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang Anda. Mengenyangkan, nikmat, dan tidak bikin gemuk.

Ini mungkin saja dilakukan selama Anda memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dan menghitung total kalori pada pizza yang Anda buat. Mulai dari kalori adonan pizza, topping daging, dan juga sayuran. Selama Anda tidak mengonsumsi pizza ‘sehat’ ini lebih dari 1800 kalori sehari, maka tidak ada masalah untuk berat badan Anda.

Artikel terkait: Bread Pudding hingga Pizza, Ini 5 Resep Kreasi Roti Tawar yang Lezat

Resep Pizza Antigemuk

pizza yang tidak bikin gemuk Sumber: Shutterstock

Lalu, bagaimana, sih, resep pizza yang tidak akan membuat berat badan naik? Pada dasarnya, resepnya tidak jauh berbeda dengan resep pizza pada umumnya. Parents akan membutuhkan tepung, ragi, bahan-bahan topping yang sehat, serta saus pizza untuk memperkaya cita rasa pizza.

Setelah membuat adonan pizza, kemudian taburkan atau tata topping sehat ala Anda. Pastikan ada sumber protein, dan lemak baik, serta vitamin dan mineral juga di sana.

Dengan kata lain, seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, tambahkan juga potongan daging dan sayur. Parents bisa sesuaikan dengan selera. Bisa ikan, ayam, atau sapi. Potongan tomat juga akan menambah segar pizza.

Setelah itu, pizza tinggal dipanggang, tunggu sebentar sampai matang, lalu siap disantap. Sajikan pizza untuk dimakan bersama teman, kerabat, atau keluarga. Pizza yang Anda buat ini paling cocok dijadikan menu santap siang bersama. 

Artikel terkait: Jangan Salah Ambil Rempah! Ini Perbedaan Basil, Oregano, dan Parsley

Tips Makan Pizza agar Tidak Bikin Gemuk

pizza yang tidak bikin gemuk Sumber: Shutterstock

Ada sedikit catatan untuk Parents. Tidak hanya pizza, makanan yang terlihat sehat seperti sayur, daging, atau buah-buahan pun jika dimakan secara berlebihan berpotensi menambah berat badan dan membuat gemuk. Ini artinya tips makan pizza agar tidak gemuk adalah dengan tetap memperhatikan porsi yang Anda makan.

Pastikan juga untuk tidak setiap saat, setiap hari mengonsumsi pizza. Sesekali saja tidak jadi masalah. Apalagi pizza antigemuk mengandung terdiri dari beberapa bahan topping. Jadi total kalorinya juga pasti cukup tinggi. Dikonsumsi secara berlebihan tentu akan mengganggu diet yang Anda lakukan.

Tips lainnya adalah, sebisa mungkin menghindari mengonsumsi pizza instan atau pizza kemasan, yakni jenis pizza yang tinggal dipanaskan di microwave atau dipanggang dan siap makan. Pizza kemasan seperti ini umumnya diolah dengan menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Topping-nya pun tidak segar seperti saat dibuat sendiri.

Artikel terkait: Disebut Bisa Menurunkan Berat Badan, Kenali Manfaat dan Aturan Minum Kopi Hijau

Jadi sebaiknya buat pizza yang tidak bikin gemuk ala Parents sendiri. Kuncinya adalah pada porsi. Jika porsi pizza yang dimakan tidak melebihi kebutuhan kalori harian, maka Anda tak perlu merasa khawatir. Satu potong pizza mengandung sekitar 285 kalori. Jumlah ini mungkin bisa berubah apabila Anda menambahkan lebih banyak sayur, daging, atau ikan. 

Nah, Parents, jadi pizza yang tidak bikin gemuk itu memang ada, ya. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri karena dengan demikian bisa memastikan kandungan nutrisi di dalamnya. Hindari pizza instan! Kombinasikan juga dengan pola hidup sehat supaya tidak bikin gemuk. 

Baca juga:

id.theasianparent.com/resep-pizza-teflon-super-mudah-anti-gagal

id.theasianparent.com/pizza-termahal

id.theasianparent.com/resep-pizza-brokoli

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.