9 Arti Bahasa Tubuh Tanda Perasaan Lawan Bicara, Apa Saja?

oleh


Saat berkomunikasi dengan lawan bicara, ada arti bahasa tubuh yang harus Parents pahami. Kita bisa memberikan kesan yang baik apabila bisa memilih bahasa tubuh yang tepat. Tidak hanya itu, memahami bahasa tubuh lawan bicara bisa membuat komunikasi berjalan dengan baik.

Dilansir dari WebMD, ada 10 bahasa tubuh yang sering dilakukan namun memiliki arti yang khas. Anda bisa memahami dan menerapkannya ketika berkomunikasi dengan lawan bicara.

Arti Bahasa Tubuh Lawan Bicara

1.Menjilat Bibir

arti bahasa tubuh Menjilat bibir bisa memiliki arti bahasa tubuh berbeda bagi lawan bicara.

Mungkin ketika sedang memikirkan menu makan malam atau teringat hidangan pencuci mulut, secara tidak sadar Anda akan menjilat bibir. Hati-hati, karena bahasa tubuh ini bisa ditangkap berbeda oleh lawan bicara Anda.

Menjilat bibir biasa dianalogikan dengan kode adanya ketertarikan seksual yang intim. Jika Anda melakukannya maka ini bisa ditangkap sebagai tanda Anda menginginkan mereka secara seksual.

2. Berjabat Tangan

Berjabat tangan mungkin terlihat sederhana dan umum dilakukan. Namun jika Anda melakukannya dengan benar bahasa tubuh ini bisa menyiratkan sebuah pesan yang bisa menarik perhatian lawan bicara.

Menjabat tangan dengan erat dan ayunan yang lembut bisa menyiratkan bahwa Anda adalah tipe orang yang mudah bergaul dan percaya diri. Namun jabatan tangan yang lemah dan sekejap bisa memberi kesan Anda malu atau enggan bergaul.

Artikel terkait: 9 Gaya Pelukan Ini Cerminkan Kualitas Hubungan, Nomor 7 Bikin Khawatir

3. Menyentuh Muka dan Rambut

Seringkali tanpa disadari Anda kerap memainkan ujung rambut atau poni. Sementara gerakan lain adalah sering menyentuh wajah dan ini terjadi tanpa Anda sadari.

Hal ini kerap disebut “self grooming behaviour” yang berarti Anda mengharapkan perhatian dari lawan bicara. Pada beberapa gerakan, bagi sebagian orang hal ini mungkin akan terlihat menggoda.

4. Arti bahasa tubuh tersenyum

arti bahasa tubuh

Senyum memang membawa suasana menjadi berbeda, kesan pertama dari senyuman tentu saja ramah dan terbuka. Menjadi alami, jika bertemu orang yang kerap tersenyum, suasana bahagia dan riang pun akan melingkupi Anda.

Hal ini karena tersenyum bukan hanya bahasa tubuh biasa namun sebagai sinyal kepada lawan bicara. Senyuman akan memicu bagian otak untuk merasakan koneksi dan tanpa sadar kita melakukan hal yang serupa.

Artikel terkait: 5 Kepribadian Perempuan yang Gemar Duduk Menyilangkan Kaki, Anda yang Mana?

5. Pupil Membesar

Ketika kita mendengar istilah bahwa mata kita membesar ketika bertemu dengan orang yang disukai, ternyata hal itu tidak sepenuhnya salah. Mata yang katanya jendela hati ternyata tidak bisa berbohong dan memiliki bahasa tubuh sendiri.

Pupil yang membesar adalah salah satu bahasa tubuh ketika seseorang melihat sesuatu yang membuat mereka tertarik. Sebagai timbal baliknya, memandang mata seseorang yang pupilnya membesar akan membuat anda merasakan ketertarikan yang serupa.

6. Bibir yang Berkerut

Pernah melihat lawan bicara yang seketika terdiam, menutup mulut rapat hingga bibirnya berkerut, ternyata ini ada artinya. Secara jelas arti bahasa tubuh ini menandakan ada hal yang ingin diucapkan namun berusaha menahan dan menutup mulutnya rapat-rapat.

Tak banyak yang tahu jika bahasa tubuh ini kerap ditemukan pada orang yang gemar berbohong. Adapun memiliki gestur ini juga menyiratkan bahwa orang tersebut sulit untuk dipercaya atau dipegang kata-katanya.

7. Menjaga Jarak

arti bahasa tubuh

Berbicara dengan seseorang sambil menjaga jarak ternyata bisa menyiratkan sebuah pesan. Menjaga jarak ketika berbicara bisa memiliki dua arti yang berbeda.

Jika sikapnya menjaga jarak dengan tubuh menyandar menjauh dari Anda, arti bahasa tubuh mereka menandakan adanya keraguan dari obrolan yang berlangsung. Sebaliknya jika tubuh mereka menyandar ke arah Anda, itu menunjukkan ketertarikan, bahkan kepercayaan kepada obrolan yang tengah berlangsung.

Artikel terkait: 9 Posisi Tidur Suami Istri Ini Ungkap Hubungan Perkawinan yang Dijalani

8. Meniru Gerakan Lawan Bicara

Meniru gerakan lawan bicara seperti ketika berdiri, ekspresi, bahkan aksen yang digunakan jika dilakukan dengan benar bisa membangun rasa percaya dan saling memahami. Hal ini sering terjadi jika Anda masuk lingkungan baru dan mengikuti gaya mereka berbicara, dianggap kita mau beradaptasi dan menghormati mereka.

Namun hal ini tidak selalu bisa dilakukan di setiap kesempatan. Ada kalanya meniru gerakan lawan bicara bisa dianggap aneh, bahkan kasar karena terkesan mengolok-olok, jadi gunakan seperlunya.

9. Menganggukkan kepala

arti bahasa tubuh

Di beberapa negara, budaya menganggukan kepala ketika menyimak lawan bicara adalah bagian dari sikap sopan. Namun tidak banyak yang tahu jika menganggukkan kepala merupakan gerakan yang penuh makna.

Arti bahasa tubuh menganggukkan kepala adalah menggambarkan persetujuan dan ketertarikan terhadap topik pembicaraan. Menganggukan kepala juga memperlihatkan bahwa Anda menyimak penjelasan dari lawan bicara.

Nah, jangan sampai salah mengartikan bahasa tubuh lawan bicara ya, Parents!

****

Baca juga:

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.