KEKINIAN

Indonesia Berupaya Menjadi Anggota Tetap, International Civil Defense Organizations

TIRAS.id

TIRAS.id — Indonesia secara resmi terdaftar sebagai anggota Internasional Civil Defence Organization (ICDO), yang kemudian mengilhami pembentukan organisasi Pertahanan Sipil secara formal pada tanggal 19 April 1962.

International Civil Defense Organizations, tahun lalu menyelenggarakan sidang tahunan, bertempat di Qatar.

Pemerintah Qatar salah satu yang mendorong, agar negara Indonesia bisa naik status, bisa masuk menjadi anggota tetap.

Baru saja, kontribusi Qatar memberikan kursus gratis tentang perlindungan masyarakat, dari bencana, kebakaran, banjir , longsor , gunung meletus dan lain-lain.

Ini menjadi bagian dari upaya untuk naik kelas, tak lagi hanya sebagai Observer, pengamat.

Jika ada syarat untuk naik menjadi anggota tetap dibutuhkan waktu dua tahun, sebagai pemgamat (observer). Di Indonesia, yang berada pada Kemendagri, banyak hal upaya dilakukan.

Kemendagri terus melaksanakan pelbagai langkah positif,  sesuai amanah UU 23 2014, salah satunya urusan wajib pelayanan Dasar bidang Trantibumlinmas dilaksanakan POL PP.

“Kami kirim Kasat Prov terpilih,” ujar DR Arief M Edie, Direktur Satpol PP dan Linmas.

Para Kasat ditempa, agar mengerti tugas pokok fungsi para anggotanya dan bisa merasakan sebagai anggota. Maksudnya tak lain, pada saat melakukan pembahasan anggaran bisa memberikan penjelasan lengkap kepada TAPD dan DPRD.

“Untuk pentingnya penganggaran tentang trantibum linmas,” masih menurut Arif M Edie, yang terus mengedukasi setiap satpol di Indonesia dengan pola humanisme.

Satpol PP memang punya tugas pelaksanaan penegakan Perda, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Pelaksanaan kebijakan penegakan Perda dan peraturan kepala daerah.

Ajang ini menjadi referensi dan budaya yang ingin membawa perilaku baik, untuk menjadi sistem.

Kuotanya 25 personil terdiri dari tim di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Maluku serta NTB juga Jawa. Mereka mengikuti pelatihan dengan instruktur dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris dan Australia.

Total Page Visits: 122 - Today Page Visits: 1
TIRAS.id

Tinggalkan Balasan