Mengenal Gejala Dekubitus, Kondisi yang Sempat Dialami Rima Melati Sebelum Meninggal Dunia : e-Kompas.ID Lifestyle

oleh -20 Dilihat


KABAR duka datang dari aktris senior Rima Melati. Istri mendiang Frans Tumbuan itu meninggal dunia pada hari ini, Kamis (23/6/2022).

Informasi ini dibagikan dari unggahan Insta Story sang menantu, Marissa Tumbuan. Ia mengabarkan sang ibu mertua mengembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto.

“Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu RIMA MELATI, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat,” tulis Marissa.

Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, aktris senior legendaris tersebut diketahui sempat mengalami dekubitus. Dekubitus adalah luka akibat tekanan (ulkus dekubitus), merupakan luka pada kulit dan jaringan di bawahnya yang biasanya terjadi pada tonjolan tulang.

Kondisi ini muncul akibat adanya gaya gesek, peregangan kulit dan tekanan konstan dalam waktu lama ke area tubuh tertentu. Penurunan aliran darah ke area ini menyebabkan kerusakan jaringan dan kematian. Situasi seperti ini, disebutkan umum dialami oleh orang tua.

Lalu apa saja gejala dari ulkus dekubitus? Diketahui, setiap stadium dekubitus memiliki gejala yang berbeda-beda, tergantung pada stadiumnya.

Namun biasanya, seperti dikutip Healthline yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Stella Bard, MD, Kamis (23/6/2022), orang dengan dekubitus mengalami gejala seperti perubahan warna kulit, rasa sakit, gatal, atau terbakar di daerah yang terkena, kulit jadi terbuka, kulit yang lebih lembut atau lebih kencang dari kulit di sekitarnya, nekrosis (jaringan mati yang tampak berwarna hitam).

Bahkan lukanya juga bisa sampai bisa infeksi, infeksinya meliputi kemerahan atau perubahan warna di sekitar luka, bernanah atau ada cairan berwarna hijau, bau busuk, sampai demam.

BACA JUGA:Sebelum Meninggal Artis Rima Melati Kena Dekubitus, Penyakit Apa?

 BACA JUGA:Rima Melati Meninggal karena Dekubitus, Kenali Faktor Risiko dan Penyebabnya



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.