Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria, Bisa Tingkatkan Gairah Seks?

oleh


Tanaman jahe merah bukan hal yang asing lagi di Indonesia. Parents pasti pernah mengonsumsi atau menjadikan tanaman ini sebagai obat penghangat. Namun, benarkah ada manfaat jahe merah untuk vitalitas pria yang mungkin belum banyak diketahui orang?

Menurut Jurnal Ilmiah Farmasi, jahe pertama kali dibudidayakan di Asia (Indonesia dan Malaysia). Tanaman ini adalah salah satu suplemen herbal yang paling umum digunakan oleh banyak pasien untuk mengobati berbagai kondisi. Jahe memiliki tiga varietas berdasarkan ukuran, warna rimpang dan kandungan kimianya.

Tiga jenis jahe yang dikenal di Indonesia adalah jahe putih besar, jahe putih kecil, dan jahe merah. Ketiga varietas ini sebagian dapat ditangguhkan dari kandungan minyak atsirinya dan digunakan untuk tujuan yang berbeda. Minyak atsiri yang terkandung dalam jahe merah lebih tinggi dari jenis jahe lainnya, yang membuat aroma dan rasanya lebih kuat.

Ada banyak penelitian yang mengkonfirmasi efek menguntungkan dari jahe merah terhadap gejala penyakit, yaitu anti-inflamasi, antioksidan, antiemetik, antibakteri dan antidiabetik. Jahe merah  dianggap sebagai obat herbal yang aman dengan efek samping yang sedikit dan tidak signifikan.

Benarkah jahe merah ini bermanfaat untuk vitalitas pria? Simak yuk fakta-fakta soal jahe merah ini.

Artikel terkait: 6 Khasiat Jahe Merah, Tingkatkan Imunitas hingga Gairah Seks

Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria dan Fakta-Faktanya

1. Kegunaan Jahe Merah

Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria, Bisa Tingkatkan Gairah Seks?

Foto: tanihub.com

Jahe merah merupakan salah satu keluarga jahe, namun memiliki karakteristik yang berbeda dengan jahe lainnya. Jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) memiliki kulit kemerahan dengan bagian dalam berwarna merah muda hingga kuning, tidak seperti jahe biasa.

Ukuran jahe merah juga lebih kecil dari jahe biasa. Tak hanya itu, isi dan rasanya pun berbeda. Jahe jenis ini memiliki rasa yang lebih pahit dan pedas dibandingkan jahe biasa.

Jahe merah ditemukan tumbuh di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Banyak orang menggunakan jahe sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan jahe yang sangat banyak, seperti gingerol, flavonoid, zat antibakteri, zat antiradang, dan lain-lain, dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan.

2. Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria

manfaat jahe merah untuk vitalitas pria

Jahe mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Jadi, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe dapat meningkatkan jumlah testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian ekstrak jahe yang dikombinasikan dengan mineral seng pada tikus albino jantan dapat meningkatkan hormon testosteron, jumlah sperma, dan kualitas sperma pada tikus.

Jadi, ini bisa meningkatkan fungsi testis pada tikus. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat temuan tersebut pada manusia.

3. Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria Masih Perlu Penelitian

Manfaat jahe merah untuk vitalitas pria, ada benarnya meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Dilansir Halodoc, minyak atsiri dalam jahe merah memiliki efek afrodisiak. Ini merupakan zat kimia yang merangsang daya seksual.

Minyak ini bekerja dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Jika sirkulasi darah meningkat, maka aliran darah di daerah penis juga ikut meningkat, sehingga pria jadi bisa tahan lama untuk ereksi. Namun, efek afrodisiak minyak atsiri jahe merah tidak lebih besar jika dibanding dengan pasak bumi.

Selain itu, jahe merah dapat meningkatkan kesuburan pria karena tanaman herbal ini mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Hal tersebut membuat jahe merah mampu meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga gairah seksual pria juga ikut meningkat.

4. Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria dan Disfungsi Seksual

Manfaat Jahe Merah untuk Vitalitas Pria, Bisa Tingkatkan Gairah Seks?

Penggunaan jahe merah sebagai afrodisiak mungkin belum banyak diketahui. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi herbal sering dapat membantu memperbaiki dan mengobati disfungsi seksual pada pria.

Meskipun efeknya mungkin tidak sebesar ramuan afrodisiak lainnya, jahe merah mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh, yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan ereksi pada pria.

Selain itu, aktivitas antioksidan dan androgenik yang ditemukan dalam jahe merah juga dapat meningkatkan produksi testosteron, yang memengaruhi kesuburan pria secara lebih positif. 

Artikel terkait: 7 Manfaat mengonsumsi jahe untuk ibu menyusui, tak hanya meningkatkan produksi ASI

Manfaat Jahe Merah Selain untuk Vitalitas Pria

1. Mencegah Masalah Pencernaan

 

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri, mencegah Anda dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Zat antibakteri dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Saat ditambahkan ke makanan, jahe bisa digunakan sebagai pengawet alami dan bisa mencegah Anda dari keracunan makanan akibat bakteri. Tidak hanya itu, kehangatan yang diberikan oleh jahe juga dapat menenangkan pencernaan. Rasa hangat yang diberikan oleh jahe juga banyak digunakan untuk mengobati masuk angin dan pilek.

2. Membantu Mengatasi Peradangan Otot

manfaat jahe merah untuk vitalitas pria

Berbagai kandungan dalam jahe dapat berperan sebagai anti inflamasi sehingga dapat membantu Anda melawan peradangan akut dan kronis. Komponen aktif dalam jahe seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase. Sehingga dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin sebagai pemicu peradangan.

Jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, dimana oleoresin juga dapat bekerja sebagai anti inflamasi.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan efek jahe pada peradangan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet sepak takraw membuktikan bahwa pemberian ekstrak jahe selama 10 hari dapat mengurangi nyeri otot pada atlet sepak takraw.

Penelitian lain yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology juga membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot.

3. Mengurangi Risiko Terkena Asam Urat

Asam urat adalah suatu kondisi di mana terjadi penumpukan asam urat di persendian Anda, menyebabkan rasa sakit dan bengkak di sekitar area tersebut. Kondisi ini lebih banyak terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, meskipun orang dewasa yang lebih muda mungkin juga berisiko jika tidak dicegah sejak dini.

Terkait dengan manfaat sebelumnya, jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk asam urat, dengan membersihkan penumpukan asam urat pada persendian dengan meningkatkan aliran darah yang lebih sehat. Oleh karena itu, dengan sering mengkonsumsi jahe merah, asam urat dapat dicegah dan diobati secara alami.

4. Meningkatkan Kekebalan

Jika sering dikonsumsi, kandungan anti inflamasi dan antioksidan dalam jahe merah dapat membantu mengurangi bakteri jahat di dalam sistem tubuh kita.

Tindakan ini dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan yang lebih penting, membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi juga dapat mengurangi potensi pertumbuhan sel kanker.

Artikel terkait: Mudah banget! Inilah resep dan cara membuat wedang jahe yang enak

Cara Mengolah Jahe Merah

manfaat jahe merah untuk vitalitas pria

Jahe merah biasanya tersedia dalam bentuk wedang jahe, serbuk jamu, atau bisa juga dalam bentuk kapsul. Jahe merah juga bisa diminum panas atau dingin. Jika Anda tidak memiliki jahe merah di halaman rumah, Anda bisa membelinya di pasar atau di toko online.

Anda juga bisa membuat air jahe yang kaya manfaat ini di rumah. Cara terbaik untuk membuatnya adalah dengan menggunakan jahe segar yang dapat ditemukan di toko di bagian produk segar. Cara umum untuk membuat air jahe adalah sebagai berikut:

  1. Potong dan geprek 1 ½ jahe segar
  2. Rebus 4 gelas air
  3. Tambahkan jahe ke dalam air
  4. Angkat air rebusan jahe dari kompor
  5. Biarkan jahe terendam selama sekitar 5 hingga 10 menit
  6. Saring cairan untuk menghilangkan potongan jahe
  7. Biarkan airnya cukup dingin untuk diminum atau dimasukkan ke dalam lemari es dan diminum dingin
  8. Anda bisa juga menambahkan bahan-bahan lain seperti sereh. Jahe memiliki rasa yang kuat, sehingga bagi sebagian orang, menambahkan perasa, seperti madu atau lemon juga bisa dilakukan.

Itu dia manfaat jahe merah untuk vitalitas pria dan cara membuatnya. Selamat mencoba.

 

Baca juga:

Jahe dan kunyit disebut bisa cegah virus corona, ini alasannya!

15 Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Redakan Stres Hingga Tingkatkan Kesuburan

5 Kondisi ibu hamil yang tidak disarankan mengonsumsi jahe, bisa berbahaya!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.