Pesona Nusa Dua Bali, Tempat Digelarnya Event Internasional : e-Kompas.ID Travel

oleh -22 Dilihat


Saat ini, Indonesia tengah menjadi tuan rumah Konferensi Asian Venture Philanthropy Network (AVPN) yang berlangsung pada 21-24 Juni 2022. Lagi-lagi, Bali terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan konferensi multinasional bergengsi ini.

Dalam Konferensi AVPN, peserta dari berbagai negara akan hadir. Diperkirakan AVPN akan dihadiri oleh peserta dari 33 negara, terutama dari Asia. Para peserta tersebut di antaranya berasal dari kalangan perusahaan, organisasi, filantropis, dan para pemangku kepentingan.

Tujuan konferensi ini antara lain untuk membangun jalinan kemitraan strategis untuk mendukung sejumlah negara Asia dalam mengatasi permasalahan ekonomi terkait dengan capaian Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Rencananya, keputusan dari AVPN akan menjadi pertimbangan sebagai masukan dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20, yang juga akan diselenggarakan pada 2022 ini.

Bagi Indonesia, tentunya merupakan suatu kebanggaan tersendiri menjadi tuan rumah untuk perhelatan acara skala dunia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, perhelatan event dunia yang diselenggarakan di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia siap dan aman untuk beragam perhelatan acara internasional. Keberhasilan suatu event berskala internasional akan mendorong terselenggaranya event serupa lainnya #DiIndonesiaAja.

“Diharapkan AVPN dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan begitu, masyarakat dunia akan semakin mempercayakan Indonesia dalam penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE),” tutur Sandiaga.

Fasilitas MICE

Sebagai daerah yang sering digunakan untuk MICE, Bali memiliki Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) yang mempunyai kapasitas untuk menampung ribuan orang. Tidak hanya itu, hotel-hotel di Bali juga kerap menjadi lokasi perhelatan MICE. Contohnya lokasi Konferensi AVPN 2022 berlangsung di Sofitel Bali Nusa Dua Resort. Maret lalu, Sofitel Bali Nusa Dua Resort juga berkesempatan menjadi tuan rumah 144th Inter-Parliamentary Union Inaugural.

Terkait kawasan Nusa Dua di Bali, tentunya ini menjadi hal yang menarik. Berbagai event internasional pernah dan akan digelar di Nusa Dua. Ini karena selain akomodasi dan fasilitas MICE yang relatif lengkap, kawasan Nusa Dua juga mudah diakses dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Pesona Nusa Dua

 

Melepas penat dari rutinitas dengan mencoba parasailing di Bali (Foto : Wonderfulimage/Azhari Setiawan)

Di sisi lain, Nusa Dua juga menyimpan berbagai pesona wisata. Pantai yang cukup terkenal di Nusa Dua adalah Pantai Nusa Dua. Ya, nama pantai ini memang sama dengan nama kawasan di Bali. Pantai Nusa Dua terkenal akan air lautnya yang cukup dangkal, jernih, dan ombaknya yang tenang.

Selain Pantai Nusa Dua, masih ada Pantai Mengiat. Pantai ini begitu cantik dengan hamparan pasir putihnya dan air laut yang mengalun, cocok untuk wisata keluarga. Ada juga Pantai Geger yang tidak hanya menawan, tetapi juga menjadi lokasi budidaya rumput laut.

Tidak lengkap mengunjungi Nusa Dua tanpa mencoba fasilitas water sport. Berdekatan dengan kawasan Nusa Dua, kunjungilah Pantai Tanjung Benoa. Di sini, Anda bisa mencoba beragam water sports seperti parasailing, banana boat, dan flyboard yang cukup menantang. Tidak perlu khawatir akan keselamatan water sport.

Sebelum mencobanya, instruktur akan memberikan arahan pada Anda dan memastikan perlengkapan keamanan terpasang lengkap. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa daya tarik wisata yang Anda pilih telah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability) yaitu sertifikat kepada usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan produk pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Selain itu selama berlibur, utamakan selalu protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan serta menjaga jarak agar Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan.

Taman Budaya GWK

 

Tarian khas Bali yaitu Joged Bumbung yang dipertunjukkan kepada wisatawan saat berkunjung ke GWK Culture Park/  (Foto : Instagram @gwkbali)

Beranjak dari Tanjung Benoa, cobalah sejenak singgah di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK). GWK ini sedianya akan menjadi salah satu titik pertemuan perwakilan sejumlah negara dalam KTT G20 nanti.

Dalam Taman Budaya GWK berdiri teguh patung Dewa Wisnu yang sedang menunggangi burung garuda. Patung setinggi 121 meter dengan lebar 46 meter karya seniman kondang I Nyoman Nuarta ini disebut sebagai salah satu patung tembaga terbesar di dunia.

GWK berlokasi di area taman seluas sekitar 240 hektare. Lokasi ini sangat luas untuk mewadahi puluhan pertunjukan seni, baik seni tari khas Bali ataupun pertunjukan musik berskala nasional dan internasional, sekaligus tempat rekreasi.

Di dalam area GWK ini juga terdapat Amphitheater, yang menjadi lokasi pertunjukan tarian khas Bali yang digelar rutin. Jadi, Anda pun bisa menikmati keindahan budaya Bali tanpa harus bingung mencari lokasi untuk menikmati keindahan seni tradisi Bali.

 

 Bangga buatan lokal dengan #BeliKreatifLokal (Foto : Indonesia.travel/Wisnu Wibowo)

Dengan menikmati beragam pertunjukan kesenian khas Bali seperti tari janger atau tari kecak, berarti Anda juga turut mendukung profesi para pekerja seni di Bali. Kebudayaan dan kearifan lokal Bali sangat diapresiasi turis mancanegara. Dalam masa pasca pandemi seperti sekarang, inilah saatnya kita memberikan dukungan dan apresiasi bagi para seniman lokal yang telah membangun dan melestarikan budaya bangsa dengan #BeliKreatifLokal.

Jangan lupa jika Anda berkunjung ke suatu daerah, sempatkan untuk membeli buah tangan khas daerah tersebut untuk keluarga maupun rekan kerja Anda. Dengan begitu Anda pun telah banyak membantu perekonomian nasional yang terdampak pandemi, terutama pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Jadi, inilah alasan yang membuat Bali begitu menarik dijadikan lokasi perhelatan MICE. Sebagai salah satu pusat destinasi wisata di Indonesia, Bali mampu menjadi pelopor pengembangan sektor wisata dan ekonomi kreatif di daerah lainnya. Jadi, mari kita dukung destinasi wisata Indonesia lainnya menjadi lebih maju dan tidak kalah berkembang dengan Bali sehingga juga layak menjadi lokasi tujuan MICE lain #DiIndonesiaAja.

Untuk mengikuti perkembangan wisata dan ekonomi kreatif yang hits #DiIndonesiaAja, senantiasa pantau dan follow akun Instagram @pesona.indonesia. Banyak referensi dan inspirasi menarik untuk liburan Anda dan keluarga, ikuti juga Pesona Punya Kuis (PUKIS) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendapatkan hadiah merchandise menarik dan hadiah uang jutaan rupiah setiap dua minggu. Dukung terus kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia dengan liburan #DiIndonesiaAja.

(CM)

(Wid)





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.