9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Dilihat secara Fisik dan Perilaku

oleh


Kalau baru pertama kali memelihara kucing atau seorang pemula, Paeents mungkin bertanya-tanya, bagaimana mengenali ciri-ciri kucing yang sedang hamil? Sama seperti manusia, tanda kucing hamil juga sebenarnya bisa kita lihat dari perubahannya secara fisik maupun kepribadian. 

Mengutip laman The Spruce Pets, kucing yang hamil akan menunjukkan perubahan tersebut secara jelas sekitar tiga minggu setelah ia kawin dengan jantan. Masa kehamilan kucing sendiri adalah 64 hingga 66 hari. 

Jika Parents memiliki kucing betina yang mengalami masa birahi dan kawin dengan kucing jantan, maka kemungkinan besar ia akan mengalami kehamilan. Di sinilah Anda perlu mengetahui sejumlah tanda kehamilan pada kucing.

Selengkapnya, melansir berbagai sumber, berikut ciri-ciri kucing hamil yang bisa Parents perhatikan.

Artikel terkait: 12 Jenis Kucing Favorit, Sering Jadi Hewan Peliharaan

Ciri-Ciri Kucing Hamil Dilihat dari Perubahan Fisik dan Perilakunya

Perubahan dan Ciri-Ciri Kucing Hamil dari Segi Fisik

1. Puting Kucing Semakin Membesar

ciri ciri kucing hamil

Ciri kehamilan pada kucing yang bisa terlihat adalah, puting kucing terlihat semakin membesar dan cenderung bewarna merah. Tanda fisik ini biasanya terlihat ketika kehamilannya sudah menginjak 15-18 hari.

Meski begitu, perlu diketahui bahwa puting membesar pada kucing tidak selalu menjadi ciri bahwa ia sedang hamil, ya, Parents. Bisa saja, perubahan ini merupakan tanda atau gejala dari penyakit tertentu. Maka, perubahan ini perlu disertai dengan tanda kehamilan lainnya agar bisa dipastikan bahwa kucing sedang hamil.

2. Siklus Birahi Berhenti

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Ketika mulai hamil, maka siklus birahi kucing akan berhenti. Apabila ia telah mengalami siklus birahi setiap 10 hari hingga dua minggu tetapi tiba-tiba berhenti, maka kemungkinan besar dia sedang hamil, Parents.

3. Berat Badan Bertambah

ciri ciri kucing hamil

Sama seperti manusia, kehamilan bisa membuat kucing mengalami penambahan berat badan. Pada kucing sendiri, berat badan biasanya bertambah sekitar 1-2 kilogram pada masa kehamilannya.

4. Perut Terlihat Membesar Adalah Ciri-Ciri Kucing Hamil yang Paling Terlihat

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Selain penambahan berat badan, perut kucing juga akan terlihat membesar ketika ia hamil. Nah, perut yang membesar ini biasanya akan secara mudah terlihat oleh kita ketika masa kehamilannya memasuki minggu kelima. Perutnya akan terus membesar sampai pada masa persalinan.

5. Kucing Sering Muntah

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Muntah atau moring sickness juga bisa dialami oleh kucing betina yang sedang hamil. Ini merupakan salah satu efek kehamilan yang wajar. Namun, apabila muntah kucing cenderung sering dan membuat ia mengalami kondisi kesehatan tertentu, tidak ada salahnya memeriksakan ia ke dokter hewan.

Ciri-Ciri Kucing Hamil dari Segi Perubahan Perilaku

6. Perubahan Nafsu Makan

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Selain perubahan fisik, ciri kucing hamil juga bisa terlihat dari perubahan perilakunya. Salah satu yang bisa terlihat adalah adanya perubahan nafsu makan. Kucing bisa tiba-tiba tidak mau makan atau ia bisa saja menjadi lebih banyak makan dari biasanya. 

7. Kucing Menjadi Lebih Manja

ciri ciri kucing hamil

Punya kucing betina yang biasanya enggan untuk dielus tapi sekarang malah selalu mencari perhatian pada Anda? Bisa jadi itu pertanda bahwa dirinya sedang hamil. Pasalnya, kucing yang sedang hamil juga bisa menjadi lebih penyayang atau manja kepada majikannya. Maka itu, berilah ia kasih sayang agar lebih merasa nyaman di masa kehamilannya ini. 

8. Waktu Tidur Semakin Meningkat

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Kucing memang sangat senang tidur, tetapi frekuensi tidurnya akan lebih meningkat lagi ketika ia memasuki masa kehamilan. Tidurnya juga mungkin akan lebih lama dari biasanya. 

9. Mulai Mencari Tempat Nyaman dan Cenderung Lebih Agresif

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Ketika hamil, kucing juga akan mempersiapkan kelahiran dengan mencari tempat nyaman dan terpencil untuk melahirkan. Kemungkinan, ia juga akan bersikap lebih agresif terhadap hewan lain atau bahkan Anda sebagai manusia apabila tempat tinggal atau spot nyamannya diambil alih. 

Selain ciri-ciri tersebut, Anda juga bisa mengetahui apakah kucing hamil atau tidak dengan memeriksakannya kepada dokter hewan. Dokter biasanya akan memeriksa kucing hamil dengan berbagai metode seperti palpasi perut kucing, ultasonografi (USG), serta radiografi. 

Artikel terkait: Cat Lover Harus Tahu! Ini 6 Jenis Perbuatan Manusia yang Dibenci Kucing

Mempersiapkan Persalinan Kucing di Rumah

9 Ciri-Ciri Kucing Hamil, Ini Tanda Beserta Cara Mempersiapkan Persalinannya

Kucing sebenarnya bisa melahirkan dengan sendirinya. Parents juga mungkin akan menemukan kucing peliharan tiba-tiba juga melahirkan dan menyusui anak-anaknya. Meski begitu, persalinan kucing peliharaan juga perlu dipersiapkan agar ia lebih nyaman dan Anda juga bisa mudah mengurus kebersihannya.

Melansir berbagai sumber, berikut cara mempersiapkan persalinan kucing di rumah:

  • Siapkan tempat khusus bagi kucing untuk melahirkan secara nyaman. Lantaran ia cenderung lebih agresif semasa hamil, jauhkan kucing terlebih dulu dari jangkauan anak-anak Anda. 
  • Siapkan dan letakkan bantal penyerap di area persalinan kucing. Siapkan juga handuk bersih apabila hendak membantu persalinan kucing secara langsung agar ia lebih nyaman. 
  • Sediakan tempat sampah atau keranjang cucian untuk menyimpan handuk kotor bekas kucing melahirkan.
  • Apabila kucing tidak melepaskan tali pusar, Anda bisa mengingat dengan benang gigi dan memotong talinya menggunakan gunting yang bersih.
  • Bantu anak kucing menemukan puting induknya untuk menyusu.
  • Beri induk kucing makan di waktu istirahat setelah persalinan.

Artikel terkait: Bikin Khawatir, Ternyata Ini 7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Solusinya

Nah, Parents, itulah beberapa ciri-ciri kucing hamil beserta cara menyiapkan persalinan kucing di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

***

Baca juga:

12 Jenis Kucing Favorit, Sering Jadi Hewan Peliharaan

Belajar Bahasa Kucing: Arti Meongan, Perubahan Ekor, hingga Cara Menjawab Balik

6 Cara Membuat Kucing Senang Tinggal di Rumah, Perhatikan Tanda Kucing Stres

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.