Manfaat Berinvestasi Emas, Apa Aja?

oleh

TIRAS.id — Manfaat Berinvestasi Emas, Apa Aja?

Pandemi mengajarkan kita banyak hal. Salah satunya adalah pentingnya investasi.

Sebab serapi apa pun kita menyiapkan masa depan, ada hal yang tak bisa diprediksi. Seperti datangnya pandemi 2 tahun lalu itu.

Banyak dari kita yang begitu kepayahan karena pandemi. Dari mulai pengurangan jumlah pendapatan bahkan hingga ada yang sampai di-PHK.

Investasi emak bisa jadi pilihan. Sebab emas tak lekang oleh waktu. Setiap saat emas selalu laku dijual, sekali pun harganya tidak tetap.

Bisa jadi, harga emas hari ini Anda membelinya dengan murah. Nah sebulan kemudian, harganya ternyata naik. Atau malah sebaliknya. Akan tetapi meskipun demikian, investasi emas tetaplah bisa diandalkan.

Anda yang masih ragu untuk investasi emas, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam berinvestasi logam mulia ini.

Seperti yang sudah disinggung di awal, kehidupan sangatlah tidak bisa diprediksi. Ada hal yang bisa terjadi kapan saja. Seperti pandemi yang membuat dunia krisis. 

Dalam dunia investasi, krisis ekonomi negara atau dunia bisa berakibat pada naik turunnya mata uang dan juga berbagai produk keuangan.

Nah emas, itu cenderung lebih stabil. Jadi kapan pun Anda jual, akan tetap jadi uang yang merupakan alat tukar. Jika pun turun, harganya tidak turun drastis. Beda dengan saham atau produk investasi lainnya. 

Ini yang jadi kelebihan emas. Saat Anda tidak punya uang sama sekali, Anda bisa menjualnya dengan mudah.

Kapan saja. Ada banyak yang bisa menerima emas. Paling-paling, ya mungkin harganya sedikit turun dari yang Anda beli. Tapi coba jika Anda hanya punya saham. 

Anda tidak bisa menjualnya kapan saja. Harus menunggu pembelinya terlebih dahulu. Tidak bisa secepat menjual emas. Contoh kasarnya, jika Anda punya emas, ditunggu dalam keadaan lapar pun tidak akan lama.

Anda bisa mengandalkan beli makanan dari hasil penjualan emas tersebut. Lain halnya dengan produk investasi lain.

Investasi emas biasanya tidak mengenal istilah bunga. Jadi jika Anda menabung emas di suatu lembaga, Anda tidak akan dikenai bunga.

Paling-paling hanya biaya administrasi saja. Terlebih jika lembaganya berdasar pada prinsip syariah. Berbagai transaksinya tidak mengenal bunga. Sebab dalam sistem syariah, bunga bersifat haram.

Manfaat lain yang Anda dapatkan dari berinvestasi dengan emas adalah terjamin keamanannya. Ya tentu saja demikian sebab pihak yang mengeluarkan emas pada umumnya merupakan lembaga terpercaya. 

Produknya juga jelas bisa Anda bedakan dengan cepat. Karena ada sertifikat keaslian yang menjaminnya. Beda halnya dengan instrumen investasi yang lain. Ketelitian yang tinggi harus dilakukan sebelum memutuskan untuk berinvestasi di sana. 

Keamanan berinvestasi emas juga bisa terlihat dari naik turun harganya yang tidak drastis. Ini membuat tenang siapa pun yang berinvestasi dengan emas.

Keuntungan lain yang akan Anda dapatkan dari berinvestasi dengan emas adalah tidak adanya pajak yang dikenakan atas investasi tersebut.

Dan lagi-lagi, hal ini tidak seperti instrumen investasi yang lain seperti saham misalnya. Penghasilan yang Anda dapatkan dari investasi saham tidak bisa Anda nikmati seutuhnya. Ada bagian yang harus Anda tanggung, yakni pajak.

Dalam jangka pendek, emas memang mengalami harga yang naik turun. Akan tetapi dalam jangka panjang, harga emas selalu mengalami peningkatan. 

Nah jika Anda mempunyai visi investasi yang jauh ke depan, emas adalah pilihan yang tepat. Sebab emas bisa melindungi kekayaan Anda dalam jangka panjang. Namun, jika orientasi Anda keuntungan besar dalam jangka pendek, emas bukanlah instrumen investasi yang tepat untuk Anda.

Dalam berinvestasi dengan emas, Anda bisa membelinya sesuai dengan keinginan atau sesuai dengan kemampuan. Jika Anda punya dana yang besar, Anda bisa membeli dalam jumlah gram yang besar juga.

Pun demikian sebaliknya. Ada besaran yang bisa Anda beli. Mulai dari sekian gram hingga puluhan atau mungkin ratusan gram atau kilogram.

Lain halnya dengan investasi lain. Ada syarat minimal yang harus Anda penuhi. Jadinya dana yang Anda perlukan juga ada syarat minimalnya.

Tidak hanya berlaku pada investasi emas dalam bentuk logam mulia batangan murni 24 karat. Investasi pada emas yang sudah berbentuk perhiasan juga demikian. Malah lebih lagi. Berbagai ukuran dan kemurnian emasnya juga tersedia. Misalnya saja emas tua atau pun emas muda.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi dengan emas. Kesemuanya tentu sangat menarik. Dan ada beberapa di antaranya dari manfaat tersebut yang tidak dimiliki jenis investasi lain.

Di balik manfaat tersebut memang ada kerugiannya. Salah satunya sudah disinggung tadi. Yakni tidak bisa menghasilkan banyak uang lebih jika diandalkan dalam waktu yang pendek. Sebab ada fluktuasi naik turun. Sekali pun tidak drastis. Tapi jika dalam jangka panjang, emas sangatlah menguntungkan.

Anda tertarik untuk berinvestasi dengan emas? Anda bisa mencobanya sekarang.

Untuk membelinya, Anda bisa ke Blibli saja. Di sana ada banyak seller terpercaya yang menjual emas. Dari emas yang berupa logam mulia murni 24 karat hingga perhiasan emas. Ayo berinvestasi dengan emas!

https://www.beritasenator.com/berita-motivasi/pr-645166242/manfaat-berinvestasi-emas-repos-tirasid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.