Anda Pilih Belanja di IKEA atau IKIAE?

oleh -1 views


MATRANEWS.id  — IKEA merupakan jaringan toko gaya Skandinavia yang menjual perabot siap rakit serta peralatan rumah di bangunan mirip gudang.

Perusahaan perlengkapan rumah terlengkap asal Swedia ini, IKEA begitu tenar di seluruh dunia. Saat masuk ke Indonesia IKEA juga disambut antusias.

Selain memiliki produk-produk perabotan rumah hingga furniture yang berkualitas tinggi, IKEA juga memberikan pengalaman belanja yang menarik bagi pelanggannya.

Ingvar Kamprad sukses mendirikan IKEA. Bahkan, dia membawa ritel furnitur terbesar di dunia menuju masa kejayaannya.

Kamprad mengambil keputusan yang tidak populer dengan memindahkan kantor Ikea dari Swedia ke Kopenhagen, Denmark, pada 1973 untuk menghindari pajak yang tidak menguntungkan bagi perusahaannya berkembang di Swedia.

Bersama keluarganya, dia juga ikut pindah ke Swiss untuk memprotes meningkatnya pajak di Swedia. Selanjutnya, perusahaan berbasis di Belanda, dan Kamprad sendiri kembali ke Swedia.

Hingga saat ini IKEA telah memiliki 370 toko di 47 negara. Penjualan makanan di Ikea menyumbang hingga USD1,8 miliar pada tahun lalu. Setiap toko Ikea pasti memiliki bistro sebagai tempat penjualan makanan khas Swedia, seperti meatballs dan waffle.

Visi dan ide bisnis IKEA

Menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah yang fungsional dengan harga yang sangat rendah sehingga sebanyak mungkin orang akan mampu membelinya.

Bekerja keras untuk mencapai kualitas dengan harga terjangkau bagi pelanggan, dengan memaksimalkan seluruh rangkaian nilai, dengan membangun hubungan kerjasama pemasok dalam jangka panjang, investasi dalam produksi secara otomatis dan memproduksi dalam jumlah besar.

Visinya juga melampaui perabotan rumah. IKEA ingin menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi semua orang yang terkena dampak bisnis karena situasi.

Ada alasan khusus kenapa dia memberikan nama IKEA.

IKEA merupakan akronim dari nama depan dan belakangnya, ditambah dengan nama peternakan milik keluarganya (Elmtaryd) dan nama desanya, Agunnaryd.

Namun hingga saat ini masih ada perdebatan terkait pelafalan nama IKEA itu sendiri. Sampai-sampai ada meme yang muncul memplesetkan nama IKEA menjadi IKI AE yang dalam bahasa Jawa artinya ‘ini saja’.

Barusan beredar juga, toko perlengkapan rumah tangga, alat tulis dan aksesoris dengan nama IKIAE. Fotonya beredar di whatsapps group, komunitas fotografer senior, grup Food and Stage Fotografer.

Beberapa waktu lalu juga ada meme itu menampilkan dua foto, foto pertama gedung IKEA yang sebenarnya, foto kedua IKI AE yang menampilkan pedagang perabotan rumah yang menggunakan mobil bak. Ada-ada saja.

Apakah Anda tahu lokasi IKIAE ini? Pesaing IKEA?

 

BACA JUGA, MAJALAH EKSEKUTIF edisi Januari 2022

 

 



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.