Ilmu Efek Kupu-Kupu – Majalah Time.com

oleh


NS efek kupu-kupu cukup terkenal – kita akrab dengan nama ini sebagian besar berkat beberapa film fiksi ilmiah ikonik. Tetapi efeknya sendiri bukanlah fiksi ilmiah, tetapi kenyataan yang terbukti secara ilmiah.

Mungkin kurang diketahui bahwa efek kupu-kupu termasuk dalam apa yang disebut teori chaos. Esensinya dapat dijelaskan dengan sangat ringkas: jika Anda mengubah kondisi awal sistem linier deterministik bahkan dengan margin kecil, perubahan ini dapat menghasilkan perubahan besar di kemudian hari. Semakin banyak waktu berlalu, semakin besar perubahannya. Dengan cara ini, bahkan satu kepakan sayap kupu-kupu dapat menyebabkan tornado di tempat lain – tentu saja, secara teoritis.

Efek yang sama dapat disalahkan atas kesulitan dalam memprediksi masa depan. Misalnya, bahkan superkomputer terbaik pun berjuang untuk memodelkan cuaca lebih dari satu minggu sebelumnya. Di bawah titik ini, akurasi ramalan turun drastis. Hal ini menimbulkan pertanyaan penting: seberapa baik kita dapat memprediksi masa depan? Video berikut menceritakan kisah ini dengan contoh-contoh ilmiah yang dijelaskan dengan baik:

Source link





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.