Kamera seukuran sebutir garam menangkap gambar yang jernih dan penuh warna

oleh -2 views


Efektivitas kamera berukuran mikro dalam menangkap gambar yang digunakan dalam diagnosa medis dan sensor robotik terhalang oleh teknologi yang menghasilkan gambar terdistorsi dengan bidang pandang terbatas.

Sekarang, para peneliti di Universitas Princeton dan Universitas Washington, yang sebagian didanai oleh US National Science Foundation, telah mengembangkan kamera seukuran sebutir garam kasar — ​​lebarnya hanya setengah milimeter — yang menangkap gambar penuh warna yang jelas.

Teknologi nano-optik saraf menghasilkan gambar yang jernih dan penuh warna. Kredit gambar: Universitas Princeton

Sistem nano-optik saraf dapat digunakan untuk prosedur pencitraan medis invasif minimal; untuk meningkatkan pencitraan untuk robot dengan batasan ukuran dan berat; dan untuk mengubah permukaan menjadi kamera resolusi tinggi. Para peneliti mempublikasikan hasilnya di Komunikasi Alam.

Sistem saraf nano-optik memiliki lebih dari satu juta tiang silinder yang berfungsi sebagai antena optik. Teknologi ini mengintegrasikan desain permukaan optik dan algoritma pemrosesan sinyal untuk menghasilkan gambar dan dapat diproduksi pada skala yang sama dengan microchip. Teknologi sebelumnya membutuhkan laboratorium atau kondisi ideal untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

“Kami dapat mengubah permukaan individu menjadi kamera yang memiliki resolusi sangat tinggi, sehingga Anda tidak memerlukan tiga kamera di bagian belakang ponsel Anda lagi, tetapi seluruh bagian belakang ponsel Anda akan menjadi satu kamera raksasa,” kata penulis senior studi Felix. Heide dari Princeton.

Para peneliti menambahkan lebih banyak kemampuan komputasi ke kamera, meningkatkan kualitas gambar dan menambahkan kemampuan untuk deteksi objek dan fungsi penginderaan lain yang relevan dengan kedokteran dan robotika.

Andrew Wells, direktur program di Direktorat Teknik NSF, menambahkan, “Penelitian mendasar dalam penggunaan metode kecerdasan buatan untuk membuat dan menyelesaikan gambar dari optik nontradisional telah memungkinkan para peneliti ini untuk membangun sensor gambar dengan resolusi yang sebanding dengan kamera yang jauh lebih besar. NSF mendorong studi multidisiplin seperti itu pada konvergensi ilmu komputer, elektronik, dan manufaktur.”

Sumber: NSF

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);
fbq(‘init’, ‘1254095111342376’);
fbq(‘track’, ‘PageView’);

Source link

The post Kamera seukuran sebutir garam menangkap gambar yang jernih dan penuh warna appeared first on Media Internasional.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.