Membuat Media Sosial Jadi Ruang Berkarya

oleh


EKSEKUTIF.COM, JAKARTA – Transformasi digital mengalami percepatan selama pandemi, masyarakat pun seolah dipaksa untuk cakap digital lebih cepat. Internet memungkinkan setiap orang memanfaatkannya secara positif dengan menjadikan media digital sebagai ruang berkarya. Dengan perubahan era yang kini digitalisasi akhirnya mengharuskan setiap orang cakap digital dan memaksimalkn keberadaannya untuk berbagai bidang pekerjaan dan usaha.

“Fokuskan tujuan dalam bermedia digital agar menghindari paparan negatifnya,” Kata Aldiyar, Instruktur Edukasi4ID saat webinar Literasi Digital wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I, Jum’at (24/9/2021)

Untuk menjadikan media digital sebagai ruang untuk berkarya dan mendapatkan berbagai peluang, mulailah dari hal yang paling mungkin sebagai langkah awal. Mulai dari hal apa yang disuka atau dari hal yang merupakan keahlian. Kemudian jadilah pembuat karya bukan sekadar penikmat. Bahkan setiap orang bisa mengeluarkan potensinya lewat unggahan positif dari sekadar sebuah hobi.

“Gunakan media digital sebagai media penyimpanan portofolio,” tuturnya lagi.

Setiap orang kini bisa memperlihatkan hasil pekerjaan yang sedang digeluti di media sosial dan hal tersebut dilakukan agar membuat orang menjadi tahu profesi dan keahlian seseorang. Apalagi untuk para freelancer maka akan mudah calon klien melihat hasil pekerjaan.

Selain itu gunakan media sosial untuk menjalin relasi. Bangun relasi positif di media sosial dengan hanya fokus ke sesuatu yang berhubungan dengan tujuan kamu di awal tadi. Seperti relasi dengan rekan satu profesi dan teman baru yang satu hobi, agar bisa menambah ilmu bahkan bertukar pikiran,

Media sosial juga bisa sebagai media promosi bisnis, karena itu pelajari tools desain sederhana yang bisa dipelajari secara otodidak lewat bantuan internet. Manfaatkan relasi yang telah dibangun untuk mempromosikan produk atau jasa. Terakhir manfaatkan media digital untuk mendapatkan informasi yang viral. Sebagai langkah positif untuk mengantisipasi derasnya informasi palsu yang beredar sebaiknya Anda ikuti hanya akun kredibel yang bisa dipercaya.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kota Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula nara sumber lainnya yaitu Aidawati, Kepala Sekolah SMAN 9 Kota Bogor, Iis Sunarsih, Guru SMAN 9 Kota Bogor dan Martha Mariska, Digital Banking Legal Counsel DBS Indonesia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

 2 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.