NASIONAL

Mahfud MD (Menko Polhukam): “Nelayan Yang Akan Beraktivitas di Laut Natuna, Akan Kami Kawal.”

TIRAS.id

“Kami mau memobilisasi nelayan-nelayan dari Pantura. Dan mungkin pada gilirannya daerah lain di luar Pantura untuk beraktivitas kekayaan laut mencari ikan dan sebagainya di sana.”

 

TIRAS.id — “Berdasar hukum, artinya hukum internasional mengatakan bahwa perairan yang mereka (China) masuki itu adalah perairan sah kita, Indonesia,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan.

Mahfud mengatakan, setiap kapal ikan yang masuk ke perairan Indonesia tanpa izin akan diusir dari daerah itu. Pemerintah akan menjaga kedaulatan Indonesia.

“Siapa pun negara lain, yang masuk ke situ tanpa izin dari pemerintah kita. Kalau masuk berarti melanggar hukum dan kita usir. Daerah kedaulatan kita dan kedaulatan itu harus dijaga oleh kita bersama,” ujar Mahfud.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, pemerintah Indonesia terus akan “hadir” di Laut Natuna, dengan memperkuat patroli dan kegiatan nelayan di sana.

“Intinya kita akan hadir, sesuai dengan perintah Presiden. Kita hadir di sana, dengan patroli yang rutin. Kemudian, kegiatan laut, nelayan,” ujar Mahfud, saat menerima dari salah satu wilayah Pantura sekitar 120 orang.

Para nelayan ini, menemui Mahfud,¬† menyatakan siap melakukan aktivitas “kenelayanan di sana”.

Fasilitas terhadap nelayan yang akan beraktivitas di Laut Natuna itu, Mahfud menjelaskan, silahkan dimanfatkan  seluruh sumber daya alam yang ada di sana.

“Saudara turut membela negara, dilindungi negara. Saudara nyaman di situ, negara nantinya akan mengawal kegiatan Saudara di situ,” ungkap Mahfud menyebut pemerintah siap mengirim nelayan yang berasal dari Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa.

Nelayan itu, akan menangkap ikan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Republik Indonesia.

“Kami mau memobilisasi nelayan-nelayan dari Pantura. Dan mungkin pada gilirannya daerah lain di luar Pantura untuk beraktivitas kekayaan laut mencari ikan dan sebagainya di sana,” tutur Mahfud, panjang lebar.

Total Page Visits: 21 - Today Page Visits: 1
TIRAS.id

Tinggalkan Balasan