Viral

Enjoy-nya Kerja di Rumah

TIRAS.id

Beritaenam.com — Tahukah Anda, jika memboyong pekerjaan kantor ke rumah, sesungguhnya harus memiliki kiat tersendiri?

  1. Informasi. Inilah langkah awal paling tepat yang harus Anda lakukan ketika sampai di rumah. Beri tahukan kepada seluruh anggota rumah bahwa Anda membawa berkas-berkas pekerjaan kantor ke rumah, agar mereka tak menyentuh, mengganggu dokumen, dan berkas pekerjaan itu.                                                                         Paling tidak, mereka maklum jika rumah dijadikan “kantor”.
  2. Perangkat teknologi. Memiliki perangkat teknologi, dewasa ini sudah menjadi kewajiban yang harus Anda penuhi untuk bekerja di rumah.                                                                                                                                                                  Bagaimana mungkin, jika bidang pekerjaan Anda berhubungan dengan komputer, namun tak memiliki perangkat ini? Apalagi komputer Anda tidak dilengkapi dengan modem untuk mengirim pekerjaan melalui email di saat Anda sakit dan bekerja di rumah. Semakin runyamlah Anda.
  3. Tempat aman. Letakkan berkas pekerjaan Anda di tempat yang aman. Meski bukan suatu hal yang mutlak, di rumah minimal sebaiknya Anda sediakan sebuah meja dan kursi sebagai fasilitas kerja.                                             Jika Anda tidak memiliki meja khusus untuk bekerja di rumah, bisa juga menggunakan meja makan atau tamu, misalnya. Namun, pastikan tempat tersebut tidak digunakan oleh orang lain, ketika Anda ingin bekerja. Dan ingat, jika Anda masih memiliki anak kecil, sebaiknya simpanlah berkas di tempat yang tak dapat dijangkau putra-putri Anda.
  4. Disiplin. Walaupun Anda bekerja di rumah, sebaiknya ciptakan disiplin dalam bekerja untuk diri sendiri. Tentukan jam berapa Anda harus mulai bekerja.                                                                                                                                   Jangan lupa, sampaikan kepada seluruh anggota rumah, ketika Anda bekerja, tidak dapat diganggu. Tapi, tentu saja kedisiplinan Anda di rumah jangan sampai membuat Anda stres. Dampaknya, bisa-bisa suami atau istri dan putra-putri Anda pun ikutan stres. Jadi, sebaiknya serius, tapi rileks.
  5. Kondisi rumah. Lingkungan nan bersih dan sehat sangatlah mendukung lancarnya Anda bekerja.                          Sebaiknya, sebelum Anda memulai bekerja, bersihkan seluruh rumah dari sampah dan debu yang menempel di lantai. Kalau perlu, berikan pengharum ruangan sesuai selera Anda. Tujuannya, agar Anda dapat berkonsentrasi dan tidak memikirkan rumah yang masih semrawut.
  6. Membersihkan diri. Usai membersihkan rumah, barulah memerhatikan diri Anda yang penuh keringat dan kotor. Sebaiknya, hindari bekerja saat badan dalam kondisi kotor.                                                                                            Cobalah untuk mandi agar tubuh lebih fresh. Kemudian, isilah perut Anda, supaya kondisi tubuh Anda tetap prima. Bagaimana mungkin, perut Anda yang kosong bisa bekerja?
  7. Pakaian. Perasaan enjoy bekerja di rumah, juga dapat dipengaruhi busana yang Anda kenakan. Sebaiknya, gunakan pakaian nyaman untuk bekerja di rumah. Anda dapat menggunakan pakaian dan celana yang lebih santai, seperti kaus, dan celana pendek.
  8. Penerangan. Cahaya lampu terlalu terang atau redup sangat tidak baik untuk bekerja. Sebaiknya gunakan penerangan yang cukup. Jika Anda bekerja di ruang televisi, matikan siaran televisi sejenak agar Anda tidak terganggu.
  9. Musik. Menghidupkan musik dengan volume yang sesuai untuk membangkitkan suasana dalam bekerja, tak ada salahnya. Selain akan merasa lebih rileks, Anda pun dapat bersenandung kala bekerja. Tapi ingat, usahakan pikiran Anda tidak melayang tak menentu.
  10. Makanan dan minuman. Sebelum Anda memulai bekerja, sebaiknya sediakan camilan dan segelas air putih di meja. Keuntungannya, ketika merasa haus dan perut sedikit kosong, Anda tak perlu lagi mondar-mandir mengambil air dan makanan ringan.
  11. Stretching. Jika Anda sudah merasa lelah, sebaiknya berhentilah sejenak. Lalu, lakukan gerakan pelemasan otot-otot tubuh Anda dan pejamkan mata sejenak. Misalnya, menggelengkan kepala ke kanan dan kiri, atau berjalan dan menghirup udara segar di taman. Kemudian, pekerjaan Anda dapat dilanjutkan setelah reasa lelah itu pudar.

Ingat, menyelesaikan pekerjaan di rumah sangat berbeda dengan di kantor. Sebaiknya, Anda tidak terbawa arus emosi dan stres kantor.

Dengan suasana lebih rileks, tentunya pekerjaan Anda dapat selesai tanpa terasa. Walhasil, Anda pun dapat bernapas lega. Jangan lupa, jika telah selesai, bereskan semua dokumen dan berkas pekerjaan Anda.

Jadi, tidak sulit, kan melakukan pekerjaan di rumah?

 

Total Page Visits: 123 - Today Page Visits: 5
TIRAS.id

Tinggalkan Balasan