Menlu: Keselamatan masyarakat Myanmar jadi perhatian Indonesia

oleh -2 views


Five-Point Consensus akan menjadi pegangan bagi ASEAN

Jakarta (ANTARA) –
Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengatakan bahwa keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Myanmar selalu menjadi perhatian Indonesia, di tengah krisis politik yang telah berlangsung selama hampir satu tahun.

“Dari sejak awal, Indonesia terus menunjukkan komitmen untuk berkontribusi,” ujarnya dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2022 yang dipantau dari Jakarta, Kamis.

Dia pun menjelaskan bahwa dalam konteks tersebut, Indonesia telah memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Myanmar, salah satunya dengan pesawat yang membawa bantuan pada September 2021 lalu, sebagai bagian dari bantuan kemanusiaan ASEAN.

Dia mengatakan bahwa jika situasi krisis politik yang terjadi saat ini terus berlanjut, maka stabilitas dan keamanan akan terganggu tak hanya di Myanmar namun juga di Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan di kawasan secara lebih luas.

Baca juga: PBB minta Myanmar selidiki laporan pembunuhan warga sipil

Baca juga: PBB sebut pelanggaran HAM berat di Myanmar makin mengkhawatirkan

Atas usul Presiden Indonesia, lanjut Menlu, para pemimpin ASEAN telah melakukan pertemuan yang diselenggarakan di Jakarta pada April 2021 dan menghasilkan Konsensus Lima Poin atau Five-Point Consensus

“Sebagaimana saya sebutkan Five-Point Consensus akan menjadi pegangan bagi ASEAN dalam membantu menyelesaikan krisis politik di Myanmar,” jelas Menlu.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa selama belum ada kemajuan dalam pelaksanaan Five-Point Consensus tersebut, akan sulit bagi ASEAN untuk mengundang perwakilan tingkat politik dari Myanmar untuk turut mengikuti pertemuan ASEAN.

“ASEAN harus memegang teguh komitmen bersama tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa untuk tahun 2022, Indonesia akan terus berusaha memperkuat sentralitas dan soliditas ASEAN.

“ASEAN harus terus berfungsi sebagai jangkar stabilitas, perdamaian, dan kesejahteraan kawasan Indo-Pasifik,” ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa ASEAN harus tetap relevan dan dapat merespon dengan tepat berbagai tantangan baru di kawasan dan dunia, dan bahwa manfaat ASEAN harus dirasakan oleh semua rakyatnya.

Baca juga: 30 warga Myanmar di daerah konflik tewas terbakar

Baca juga: Menlu Brunei pastikan implementasi konsensus ASEAN untuk Myanmar

Baca juga: ASEAN minta Myanmar tulus laksanakan Konsensus Lima Poin

 

 

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

The post Menlu: Keselamatan masyarakat Myanmar jadi perhatian Indonesia appeared first on Media Internasional.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.