TIRAS.id

Penang Adventist Hospital Selangkah Lebih Dekat di Indonesia

#Tawarkan Wisata Medis Kelas Dunia ke Kaum Urban

Oleh: Andi Wibianto

Jakarta – Penang Adventist Hospital (PAH) atau Rumah Sakit Adventist Penang meresmikan kantor perwakilan (representative office) di Jakarta, Senin, 18 November 2019 di Jakarta.

Peresmian ini menandai pesatnya pertumbuhan bisnis wisata medis kelas dunia yang ditawarkan oleh PAH, Malaysia ke warga Ibukota dan sekitarnya.

Lalu apa saja sih kelebihan yang ditawarkan oleh RS Adventist Penang?  Bukankah Indonesia, atau di Jakarta juga sudah bertebaran RS kelas internasional? Lengkap dengan ahli lulusan luar negeri dan pengalaman internasional?

Dari sisi filosofi pelayanan ternyata ada tiga hal utama yang ditawarkan oleh PAH yang tidak ditemui di RS lain di kawasan Asia Tenggara, bahkan Asia dan Australia.

“Tiga hal utama yang kami tawarkan kepada pasien wisata medis, khususnya masyarakat Indonesia adalah Affordability/Keterjangkauan, Medical Outcome/Hasil Medis, dan Accessibility/Aksesibilitas  dalam menjalani pengobatan, perawatan, dan pemulihan kesehatan,” ujar Ronald Koh, President/Chief Executive Officer RS Adventist.

“Selain itu, kami memiliki pusat pelayanan penyakit jantung terlengkap dan terbaik di Malaysia dan jadi rujukan nasional, selain itu terdapat pusat pengobatan diabetes, psikologis klinis, psikiater klinikal, spesialis gigi/orthodonsi/endodontic/bedah mulut, ginjal dan penyakit dalam, bedah saraf, nuklir medis, spesialis saraf, spesialis penyakit kandungan, kanker, ortopedi, dan lainnya,” tambah Ronald.

PAH juga memiliki rencana ekspansi fasilitas di tahun 2020 dengan membuka pusat pengobatan kanker nuklir skala kota besar di sekitar komplek Rumah Sakit Adventist Penang.

Sementara itu, Caleb Lim, Senior Marketing Manager PAH mengungkapkan bahwa pihaknya sangat optimis akan pertumbuhan jumlah pasien wisata medis dari Indonesia.

“Tahun lalu, kami mencatat sekitar 80.000 pasien wisata medis asal Indonesia yang berkunjung ke fasilitas PAH dan kami memproyeksikan pertumbuhan sebesar 10-15 persen per tahunnya dari jumlah tersebut,” ujar Caleb.

Angka tersebut jelas bukan merupakan jumlah yang kecil dan terus menunjukkan tren yang meningkat.  Hal ini diamini oleh Refeah Jeannie Erde, Humas dari PAH.

“Apa yang diberikan oleh PAH adalah sebentuk integritas dari pelayanan kesehatan holistik kepada pasien wisata medis – tidak hanya dari tenaga dokter, tetapi perawat, petugas ruangan, administrasi, dan seluruh yang terlibat di operasional Rumah Sakit mendedikasikan pekerjaannya dengan sepenuh hati, informatif, dan kolaboratif,” ujar Jeannie yang asal Medan, Indonesia dan telah bekerja lebih dari 27 tahun di PAH.

Refeah Jeannie Erde, Humas dari PAH.

Kesaksian Pasien

Salah seorang pasien dari Indonesia, Elly Rosmiati, 71 tahun yang adalah Ibu Kandung dari Titi Kamal pernah menjalani operasi jantung akibat sumbatan di pembuluh darahnya dan berjalan dengan baik dan sukses.  Hingga kini, dirinya mengaku sangat puas dengan hasil operasi yang dijalaninya beberapa waktu lalu.  Karena apa?  Karena layanan holistik dan keramahtamahan yang diterimanya selama menjalani operasi di PAH.

Dia menyarakan agar mereka yang kebetulan memiliki kemampuan finansial untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pada layanan wellness yang dimiliki oleh PAH.

“Penting sekali untuk mereka yang sudah berusia lanjut dan paruh baya untuk memeriksakan kesehatannya, agar tidak terlalu terlambat saat menghadapi penyakit atau keluhan kesehatan yang menurunkan kualitas hidup,” ujar Elly.

“Paket pemeriksaan kesehatan yang ada sangat terjangkau dan reasonable,” tambahnya.

Elly Rosmiati, 71 tahun yang adalah Ibu Kandung dari Titi Kamal

Dokter residen

Dokter yang bertugas di PAH adalah dokter residen alias tinggal di sekitar wilayah Rumah Sakit dan tidak bertugas di Rumah Sakit lainnya, sehingga fokus layanan pekerjaan terhadap upaya penyembuhan pasien dapat diandalkan.

PAH saat ini memiliki 80 dokter berdedikasi tinggi dengan 25 spesialisasi layanan dan berasal dari sekolah-sekolah kedokteran dunia ternama di Amerika, Eropa, dan Asia.

Memasuki usia yang ke-95 tahun, PAH semakin memantapkan dirinya di layanan kesehatan, khususnya wisata medis – selain membuka secara resmi kantor perwakilan di Jakarta, PAH juga menempatkan perwakilannya di kota Surabaya dan Medan.

Ronald Koh, President/Chief Executive Officer RS Adventist.

 

Info  lebih lanjut hubungi, Sdri. Monnie di 0821 22399954

Total Page Visits: 234 - Today Page Visits: 1
Exit mobile version