5 Rukun Nikah dan Syarat Sah Menikah dalam Islam

oleh


Menikah sejatinya adalah sebuah ibadah. Lewat pernikahan, dua insan disatukan dalam sebuah janji suci. Namun demikian, pernikahan bukanlah proses yang mudah. Perlu persiapan yang matang untuk melangsungkan pernikahan termasuk di antaranya adalah menaati rukun nikah bagi kedua mempelai. Lantas, dalam agama Islam, sudah tahukah Anda rukun nikah ada berapa? Artikel berikut ini akan mengulas rukun nikah dan syarat sah pernikahan dalam Islam. 

5 Rukun Nikah dan Syarat Sah Pernikahan dalam Islam

Sebagai salah satu momen penting dalam hidup, pernikahan merupakan peristiwa yang patut dipersiapkan dengan seksama. Hal ini termasuk rukun nikah dan syarat sah pernikahan yang bisa Anda simak di bawah ini:

1. Rukun Nikah Pertama Adalah Ada Mempelai Laki-Laki

Catat! Inilah 5 Rukun Nikah dan Syarat Sah Menikah dalam Agama Islam Sumber: Shutterstock

Dalam Islam, pernikahan dianggap sah apabila mempelai laki-laki hadir saat akad nikah. Akad nikah merupakan waktu di mana kedua mempelai dipersatukan dalam janji suci pernikahan. Dalam prosesi ini, mempelai pria harus hadir dan mengucapkan sendiri janjinya.

Kehadirannya tidak dapat diwakilkan oleh orang tua maupun wali nikah. Sebab, hal ini berkaitan dengan pertanggungjawaban mempelai laki-laki atas mempelai perempuan dari orangtuanya.

2. Rukung Nikah Selanjutnya Adalah Ada Mempelai Perempuan

Catat! Inilah 5 Rukun Nikah dan Syarat Sah Menikah dalam Agama Islam Sumber: Instagram/@silvi.alestari

Selain mempelai laki-laki yang harus hadir di tempat, dalam agama Islam sah atau tidaknya sebuah pernikahan juga bergantung pada kehadiran mempelai perempuan. Selain itu, haram hukumnya apabila mempelai perempuan memiliki pertalian darah, hubungan persusuan, atau hubungan kemertuaan dengan calon mempelai laki-laki. 

Artikel terkait: Syarat, Tata Cara, dan Hukum Nikah Siri, Ini Risikonya Parents!

3. Salah Satu Syarat Sah Nikah Adalah Ada Wali bagi Perempuan

Catat! Inilah 5 Rukun Nikah dan Syarat Sah Menikah dalam Agama Islam Sumber: Shutterstock

Pada dasarnya, wali nikah adalah orang tua atau anggota keluarga dari mempelai perempuan. Mereka di antaranya adalah ayah, kakek, ataupun saudara dari garis keturunan ayah.

Urutan wali nikah antara lain dari ayah, kakek atau ayah dari ayah, saudara laki-laki kandung, saudara laki-laki seayah, anak dari saudara laki-laki kandung atau seayah yakni keponakan, paman atau anak dari paman yakni sepupu.

4. Dalam Rukun Nikah Islam Juga Harus Ada Saksi Nikah 2 Orang Laki-Laki

rukun nikah Sumber: Shutterstock

Selain wali nikah, dalam rukun nikah juga tercatat perlu adanya 2 orang laki-laki sebagai saksi nikah. Laki-laki yang akan menjadi saksi nikah mempunyai persyaratan yaitu beragama Islam, baligh, berakal, merdeka, lelaki, dan adil.

Kedua saksi nikah ini dapat dihadirkan oleh pihak keluarga, tetangga, ataupun orang yang dapat dipercaya untuk menjadi saksi. Pernikahan tidak akan sah di mata hukum negara dan agama apabila wali nikah dan saksi tidak hadir dalam akad nikah.

Artikel terkait: Nikah muda, 7 artis ini buktikan rumah tangganya harmonis dan jauh dari gosip

5. Ijab Kabul, Rukun Nikah yang Tak Boleh Dilewatkan

rukun nikah Sumber: Shutterstock

Janji pernikahan dalam Islam disebut sebagai ijab dan kabul. Ijab kabul adalah sebuah janji suci dari kedua mempelai kepada Allah SWT di hadapan penghulu, wali, dan saksi nikah. Begitu kalimat, “Saya terima nikahnya” telah terucap dan kedua saksi menyetujui pengucapan ijab dan qabul tersebut maka di momen itu pula dua insan menjadi sah sebagai sepasang suami istri.

5 Syarat Sah Pernikahan dalam Agama Islam yang Wajib Dipatuhi

Butir-butir di atas merupakan ketentuan yang tidak dapat diganggu gugat sehingga kedua calon mempelai perlu mempersiapkannya dengan baik. Selain rukun nikah, masih ada syarat sah pernikahan dalam agama Islam. Berikut urutannya:

1. Laki-Laki dan Perempuan Beragama Islam

rukun nikah

Menurut syariat Islam, laki-laki dan perempuan yang hendak menikah haruslah beragama Islam. Pernikahan yang dilakukan menggunakan tata cara ijab dan kabul secara Islam tidak dapat dikatakan sah apabila salah seorangnya tidak beragama Islam.

2. Laki-Laki Bukan Seseorang yang Mahram bagi Calon Istri

rukun nikah Sumber: Shutterstock

Saat akan menikah dengan seorang perempuan, perlu dipastikan bahwa calon istri bukanlah saudara sedarah atau sekandung. Perlu diperhatikan bahwa laki-laki dan perempuan yang akan menikah tidak boleh memiliki ikatan darah atau istilahnya mahrom. Maka dari itu, menelusuri riwayat keluarga penting untuk dilakukan karena bagian dari syarat nikah Islam.

Artikel terkait: 10 Artis Nikah Beda Usia, Ada yang Terpaut Umur Hingga 45 Tahun!

3. Asal-usul Wali Nikah Jelas

rukun nikah Sumber: ANTARA Foto/Aprilio Akbar

Saat menentukan wali, laki-laki yang hendak menikah perlu mengetahui dengan jelas asal-usul calon istri. Bilamana ayah dari pihak perempuan sudah meninggal, wali nikah bisa diwakilkan oleh kakek atau kakak laki-laki kandungnya. Dalam Islam, hal ini disebut wali hakim pernikahan. Namun, asal-usulnya harus jelas.

4. Tidak Sedang Melaksanakan Ibadah Haji

rukun nikah

Laki-laki dan perempuan tidak boleh menikah saat melaksanakan ibadah haji karena haji merupakan ibadah yang segala sesuatunya dilipatgandakan. 

5. Tidak Ada Paksaan

rukun nikah Sumber: Pexels

Yang terpenting, menikahlah tanpa adanya paksaan dari siapa pun. Pernikahan harus didasari keikhlasan dan niat tulus dari kedua mempelai untuk menjalani hidup bersama.

Nah, Parents, itulah rukun nikah dan syarat sah menikah untuk Anda yang beragama Islam. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mempersiapkan rencana pernikahan ya. 

Baca juga: 

id.theasianparent.com/kartu-nikah

id.theasianparent.com/penyebab-stres-menjelang-nikah

id.theasianparent.com/dampak-nikah-siri

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.