Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang Perlu Diajarkan pada Anak

oleh


Menanamkan kebiasaan baik sekaligus mengenalkan konsep ketuhanan bagi si kecil dapat dimulai dari hal-hal sederhana. Salah satunya adalah dengan membiasakan anak membaca doa ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Contohnya, Parents bisa melatih mereka membaca doa sebelum dan sesudah belajar.

Membaca doa sebelum maupun setelah belajar bertujuan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan diridhoi Allah. Lalu, seperti apa ya doa-doa sebelum dan sesudah belajar yang perlu diajarkan kepada si kecil? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kumpulan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Doa Sebelum Belajar Versi Pendek

doa sebelum dan sesudah belajar

Mengajarkan anak-anak usia prasekolah maupun sekolah dasar tentunya tak perlu dengan lafadz yang panjang ya, Parents. Sebaris doa pendek berikut ini cocok diajarkan kepada mereka. 

رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

ROBBI ZIDNI ‘ILMAA, WARZUQNI FAHMAA.

Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Lengkap Sebelum Belajar

doa sebelum dan sesudah belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

RODHIITU BILLAAHI ROBBA, WABIL ISLAAMI DIINAA, WABIMUHAMMADINNABIIYAW WAROSUULA, ROBBI ZIDNI ‘ILMAA, WARZUQNI FAHMAA.

Artinya:

“Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

ROBBI ZIDNI ‘ILMAA, WARZUQNI FAHMAA WAJ’ALNII MINASH SHOOLIHIIN.

Artinya:

“Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

Artikel terkait: Doa dan Adab Makan Menurut Islam yang Wajib Diajarkan kepada Anak

Doa Sebelum Melaksanakan Ujian

Parents, Ajarkan Si Kecil Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Tahap ujian tak bisa dilepaskan dari yang namanya proses belajar mengajar. Tentu bagi anak-anak yang menghadapi ujian sekolah maupun ujian evaluasi lainnya, mereka membutuhkan fokus dan persiapan lebih. Nah, selain belajar yang giat, ajari pula anak membaca doa berikut ini.

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

RABBI YASSIR WA A‘IN WA LÂ TU‘ASSIR

Artinya :

“Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah (aku). Jangan Kau persulit.”

Doa Setelah Belajar 

doa sebelum dan sesudah belajar

Adapun setelah belajar, doa berikut ini perlu dibaca agar apa yang telah dipelajari dapat dipahami si kecil dan senantiasa mendapatkan berkah dan petunjuk dari Allah.

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ 

ALLAHUMMA INNII ISTAUDI’UKA MAA ALLAMTANIIHI FARDUDHU ILAYYA ‘INDA HAAJATI ILAIHI WALAA TANSANIIHI YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang telah Kau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah ia kepadaku ketika aku membutuhkannya. Dan janganlah Kau buat aku lupa padanya hai Tuhan yang memelihara alam.”

Boleh juga membaca lafal doa berikut ini.

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

RABBANAN FA’NAA BIMAA ‘ALAMTANALLADZII YANFA’UNAA WA ZIDNA ‘ILMAA,  WALHAMDULILLAHI ‘ALAA KULLIHAAL.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Artikel terkait: 11 Doa Harian yang Mudah Dihafalkan untuk Anak-anak, Yuk Ajarkan!

Tips Mengajari Si Kecil Berdoa

doa sebelum dan sesudah belajar

Dalam hal mengajarkan si kecil berdoa, umumnya para orangtua akan mengajarkan si kecil untuk menghafal doa-doa pendek. Tentu saja hal ini tidak salah sama sekali ya, Parents. Namun, ada yang terasa kurang lengkap dan utuh. Nah, lho, apa nih yang kurang?

Seyogyanya, memahamkan konsep berdoa tak sebatas pada lafalnya saja. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah anak-anak perlu diajarkan tentang makna dari seuntai doa yang dipanjatkan. Oleh karena itu, ketika belajar doa bersama si kecil, tidak bisa berhenti dengan menghafal semata.

Lantas, bagaimana tahapan mengajarkan berdoa kepada si kecil? Pertama-tama, Parents bisa melatih si kecil untuk menghafalkan lafadz doanya. Kemudian dilanjutkan dengan menghafalkan artinya. Setelah itu, Parents bisa pelan-pelan memberikan pemahaman makna di balik doa tersebut serta mengapa seorang muslim perlu berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.

****

Parents, itulah kumpulan doa sebelum dan sesudah belajar yang bisa Anda ajarkan kepada putra-putri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca juga:

id.theasianparent.com/doa-anak-tidur-nyenyak

id.theasianparent.com/doa-agar-anak-tidak-rewel

id.theasianparent.com/doa-mendengar-petir

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.