Gas beracun hasil pembuangan limbah tewaskan enam orang di India

oleh -3 views


Ahmedabad, India (ANTARA) – Enam pekerja di sebuah pabrik pewarnaan dan percetakan di India tewas dan lebih dari 20 orang dibawa ke rumah sakit pada Kamis setelah menghirup gas beracun yang disebabkan oleh pembuangan limbah bahan kimia ilegal.

Peristiwa itu diungkapkan oleh para petugas daerah setempat.

Bencana gas beracun itu terjadi di kota industri Surat di Negara Bagian Gujarat sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Para pekerja berada di pabrik saat sejumlah bahan kimia dibuang di dekat lokasi itu, kata polisi dan seorang petugas pemadam kebakaran.

“Bahan kimia dibuang secara ilegal dari sebuah kapal tanker ke sungai dekat pabrik, yang mungkin bereaksi dengan bahan kimia lain di dalam air dan menciptakan gas beracun,” kata kepala departemen pemadam kebakaran Surat Municipal Corporation, Basant Pareek, kepada Reuters.

“Para pekerja menghirup gas dan mulai merasa sesak napas. Ketika kami sampai di tempat kejadian, para pekerja ditemukan pingsan di jalan dalam upaya mereka untuk menyelamatkan diri,” ujarnya.

Enam pekerja meninggal sementara 23 orang dirawat di rumah sakit. Tujuh di antara mereka yang dirawat berada dalam kondisi kritis dan dipasangi ventilator, kata Pareek.

Pejabat tinggi kepolisian India Sharad Singhal mengatakan para petugas sedang menyelidiki peristiwa itu tetapi belum melakukan penangkapan.

“Ini bukan kebocoran gas yang tidak disengaja. Bahan kimia berbahaya sedang dalam keadaan dibuang saat insiden itu terjadi,” katanya.

India sebelumnya pernah mengalami bencana industri terburuk di dunia pada 1984 ketika gas metil isosianat bocor dari pabrik pestisida milik American Union Carbide Corporation di Kota Bhopal. Peristiwa kebocoran gas itu menewaskan lebih dari 5.000 orang.

Sumber: Reuters

Baca juga: 200 murid India dibawa ke rumah sakit akibat kebocoran gas

​​​​​​​

Baca juga: Tujuh tewas dalam tragedi gas pabrik baja di India

 

Tumpahan minyak terlihat di Pantai Juhu, Mumbai



Penerjemah: Yuni Arisandy
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

The post Gas beracun hasil pembuangan limbah tewaskan enam orang di India appeared first on Media Internasional.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.