5 Cara Menghilangkan Bintitan di Kelopak Mata dalam Semalam

oleh


Bintitan atau disebut hordeolum di area kelopak mata tentu saja sangat mengganggu. Berbentuk mirip jerawat atau bisul di mata, kondisi ini bisa saja tumbuh di luar bahkan bagian dalam kelopak mata. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bintitan dalam semalam?

Tumbuhnya bintil merah yang mirip dengan bisul kecil pada kelopak mata menjadi gejala awal bintitan. Beberapa gejala yang menyertai antara lain:

  • Bengkak dan nyeri di bagian yang bintitan
  • Air mata keluar terus-menerus
  • Timbul kerak di kelopak mata
  • Gatal

Artikel terkait: Tidak Nyaman karena Mata Bengkak? Kenali Penyebab, Cara Mengatasi, dan Obatnya

Penyebab Mata Bintitan

Penyebab utama bintitan adalah infeksi bakteri Staphylococcus. Bakteri yang umum hidup di kulit ini menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata, sehingga menimbulkan peradangan.

Penyebab lain dari bintitan adalah kuman dan kulit mati yang terperangkap di ujung kelopak mata. Beberapa faktor dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami bintitan antara lain:

  • Menyentuh mata dengan tangan yang kotor.
  • Menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.
  • Tidak membersihkan bekas kosmetik pada mata sebelum tidur.
  • Memakai lensa kontak yang tidak steril.
  • Mengalami peradangan pada ujung kelopak mata (blefaritis).
  • Mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

5 Cara Menghilangkan Bintitan di Kelopak Mata dalam Semalam

Sebagian besar bintitan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-21 hari, terutama bila bintitan telah pecah dan mengeluarkan nanah. Memencet atau memecahkan bintitan sendiri tidak dianjurkan karena dapat memicu penyebaran infeksi. Lakukan langkah sederhana berikut agar bintitan hilang dengan cepat.

1. Kompres Mata dengan Air Hangat

cara menghilangkan bintitan dalam semalam - 1

Sumber: Stye Treatment.

Mengompres hangat menjadi cara menghilangkan bintitan pada mata paling efektif. Suhu hangat ampuh mendorong seluruh nanah ke permukaat, membuat nanah tersebut larut sehingga cairan akan keluar dengan sendirinya.

Caranya juga mudah, basuh handuk kecil bersih menggunakan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras handuk agar lembab dan air tak menetes. Setelah itu, baru letakkan di mata selama 5-10 menit.

Lakukan cara ini tiga sampai empat kali sehari sampai bintitan kempes. Ingat, jangan memencet bintilnya supaya terhindar dari infeksi.

Artikel terkait: 13 Cara Alami Singkirkan Mata Panda, Mau Coba?

2. Bersihkan Kelopak Mata dengan Sabun

cara menghilangkan bintitan dalam semalam

Selain kompres, Anda juga bisa membersihkan kelopak mata mengguakan air dan sabun. Hindari sabun berbahan kimia sintetis karena mata adalah area sensitif. Pilihlah sabun jenis hypoallergenic sehingga Anda terjauhkan dari iritasi. Misalnya menggunakan sabun atau sampo bayi.

3. Cara Menghilangkan Bintitan dalam Semalam dengan Manfaatkan Kantong Teh

cara menghilangkan bintitan dalam semalam

Sumber: Stye Treatment.

Kendati paling efektif, ada juga orang yang kurang berminat mengompres dengan air hangat. Jangan khawatir, opsi lain ada pada kantong teh. Sering dibuang begitu saja, siapa sangka kantong bekas teh bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bintitan.

Bukan sembarang teh, kantong bekas teh hitam adalah yang terbaik karena ampuh mengurangi pembengkakan dan bersifat antibakteri. Caranya juga mudah, setelah menyeduh teh celupkan bekas kantongnya kedalam air panas.

Diamkan selama sekitar semenit, baru kemudian tempelkan pada mata. Biarkan selama 5-10 menit. Lakukan langkah ini dua kali sehari dan pastikan Anda menggunakan kantong teh baru setiap harinya.

4. Memakai Salep Antibiotik

Jika sudah sangat kesal dan pengin buru-buru sembuh, Anda bisa mencoba pakai obat. Salep mata fenicol adalah salah satu obat bintitan yang bisa Anda beli di apotek. Harganya sekitar Rp30 ribu untuk Fenicol 1% ukuran 3,5 gram.

5. Cara Menghilangkan Mata Bintitan dalam Semalam Menggunakan Air Garam

Mengutip dari Hellosehat, garam bisa dimanfaatkan sebagai antiseptik alami untuk mengatasi mata bintitan. Caranya dengan melarutkan garam ke dalam air hangat dan aduk hingga rata. 

Celupkan kain lembut atau bisa juga menggunakan kapas ke dalam larutan air garam. Lalu letakkan kain atau kapas tersebut ke area mata yang bintitan seperti dikompres. Diamkan selama 15-20 menit dan ulangi hingga bintitan mereda.

Artikel terkait: 5 Cara rumahan untuk mengatasi infeksi mata pada bayi, catat!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mata Bintitan

  • Jangan dipecahkan. Sebab, nanah di dalam bintitan mengandung bakteri yang jika Anda pecahkan sembarangan, malah bisa menyebarkan infeksi ke mana-mana.
  • Okelah, Anda merasa bintitan ini memang harusnya dipecahkan. Datanglah ke dokter dan minta dokter yang memecahkan bisul itu.
  • Kalau bintitan terasa sangat sakit, minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen (Tylenol).
  • Jangan pakai makeup dan lensa kontak. Selain makeup-nya sendiri bisa membuat bagian kelenjar yang tersumbat tidak sembuh-sembuh, alat makeup akan menjadi medium penyebaran bakteri dari infeksi.

Demikianlah informasi kesehatan mengenai cara mengobati mata bintitan dalam semalam tanpa harus ke dokter. Tentunya langkah-langkah ini menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman jika parents ingin mencobanya!

Referensi: Healthline

Baca juga:

Operasi LASIK Mata Saat Hamil, Bahaya atau Tidak?

Mata tegang akibat terlalu sering bermain gadget? Ini cara mengatasinya

Mata Bintitan, Kenali Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.