KEKINIANNASIONAL

Dewan Pers Proses AMSI & SMSI Menjadi Konstituen Dewan Pers

TIRAS.id

TIRAS.id — Dewan Pers kini tengah memproses dua organisasi perusahaan media dan satu organisasi wartawan untuk menjadi anggota atau stakeholder Dewan Pers.

Sejumlah persyaratan sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Dewan Pers. Persyaratan itu diantaranya AMSI memiliki sekurang-kurangnya 200 anggota perusahaan media yang tersebar di minimal 15 cabang kota atau provinsi di Indonesia.

AMSI mengklaim anggotanya ada di 18 Kota/Provinsi di Indonesia. Sudah lebih dari 200 perusahaan berbadan hukum. Saat lalu, memverifikasi kepengurusan AMSI Pusat dan Jakarta.

Dewan Pers Proses AMSI Jadi Konstituen Dewan Pers

“Terus terang, tidak mungkin Dewan Pers bekerja sendirian memverifikasi puluhan ribu media siber.  Nah karena ada asosiasi, kami terus terang merasa terbantu,” ujar Djauhar yang juga Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers pada kepengurusan Dewan Pers Periode 2019-2022 ini.

Didampingi tim ahli, staf dan tim verifikasi, Djauhar menyampaikan apresiasi atas inisiatif para pemimpim media anggota AMSI yang secara tak langsung telah membantu tugas Dewan Pers, terutama dalam mendorong perusahaan pers, khususnya media siber (online) agar terus membaik dari sisi tata kelola perusahaan maupun praktik jurnalistiknya.

Meski tugas verifikasi tak bisa diwakilkan oleh lembaga lain, tapi keberadaan AMSI membuat kita lebih mudah untuk verifikasi. Kan Anggota dan medianya sudah terorganisir di berbagai kota,  Djauhar memaparkan.

Sementara itu, Ketua SMSI Pusat, Firdaus menambahkan, berdasarkan data dua tahun lalu ada sebanyak 473 media online yang masuk dalam keanggotaan SMSI yang tersebar di 29 Provinsi dimana dua di antaranya yang baru bergabung adalah Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi DKI Jakarta.

“Kita akan terus dorong perusahaan media online yang ada di dalam keanggotaan SMSI untuk terverifikasi secara administrasi dan faktual,” ungkap Firdaus.

Ketua SMSI DKI Jakarta, Nandi Nanti menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dewan Pers yang telah hadir dan melakukan verifikasi SMSI DKI Jakarta.

“Harapan saya, ke depan tidak ada lagi perusahaan yang eksklusif karena saat ini eranya kolaborasi bersama untuk membesarkan perusahaan media online melalui wadah SMSI,”ujar Nandi yang juga pemilik media online industry.co.id.

Ditambahkan Nandi, sudah ada 35 anggota SMSI DKI Jakarta dan telah memberikan berkas lampirannya untuk diverifikasi Dewan Pers.

Dewan Pers Lakukan Verifikasi SMSI DKI Jakarta

“Dengan masuknya AMSI dan SMSI menjadi konstituen Dewan Pers. Anggota Dewan Pers yang sekarang ini sembilan orang, bisa bertambah sampai 13 orang nantinya,” ujar S.S Budi Rahardjo, Ketua Asosiasi Media Digital Indonesia, yang juga Ketua Forum Pimpinan Media Digital Indonesia.

AMDI yang merupakan jaringan para pemilik media digital, konten kreator dan penulis buku digital, komit pada sebuah Forum Pimpinan Media Digital Indonesia membebaskan anggotanya untuk ikut organisasi di Asosiasi Media Siber Indonesia atau Serikat Media Siber Indonesia, termasuk juga SPSI organisasi lawas yang sudah menjadi konstituen Dewan Pers.

 

Anggota AMDI usai pelatihan SEO & Artificial Intelegent

 

 

 

 

 

 

Total Page Visits: 80 - Today Page Visits: 5
TIRAS.id

Tinggalkan Balasan