Kisah Anak-anak Jualan Demi Keluarga dan Sekolah, Salut!

oleh


Tugas utama seorang anak ialah belajar dan menghabiskan waktu masa kanak-kanak dengan bermain. Namun, karena faktor ekonomi tak sedikit juga anak yang jualan demi keluarga. Mereka pun akhirnya harus pandai-pandai mengatur waktu agar bisa tetap bisa belajar di tengah kondisi yang terbatas.

Memang, tak semua keluarga bisa ada di kondisi yang ideal dan memiliki fasilitas untuk mendukung anak bersekolah. Memilih untuk tak hanya berpasrah pada keadaan, beberapa anak pun berjuang untuk bertahan hidup sekaligus membantu perekonomian keluarga. Berjualan menjadi cara yang dianggap cukup mudah bagi anak-anak ini untuk mendapatkan rezeki yang halal. 

Sepulang sekolah atau bahkan di sela-sela kegiatan sekolah, anak-anak ini mengambil kesempatan untuk menjajakan barang dagangannya. Keteguhan dan perjuangannya tersebut tak jarang membuat banyak orang kagum.

Ada juga warganet yang akhirnya mengabadikan momen tersebut dan menyebarkannya melalui laman media sosial. Hingga akhirnya, anak-anak pun menjadi dikenal di dunia maya.

Siapa saja mereka dan bagaimana kisahnya?

Kisah Haru Anak Jualan Demi Keluarga

Anak Penjual Cilok

Salut, Ini Kisah Anak-anak yang Rela Jualan Demi Sekolah dan Keluarganya

sumber: Detik.com

Sekitar 2019 lalu, ada seorang anak sekolah dasar yang viral di media sosial karena berjualan cilok. Ia berangkat ke sekolah sambil berjualan cilok sampai membawa sepeda untuk mengangkut dagangannya itu.

Setelah ditelusuri, rupanya ia merupakan seorang anak yatim piatu. Dirinya hanya tinggal bersama kakak dan dua adiknya di Tangerang Selatan. Untuk bisa bertahan hidup, ia pun berjualan ketika waktu istirahat.

Ketika pulang sekolah, dia pun melanjutkan dagangannya dengan berkeliling. Sang bocah seringkali berjualan hingga larut malam dan pulang telat ke rumahnya.

Artikel Terkait: Kisah Viral Pangkat Anak Lebih Tinggi dari Ayah: “Seberat Apapun Tugas, Kuncinya Ikhlas”

Anak yang Jualan Petai

Salut, Ini Kisah Anak-anak yang Rela Jualan Demi Sekolah dan Keluarganya

Sumber: Instagram @rina.senja1.

Untuk membantu perekonomian, seorang anak kelas 6 Sekolah Dasar rela berjualan petai. Ialah Pian yang kisahnya dibagikan dalam akun @rina.senja1.

Ceritanya ini baru belakangan dialami, khususnya di tengah masa pandemi. Karena kondisi pandemi ini, sekolah tidak mengadakan pembelajaran tatap muka hingga mengharuskan pembelajaran online.

Sang bocah mengaku tidak memiliki perangkat elektronik seperti HP hingga ia pun selalu berangkat ke sekolah untuk mengambil buku. Dalam perjalanannya, ia memanfaatkan waktu untuk berjualan petai.

Kisah viral ini pun akhirnya mendapat sambutan hangat. Banyak orang yang akhirnya berdonasi untuk Pian agar dirinya bisa bersekolah lebih nyaman.

Artikel Terkait: 10 Anak Driver Gojek Ini Dapat Beasiswa Kuliah di Politeknik Negeri, Keren!

Jualan Kerupuk Sepulang Sekolah

Anak Jualan Demi Keluarga

Sumber: Instagram @dramaojol.id

Mengutip dari akun Instagram @dramaojol.id, seorang bocah yang masih bersekolah terlihat menjajakan dagangannya di lampu merah. Saat sekolah masih tatap muka, ia nampak mengenakan seragam pramuka, menawarkan dagangan ke kendaraan yang berhenti di lampu merah.

Kegiatan berjualannya itu ia lakukan setelah pulang sekolah. Sang anak memang terlihat sering berjualan, khususnya di perempatan Summarecon Bekasi.

Kisahnya ini pun viral, tak sedikit yang memuji tekad dan perjuangan dirinya untuk membantu perekonomian keluarga.

Bocah Penjual Ayam

Anak Jualan Demi Keluarga

Sumber: Instagram @beritainaja

Semangat belajar seolah tak luntur ketika seorang anak membantu orangtuanya berikut ini. Melalui laman Instagram @beritainaja, seorang anak perempuan terlihat tengah membantu ibunya berjualan ayam di pasar.

Dia membantu melayani pelanggan ketika ada yang datang membeli barang dagangan. Saat tak ada pelanggan, ia terlihat sibuk belajar. Meski kondisi pasar nampak ramai, sang anak terlihat masih begitu tekun belajar.

Artikel Terkait: Bikin Meleleh! Anak Kirim Surat ke Ayahnya Bertuliskan: “Semangat Ayah!”

Itu dia berbagai cerita perjuangan anak jualan demi keluarga. Kisah anak-anak di atas sungguh menginspirasi karena perjuangannya yang luar biasa.

****

Baca Juga:

Kisah Inspiratif : Kakek dan Cucu Menjadi Mahasiswa Bersama

Ibu wisuda bersamaan dengan putranya, begini kisah harunya

Kisah Fahri Skroepp, Bocah Galau yang Putus Sekolah karena Difitnah Mencuri

 

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.