8 Warna Mata yang Ada di Dunia, Paling Umum hingga Paling Langka

oleh


Warna mata orang-orang dari ras tertentu bisa jadi berbeda-beda. Tahukah Parents warna mata yang paling umum hingga paling langka di dunia?

Warna mata bisa berbeda-beda karena ditentukan dengan cara iris menyebarkan cahaya saat melewatinya. Fenomena ini disebut hamburan Rayleigh. Selain itu, jumlah melanin pada kulit juga dapat berpengaruh menentukan warna bola mata.

Semakin banyak melanin yang dihasilkan tubuh kita, maka akan semakin gelap warna bola mata.

Apa saja warna mata yang ada di dunia?

Artikel Terkait: Bagaimana Cara Mendeteksi Mata Juling Pada Bayi?

8 Warna Mata yang Berbeda di Seluruh Penjuru Dunia

1. Warna Mata Paling Umum di Dunia, Cokelat

8 Warna Mata yang ada di Seluruh Dunia, yang Paling Umum hingga Paling Langka

Sumber: Very Well Health

Menurut penelitian, warna cokelat adalah warna mata yang paling umum di dunia. 70 hingga 80 persen manusia memiliki bola mata yang berwarna cokelat. Warna mata juga bersifat genetik, sementara warna cokelat inilah yang dianggap paling dominan.

Warna cokelat terjadi karena kadar melanin yang rendah pada iris dan biasanya dimiliki oleh ras Asia, Eropa, dan Amerika.

2. Biru

8 Warna Mata yang ada di Seluruh Dunia, yang Paling Umum hingga Paling Langka

Sumber: Shutterstock

Warna yang paling umum kedua adalah warna biru. Faktanya, ada 5 hingga 10% penduduk bumi yang memiliki mata berwarna biru. Menurut penelitian, warna biru pada bola mata berasal dari mutasi genetik yang terjadi sekitar 6000 – 10000 tahun yang lalu.

Mutasi genetik tersebut menyebabkan mekanisme genetik bola mata berwarna cokelat menjadi mati. Warna biru pada bola mata dihasilkan dari tingkat melanin rendah pada lapisan depan iris.

Para ahli pun berpendapat jika seseorang dengan mata biru bertemu dengan pemilik mata biru lainnya, maka dapat dipastikan mereka berasal dari keturunan nenek moyang yang sama.

Kebanyakan ras Eropa dan keturunan Finlandia memiliki mata biru dengan presentasi mencapai 89%.

Artikel Terkait: Benarkah Air Mata Mengandung Garam? Ini 4 Fakta Unik Air Mata yang Perlu Anda Ketahui

3. Hazel

warna mata di dunia

Sumber: iStock

Sama seperti biru, 5% dari populasi di dunia ini memiliki warna berwarna hazel atau perpaduan antara hijau, oranye, dan emas. Penduduk Afrika Utara, Timur Tengah, Brazil, dan Spanyol adalah pemilik mata Hazel paling umum di dunia.

4. Amber, Warna Mata yang Langka di Dunia

8 Warna Mata yang ada di Seluruh Dunia, yang Paling Umum hingga Paling Langka

Sumber: Flickr

Warna amber atau oranye kecoklatan ini juga merupakan warna mata yang cukup langka di dunia. Warna ini dapat muncul pada bola mata karena adanya pigmen bernama lipochrome pada iris mata yang menghasilkan warna tembaga atau kekuningan.

Hanya sekitar 5% populasi dunia yang memiliki mata warna amber, dan umumnya tersebar pada keturunan Asia, Spanyol, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan.

5. Abu-Abu

8 Warna Mata yang ada di Seluruh Dunia, yang Paling Umum hingga Paling Langka

Sumber: Deasilex

Mereka yang memiliki mata abu-abu mempunyai iris mata yang tak mengandung melamin. Selain itu, iris mata mereka memiliki kolagen dalam jumlah ekstra yang berbeda dengan mata pada umumnya. Fenomena ini disebut dengan stroma.

Stroma akan memblokir warna biru agar tak muncul di mata sehingga hasilnya mata pun tampak berwarna abu-abu. Mata abu-abu paling banyak ditemukan di Eropa Utara dan Timur, serta hanya 3% dari populasi dunia yang matanya berwarna abu-abu.

6. Hijau

8 Warna Mata yang ada di Seluruh Dunia, yang Paling Umum hingga Paling Langka

Sumber: Unsplash

Tingkat melamin yang rendah disertai adanya pigmen lipochrome dan hamburan cahaya Rayleigh menyebabkan bola mata menjadi berwarna hijau. Warna mata ini sangat langka yaitu hanya 2% saja di dunia. Biasanya mereka yang bermata hijau adalah penduduk Eropa di bagian tengah, barat, dan utara.

7. Merah

warna mata di dunia

Sumber: Pinterest

Sangat langka dengan persentase hanya 1% saja dari seluruh penduduk dunia, terdapat warna mata merah atau violet. Biasanya mereka yang memiliki mata merah adalah orang dengan kelainan albinisme yang kadar melamin dalam tubuhnya sangat rendah.

Karena rendahnya melamin pada iris mata tersebut, warna pembuluh darah yang merah pun menembus keluar sehingga bola mata tampak berwarna merah.

Artikel Terkait: Hindari Kerusakan Mata Anak Sejak Dini, Ikuti 6 Tips Kesehatan Mata Berikut

8. Warna Mata Paling Langka di Dunia, Heterochromia

8 Warna Mata yang ada di Seluruh Dunia, yang Paling Umum hingga Paling Langka

Sumber: Brilio

Warna mata yang paling langka di seluruh dunia adalah Heterochromia, yaitu dua bola mata dengan warna yang berbeda. Kondisi ini dianggap sebagai ciri umum kelainan genetik keturunan dan hanya terjadi pada kurang dari 1% penduduk dunia.

Ada 2 jenis heterochromia, yaitu heterochromia komplet dimana satu mata berbeda warna dengan yang satunya. Kemudian ada heterochromia parsial yang perbedaan warnanya terdapat dalam satu mata.

Penyebab kondisi ini cukup beragam, contohnya adalah kelainan Sindrom Sturge-Weber yang mempengaruhi perkembangan pembuluh darah, hingga penyakit von Recklinghausen yang merupakan kelainan genetik pada saraf dan kulit.

***
Itulah 8 warna mata yang ada di dunia, mulai dari yang paling umum hingga yang paling langka. Apa warna bola mata Parents?

Baca Juga:

Menakjubkan! Inilah Deretan Foto Anak dengan Mata Paling Mempesona di Dunia

Fenomena Warna Mata Anak Indonesia yang Unik dan Mengagumkan, Apa Penyebabnya?

Memotong bulu mata bayi bikin lentik, mitos atau fakta?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.