5 Tanda Ayah Sudah Siap Naik Jabatan dalam Karier

oleh


Tidak hanya soal kemampuan, ada indikator lainnya yang menandakan Parents layak naik jabatan. Indikator ini mampu menunjukkan sisi profesionalisme kerja dan kedewasaan diri seseorang. Maka rasanya wajar saja jika banyak perusahaan mempertimbangkan hal ini sebelum memberikan kenaikan jabatan.

5 Tanda Ayah Sudah Siap Naik Jabatan

Dalam karier seseorang, naik jabatan adalah suatu fase yang tentunya sangat ditunggu-tunggu. Namun, berada di posisi tersebut membutuhkan proses yang tidak mudah.

Selain berusaha dan bekerja secara optimal, berikut sederet indikator yang bisa Ayah gunakan untuk melihat kemampuan diri sendiri apakah sudah siap naik jabatan?

1. Dapat Memimpin dan Mengatur

naik jabatan

Sebelum bisa memimpin orang lain, Anda tentu harus bisa memimpin dan mengatur diri sendiri. Mampu mengelola pekerjaan agar selesai tepat waktu dan dengan hasil yang optimal. Mengerti kebiasaan diri sendiri dan fokus untuk menyelesaikan tanggung jawab.

Seorang pemimpin yang baik harus bisa mengatur anggota timnya. Anda mampu memimpin dan membantu anggota tim yang kesulitan dengan pekerjaannya. Kemampuan ini sangat penting terutama jika harus berhadapan dengan berbagai karakter orang yang berbeda.

2. Untuk Naik Jabatan Perlu Sosok yang Bertanggung Jawab

naik jabatan

Sikap bertanggung jawab ini bukan sekadar berani mengaku dan memperbaiki kesalahan. Bertanggung jawab berarti memahami tugas dan kewajiban Anda seperti apa serta bagaimana korelasinya dengan pekerjaan orang lain. Bagaimana dampak pekerjaan Ayah kepada tim. Mempertimbangkan hal-hal ini mengindikasikan bahwa Anda orang yang bertanggung jawab.

Jika ada beberapa orang yang bekerja di bawah Anda, kesalahan mereka juga akan jadi bagian dari tanggung jawab Anda. Itu sebabnya memperhatikan pekerjaan, mengawasi, serta memberi solusi dan masukan juga bagian dari tanggung jawab seorang pemimpin. Dengan begini Anda juga dapat meminimalisasi sebanyak mungkin potensi kesalahan dalam pekerjaan.

Artikel terkait: Pundi Uang Menggiurkan, Intip 10 Pekerjaan Sampingan yang Sayang Dilewatkan

3. Tenang Mengambil Keputusan

naik jabatan

Tidak jarang, seorang pemimpin aakan dihadapkan dengan kondisi yang tidak mengenakkan. Kondisi yang membutuhkan keputusan yang cepat dan tepat. Di saat-saat seperti ini akan sangat dibutuhkan sosok yang mampu merespons masalah dengan tenang.

Tidak peduli separah apa pun itu, seorang pemimpin harus bisa fokus kepada tindakan yang akan diambil. Sikap seperti ini akan menunjukkan bagaimana Anda melihat segala sesuatu dan merespons segala sesuatu. Sikap tenang seperti ini juga dapat membantu Anda untuk berpikir lebih rasional dan mengambil keputusan yang paling masuk akal.

Kalaupun ada hal-hal yang perlu dievaluasi dan dikoreksi, Ayah bisa fokus terlebih dahulu untuk mencari solusi yang tepat. Ini jauh lebih baik daripada meluapkan emosi yang justru tidak dapat menyelesaikan masalah.

Artikel terkait: Waspada Burnout Syndrome, ketika Parents Merasa Terlalu Lelah dengan Pekerjaan

4. Mampu Memberikan Kritik yang Membangun untuk Siap Naik Jabatan

5 Tanda Ayah Layak Naik Jabatan, Sudahkah Anda Memilikinya?

Kritik berperan sangat penting dalam menggali dan mengembangkan potensi diri seseorang. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang mampu menyampaikan kritik dengan cara yang tepat dan membangun.

Tidak jarang kritik justru terasa seperti menghakimi bahkan menjelek-jelekkan seseorang. Sikap ini justru bisa merugikan kedua belah pihak, yakni orang yang dikritik dan yang menyampaikan kritik. Bukannya berkembang jadi lebih baik, justru cara penyampaian yang tidak tepat bisa menyebabkan mental breakdown. 

Jika hendak menyampaikan kritik, fokuslah pada pekerjaannya, bukan pada karakter orangnya. Sampaikan dengan kalimat yang tidak menyudutkan. Lalu yang paling penting, berikan saran atau solusi untuk jadi lebih baik. 

Artikel terkait: 5 Alasan Mengapa Pekerjaan Membuat Kita Jadi Orangtua yang Lebih Baik

5. Disukai Banyak Orang

5 Tanda Ayah Layak Naik Jabatan, Sudahkah Anda Memilikinya?

Tanda lainnya yang menentukan apakah Anda siap naik jabatan adalah bagaimana persona Anda di mata orang lain. Jika disukai oleh banyak orang serta mudah berkomunikasi, tidak heran jika Anda dipertimbangkan untuk mendapatkan jabatan baru. Sosok yang disukai banyak orang tentu lebih bisa diharapkan menjadi pemimpin.

Akan tetapi, perlu Ayah ingat juga, untuk disukai banyak orang, bukan berarti Anda harus menempuh jalan yang membuat Anda sendiri kehilangan jati diri. Jadilah diri sendiri, berinteraksilah dengan ramah dan sopan satu sama lain. Sesederhana ini saja, dapat membuat Anda jadi sosok yang mudah didekati dan disukai banyak orang.

Nah, Parents, coba tanyakan kepada diri sendiri, apakah tanda-tanda di atas ada pada diri Anda. Jika memang sudah memiliki, maka itu tandanya Anda siap naik jabatan. 

Baca juga:

id.theasianparent.com/kebiasaan-menunda-pekerjaan

id.theasianparent.com/6-tips-agar-suami-anda-mau-lakukan-pekerjaan-rumah?slide=0

id.theasianparent.com/tes-psikotes

Cerita mitra kami

5 Ide Kado Spesial dari Ayah, Bikin Bunda Makin Sayang

Cara mengubur ari-ari dengan benar, panduan bagi para Ayah

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.