7 Artis yang Mengidap Gangguan Kesehatan Mental

oleh


Isu kesehatan mental di masyarakat menjadi satu hal yang terkadang masih tabu dibicarakan sebagian orang. Banyak penderita gangguan mental yang malu menceritakan masalah yang dialaminya karena takut mendapat stigma negatif dari masyarakat. Namun, tak begitu halnya dengan para artis yang mengidap gangguan kesehatan mental berikut ini.

Kurangnya keterbukaan akan isu ini bukan tanpa alasan. Terkadang stigma yang masih seputar ‘mencari perhatian’, ‘dianggap gila’, ‘pansos’, dan lain sebagainya membuat para pengidap gangguan mental pun memilih untuk tak membeberkannya.

Meski sudah cukup terbuka akan kondisinya, sebetulnya para artis berikut ini pun sebelumnya juga merasakan hal yang sama. Namun, public figure ini kemudian memilih untuk speak up tentang kondisinya untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap isu kesehatan mental.

Ini dia 7 artis yang mengidap gangguan mental itu!

7 Artis yang Mengidap Gangguan Kesehatan Mental

1. Marshanda, Artis yang Mengidap Gangguan Kesehatan Mental Bipolar

artis yang mengidap gangguan mental

Sudah lama diketahui bahwa artis cantik Andriani Marshanda mengalami bipolar. Hal itu pernah ditunjukkannya dalam sebuah video di 2009, seperti yang banyak beredar di YouTube. Caca, demikian ia disapa, meluapkan kemarahan dan kesedihannya di dalam video.  

Beberapa tahun berlalu, barulah Marshanda mengakui dan menjelaskan bahwa dirinya memang mengidap bipolar. Saat itu, kondisinya sedang depresi berat dan bipolarnya kambuh, sehingga ia mengalami sulit tidur dan suka berhalusinasi.

Dikatakan ibu satu anak ini juga bahwa dirinya sempat menolak kondisi itu. Namun  atas dukungan keluarga dan teman-teman baiknya, ia mau berkonsultasi dengan psikolog. Ia juga belajar banyak mengenai bipolar dan sudah mampu memanajemen perasaan dan emosinya.

Dalam banyak wawancara Marshanda pun mengaku sudah belajar banyak akan kondisi kesehatan mental yang dialaminya itu.

Artikel terkait: Kisah Tara Perempuan Muda Penyintas Bipolar, “Jangan Lagi Ada Stigma, yang Dibutuhkan Support”

2. Rachel Vennya

artis yang mengidap gangguan mental

Sama seperti Marshanda, Selebgram Rachel Vennya juga mengalami bipolar.

“Sebenarnya takut banget sharing hal ini lebih dalam, walaupun aku suka ngasih tahu kalau aku punya anger issues. Mungkin beberapa dari kalian juga sempat ingat tahun 2014an aku pernah terbuka soal BD (bipolar disorder) yang aku benar-benar struggling banget jalaninnya, sampai akhirnya aku menutup itu semua karena stigma orang-orang terhadap BD,” kata Rachel Vennya dalam video yang diunggah di akun Instagram-nya, (27/4/2020).

Namun kemudian Rachel memilih memberanikan diri untuk terbuka akan pengalamannya itu. Dengan harapan, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengubah stigma mereka tentang gangguan jiwa atau mental illness

3. Mey Chan

artis yang mengidap gangguan mental

Personel terakhir Duo Ratu Dita Anggraeni yang bernama panggung Mey Chan, mengaku pernah menderita panic attack disorder. Gangguan ini muncul dengan tanda rasa takut atau gelisah yang berlebihan secara tiba-tiba.

Saat serangan panik datang, detak jantung meningkat lebih cepat, napasnya menjadi lebih pendek, ototnya tegang, gemetar, dan kepalanya pun terasa pusing.

Ia menulis pengakuan ini di akun instagram pribadinya, @ditaofficial.id.

“Saya mau bantu jelaskan sedikit info tentang disorder ini.. panic attack adalah takut sama rasanya rasa takut bingung kan dengernya..

Jadi rasa takut kam biasa karena suatu alasan yang logic misal liat film horor atau lari dikejar anjing misalkan. Nah klo panic attack ini takut sama “rasanya” rasa takut itu sendiri sehingga looping dan wake up call terus sampe jadi full blown panik attack yang bisa bikin si penderita mikir dia kena serangan jantung atau mau pingsan,” tulis Mey Chan beberapa tahun lalu.

Artikel terkait: 15 Cara untuk Mengurangi Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder) Pada Anak

4. Vidi Aldiano

artis yang mengidap gangguan mental

Selebriti lainnya yang berjuang menghadapi gangguan mental ialah Vidi Aldiano. Saat menghadiri sebuah acara di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (2/5/2019), ia mengaku pernah mengalami anxiety attack (gangguan kecemasan). Saat itu, ia juga mengatakan bahwa gangguan panik yang dirasakan terus meningkat.

“Gue sudah lama punya itu, tapi enggak major (parah),” katanya seperti dilansir dari Kompas.com.

“Beberapa bulan lalu gue mengalami anxiety attack yang parah banget. Mulai merasa ‘this isn’t right’, dari situ I seek help, masih nyari bantuan, masih berusaha untuk berdamai dengan diri sendiri juga, masih selfhealing,” katanya lagi.

Vidi mengaku salah satu jenis gangguan mental itu lumayan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Hingga saat itu ia masih rutin berkonsultasi dengan dokter untuk membantu melakukan penanganan.

5. Tora Sudiro

artis yang mengidap gangguan mental

Pada 2017, aktor ganteng Tora Sudiro pernah ditangkap Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan karena kepemilikan obat terlarang bersama sang istri, Mieke Amalia. Saat itu, polisi menemukan 30 butir obat yang diketahui sebagai dumolid di kediamannya.

Tora mengakui ketergantungan obat tersebut untuk mengatasi insomnia dan stres berat yang dialaminya. Dan diketahui juga dari hasil penyelidikan bahwa ia didiagnosa mengidap tourette syndrome.

Tourette syndrome adalah merupakan penyakit neuropsikiatrik yang membuat penderitanya mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan atau ‘tic’ tanpa mampu mengontrolnya. Pemicu ‘tic’ adalah stres, cemas, kelelahan, atau terlalu bersemangat.

6. Awkarin

Penuh Perjuangan, Ini Cerita 7 Artis yang Mengalami Gangguan Mental

Selebgram Karin Novilda yang lebih dikenal dengan nama Awkarin pernah mengaku mengalami sakit mental atau mental ilness. Melalui video berjudul I QUIT INSTAGRAM yang diunggah Awkarin di channel YouTube pribadinya, Karin Novilda, ia mengaku pernah beberapa kali melakukan percobaan bunuh diri.

Saat itu ia masih duduk di bangku SMA. Karena keinginannya bunuh diri tersebut, orang tuanya beberapa kali mengantarnya ke rumah sakit karena percobaan bunuh diri.

Mental illness bukan suatu hal yang dapat disepelekan. Di luar negeri, orangtua sudah sadar akan informasi tentang mental illness, sehingga mereka bisa membawa anak-anak mereka kepada psikolog untuk mengetahui kepribadian dan cara merawat mereka,” kata Karin dalam video yang diunggah 22 Oktober 2018 itu.

“Orang Indonesia cenderung malu untuk menceritakan suatu hal berbeda yang dirasakan dirinya karena takut dianggap gila,” lanjutnya.

Ia berharap, pengalamannya itu bisa mengubah pandangan masyarakat mengenai mental illness.

Artikel terkait: 7 Drama Korea Bertema Kesehatan Mental Selain ‘It’s Okay to Not Be Okay’

7. Ariel Tatum, Artis yang Mengidap Gangguan Kesehatan Mental BPD

Penuh Perjuangan, Ini Cerita 7 Artis yang Mengalami Gangguan Mental

Ariel Tatum merupakan salah satu artis yang sangat vokal dalam mengedukasi masyarakat mengenai mental illness. Hal ini dilakukannya karena ia juga merupakan salah satu orang yang memiliki ganguan mental. Ariel mengidap Borderline Personality Disorder (BPD).

Alodokter menjelaskan, BPD atau gangguan kepribadian ambang adalah gangguan mental yang ditandai dengan suasana hati serta citra diri yang senantiasa berubah-ubah, dan perilaku yang impulsif.

Seseorang yang mengalami kondisi ini akan memiliki cara pandang, perasaan, dan pola pikir yang berbeda. Akibatnya kondisi ini bisa menjadi pemicu masalah yang ada hubungannya dengan orang lain, baik keluarga hingga ranah pekerjaan.

Gangguan ini umumnya muncul pada periode menjelang usia dewasa. Sementara itu, ia mengetahui dirinya mengidap gangguan mental itu kala berusia 13 tahun.

Itulah 7 artis yang mengidap gangguan kesehatan mental dan perjuangan menghadapinya. Terima kasih karena kalian sudah mau terbuka. Semoga cerita kalian bisa membantu para pengidap gangguan mental lainnya, ya.

****

Baca juga:

5 Gejala Gangguan Mental Pada Anak-anak, Bunda Wajib Tahu!

Parents, Perhatikan 10 Ciri Penyakit Mental yang diderita oleh Anak ini

10 Mitos dan Fakta Bipolar Disorder, Benarkah Bikin Pria jadi Mandul?

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.