Mengoptimalkan Digital Skills Agar Jualan Makin Cuan

oleh


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA,- Berkat adanya internet dan pemanfaatan teknologi kondisi pandemi yang penuh tantangan memiliki titik celah baru.

Termasuk untuk para pemilik UMKM yang selama pandemi mesti beralih jualan di marketplace atau memiliki toko online.

Tentunya sebagai sesuatu yang baru, menjalankan bisnis di marketplace perlu trik tersendiri, terutama bagi pemula yang ingin mengoptimalkan digital skills.

Henry V. Herlambang, CMO Kadobox mengungkapkan, rahasia digital yang palinv penting adalah membuat banyak traffic atau brand awareness dan berminat membeli produk.

Pemula bisnis atau UMKM yang ingin beralih ke online pun dapat memanfaatkan digital skills seperti digital marketing di akun media sosial jualannya.

“Gunakan foto produk yang baik. Dari segi pemilihan angle foto hingga kualitas resolusi foto produk harus baik sehingga pembeli dapat dengan jelas melihat produknya,” ujarnya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, pada Jum’at (8/10/2021).

Menurutnya pemilik bisnis bisa menggunakan jasa foto produk yang terjangkau namun memiliki hasil bagus.

Selain itu penting juga untuk mendeskripsikan produk secara lengkap dan menarik. Utamanya agar bisa masuk dalam mesin pencarian Goole harus mengenal trik SEO (Search Engine Optimization) dan berikan keyword produk yang sesuai.

Di sisi produk, harus ada keunggulan atau kelebihan dari produk lainnya yang sejenis sehingga pembeli menjadi tertarik.

Jangan lupa untuk meminta teman dan kenalan untuk berkunjung ke toko kita di marketplace, berikan link dan minta mereka memberi ulasan.

Tentunya yang utama dari digital marketing adalah menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk, dari sini maka bisnis akan bertumbuh dengan banyak customer baru dan pembelian berulang.

Untuk mempermudah pelanggan, gunakan alat pembayaran elektronik, namun sertakan juga pilihan COD (cash on delivery) karena ada potensi bagi masyarakat untuk jenis pembayaran lainnya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Iman Darmawan, seorang Fasilitator Public Speaking, Aditya Nova, Ketua Jurusan Hotel & Pariwisata IULI, dan Benny Daniawan, Dosen Sistem Informasi Universitas Buddhi Dharma.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama.

Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 90 kali dilihat,  86 kali dilihat hari ini



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.