google.com, pub-6135897251816907, DIRECT, f08c47fec0942fa0
TEKNOLOGI

Microsoft Mengganti Jurnalis Dengan Robot

TIRAS.id

TIRAS.id — Berita mengenai Microsoft akan menggantikan puluhan jurnalis kontrak di situs web MSN-nya menjadi viral dan menjadi perbincangan asosiasi media digital dunia. Pasalnya, Microsoft akan menggunakan sistem otomatis untuk memilih berita, laporan media AS dan Inggris.

Jika selama ini, kurasi cerita dari organisasi berita dan pemilihan tajuk dan gambar untuk situs MSN dilakukan oleh jurnalis. Maka, sebanyak 50 wartawan akan diputus kontraknya oleh Microsoft pada akhir Juni nanti.

Hanya ada satu tim wartawan, status kepegawaiannya tetap, yang masih dipertahankan.

Tadinya wartawan-wartawan itu bertugas untuk menyeleksi berita dan foto dari media lain yang layak tayang di laman MSN. Tetapi kini tugas tersebut diambil oleh robot berotak  kecerdasan buatan (AI).

Microsoft sendiri mengatakan langkah itu adalah bagian dari evaluasi bisnis.

“Seperti perusahaan lain, kami mengevaluasi bisnis secara teratur. Ini bisa berujung pada peningkatan investasi di beberapa bidang dan pengurangan di bidang lain. Keputusan ini bukan karena pandemi (Covid-19) yang sedang terjadi,” bunyi pernyataan resmi Microsoft.

Keputusan Microsoft itu disambut kritik oleh para jurnalis di seberang sana. Ada yang mengatakan bahwa komputer belum terbiasa untuk aturan-aturan editorial dan bisa justru memilih berita yang tidak layak tayang.

Giliran jurnalis belahan dunia lain, yang berpikir akankah fenomena teknologi ini akan dilakukan di negaranya.

Seorang jurnalis bergumam dan mengatakan: “Saya menghabiskan seluruh waktu saya membaca tentang bagaimana otomatisasi dan AI akan mengambil semua pekerjaan kami. Bagaimana ini?”

Microsoft adalah salah satu dari banyak perusahaan teknologi yang bereksperimen dengan bentuk-bentuk yang disebut jurnalisme robot untuk memangkas biaya. Google juga berinvestasi dalam proyek-proyek untuk memahami bagaimana cara kerjanya.

Microsoft mengganti wartawan yang bertugas di laman berita MSN dengan robot berotak AI.

Tinggalkan Balasan