Betty White Meninggal di Usia 99. Begini Cara Gadis Emas Mengubahnya Dari Bintang Menjadi Legenda

oleh -1 views


betty putih telah menjadi nama rumah tangga sejak 1950-an, tetapi itu adalah karyanya Itu Gadis Emas yang mengukuhkan statusnya sebagai ikon jauh sebelum dia meninggal pada 31 Desember di 99.

“Saya pikir dia akan hidup selamanya,” kata agen White, Jeff Witjas Rakyat dalam sebuah pernyataan. “Saya akan sangat merindukannya dan begitu juga dunia binatang yang sangat dia cintai.

Ketika pertunjukan itu ditayangkan perdana pada tahun 1985, White secara alami sebagai Rose Nylund yang polos dan baik hati — yang menganggap dirinya wanita liar karena dia berani makan adonan kue mentah. Putih dengan cerdik mengilhami Rose dengan kenaifan yang mudah tertipu, membiarkannya berfungsi sebagai foil untuk duri Dorothy dan pucatmata berputar. Apakah menceritakan kisah St. Olaf lagi atau melakukan salah satu dari banyak perbuatan tanpa pamrihnya, Rose hanya “bukan orang yang meledak-ledak. [her] vertubenflugen sendiri.” Dan justru perpaduan antara kerendahan hati, rasa manis, dan kesetiaan itulah yang membuatnya disayangi pemirsa selama beberapa dekade.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Lagi pula, seperti yang diakui Rose, bukan salahnya sepupu-sepupunya menikah selama beberapa generasi.

Lulusan Sekolah Menengah Beverly Hills, White sama cerdasnya dalam kehidupan nyata seperti Rose yang tampaknya bodoh, dan dia menikmati karir selama beberapa dekade di Hollywood yang terus berkembang ketika begitu banyak rekan-rekannya menemukan peluang hilang ketika mereka mencapai umur tertentu.

putih dimulai karir televisinya saat masih remaja—menari “the Merry Widow Waltz” di acara TV eksperimental pada tahun 1939, ketika medium masih dalam masa pertumbuhan—dan tidak pernah benar-benar berhenti. Sebenarnya, dia masuk Guinness World Record buku pada tahun 2014 sebagai pemegang “karir TV terlama untuk seorang entertainer (perempuan).”

Koleksi Courtesy EverettBetty White, di Parade Turnamen Mawar pada 1 Januari 1970.

Sebagai seorang aktris muda yang penuh dengan ambisi dan kegigihan, dia mendapatkan tempat di iklan margarin Parkay setelah dilaporkan berkeliaran di kantor produser Fran Van Hartesveldt sampai dia menyerah dan menawarinya pekerjaan. Dia kemudian menghabiskan enam hari seminggu di variety show Al Jarvis Hollywood di Televisi. Itu membuatnya memproduksi sitkomnya sendiri, yang juga dibintanginya, berjudul Hidup Bersama Elizabeth. Itu adalah prestasi yang jarang terjadi seperti sekarang, dan dia diperoleh nominasi Emmy pertamanya untuk karya tersebut—hanya dua tahun setelah acara penghargaan itu muncul.

Kemudian, dia memiliki dua versi — satu sitkom, satu lagi talk show — dari Pertunjukan Betty Putih, membintangi Pertunjukan Mary Tyler Moore memainkan Happy Homemaker Sue Ann Nivens yang gila, dan menjadi pemain utama di acara game seperti Kata sandi dan Permainan Pertandingan. Dia juga memiliki kesempatan untuk bekerja dengan masa depannya Gadis Emas kohort di tahun-tahun sebelum debut acara ikonik, mendapatkan beberapa tempat tamu di maude dengan Bea Arthur, dan dibintangi bersama Rue McClanahan di Keluarga Mama. White mengatakan salah satu acara favorit yang pernah dia kerjakan adalah Itu Set Hewan Peliharaan, yang dia tulis, produksi, dan bintangi. Dia kabarnya bisa menampilkan makhluk apa pun yang dia inginkan di acara itu, bonus besar untuk pecinta hewan seumur hidup dan advokat kesejahteraan hewan.

Betty White, tengah, di Pertunjukan Mary Tyler Moore pada tahun 1973.
CBS/Getty ImagesBetty White, tengah, di Pertunjukan Mary Tyler Moore pada tahun 1973.

Seorang pelopor komedi, White akan dikenang sebagai aktris yang meninggalkan dampak yang tak terhapuskan di bidangnya bahkan tanpa Itu Gadis Emas, tetapi sitkom tercinta mendapatkan generasi penggemar barunya yang terus memuja White-as-Rose lama setelah pertunjukan itu ditayangkan pada tahun 1992.

Ide untuk sitkom muncul hampir secara tidak sengaja. Produser eksekutif Paul Junger Witt dan Tony Thomas memberikan pertunjukan yang berbeda kepada para eksekutif di NBC, yang menjawab bahwa mereka tertarik pada pertunjukan tentang wanita pada usia tertentu. (Menurut pembuat acara, bahwa “usia tertentu” adalah “melayang sekitar akhir 50, awal 60-an.”) Sementara karakter Dorothy Zbornak ditulis dengan memikirkan Arthur, panggilan casting keluar untuk mencari tahu siapa yang akan memerankan teman sekamarnya: Belle Blanche Devereaux Selatan, Sisilia Sisilia yang lancang Sophia Petrillo, dan transplantasi Minnesota bermata lebar Rose Nylund.

Dari kiri, Estelle Getty sebagai Sophia Petrillo, Bea Arthur sebagai Dorothy Petrillo Zbornak, Rue McClanahan sebagai Blanche Devereaux dan Betty White sebagai Rose Nylund di The Golden Girls.
Arsip Foto ABC/Konten Hiburan Umum Disney/Getty ImagesDari kiri, Estelle Getty sebagai Sophia Petrillo, Bea Arthur sebagai Dorothy Petrillo Zbornak, Rue McClanahan sebagai Blanche Devereaux dan Betty White sebagai Rose Nylund di The Golden Girls.

Pada tahun 2010, Putih mengatakan kepada Associated Press bahwa semua orang tahu pertunjukan itu akan menjadi sesuatu yang istimewa ketika mereka pertama kali membaca pilotnya. “Anda mendapatkan banyak skrip yang dikirimkan kepada Anda dan tidak terlalu banyak yang bagus, tetapi ketika yang satu ini muncul, itu langsung menjadi sasaran,” katanya saat itu. Dia juga mencatat bahwa mereka awalnya mendekatinya “dengan ide saya melakukan Blanche.”

White masuk dan mengikuti audisi untuk berperan sebagai pemilik rumah yang menggoda, tetapi sutradara segera memiliki kecemerlangan. “Ketika Betty masuk, dia membaca bagian Blanche, tapi— [director] Jay Sandrich berkata, ‘Mengapa dia melakukan Blanche? Dia sudah memainkan karakter itu di Mary Tyler Moore. Mengapa dia tidak menjadi Rose?’” pencipta Susan Harris diberi tahu Burung bangkai pada tahun 2017.

White memainkan Rose gila dengan cemerlang, dan memenangkannya Primetime Emmy ketiga di musim pertamanya memerankan penduduk asli St. Olaf. Gadis Emas ditayangkan di NBC selama tujuh tahun dimulai pada tahun 1985, dan White dinominasikan untuk Aktris Luar Biasa untuk setiap tahun pertunjukan tersebut. Ketika pertunjukan berakhir, White terus memainkan Rose di seri spin-off Istana Emas, yang hanya bertahan satu musim.

White berusia awal 70-an ketika dia mengucapkan selamat tinggal kepada Rose untuk selamanya – tetapi karirnya masih jauh dari selesai.

Dia bergabung dengan pemeran Bob berlawanan dengan Bob Newhart pada tahun 1993. Dia kemudian mengubah apa yang seharusnya menjadi tempat tamu Panas di Cleveland menjadi pertunjukan penuh waktu ketika dia berusia 88 tahun. Dia juga mendapatkan tempat tamu di Pertunjukan tahun 70-an itu, Hukum Boston, dan tulang, dan mendapat giliran yang tak terlupakan sebagai “Gammy” di rom-com 2009 Proposal.

Kapan Gadis Emas pergi ke sindikasi, dan kemudian menjadi tersedia untuk streaming, kecemerlangan komedi bersahaja White diperkenalkan ke generasi baru-dan mereka mencintainya. “Dia hanyalah salah satu orang paling spektakuler di planet ini,” Junger Witt diberi tahu Burung bangkai pada tahun 2017.

Hanya sedikit yang tidak setuju.

Dengan mengedipkan mata, White menggunakan personanya sebagai Rose yang mudah ditipu di tahun-tahun berikutnya untuk mengejutkan penonton dengan humor mesum yang tak terduga. Seperti saat dia memanggang William Shatner untuk acara Comedy Central spesial dan mengejutkan penonton dengan pidatonya yang tiba-tiba cabul. Atau ketika dia sangat didukung itu Kolam kematian film, apakah minuman vodka dengan David Letterman, atau membayar upeti kepada legenda hip hop Queen Latifah di VH1’s Penghargaan Hip Hop: All Hail the Queens.

Dia sangat dicintai sehingga beberapa penggemar yang gigih meluncurkan kampanye Facebook untuk meyakinkan Live Sabtu Malam untuk membuat White menjadi tuan rumah sebuah episode. Kampanye tersebut mendapatkan daya tarik yang cukup secara online sehingga akhirnya menarik perhatian SNL pencipta Lorne Michaels, yang mengundang White, saat itu berusia 88 tahun, untuk pembawa acara pada Mei 2010.

Meskipun menghabiskan beberapa dekade di depan kamera TV, White diklaim dia harus melawan demam panggung saat menjadi pembawa acara pertunjukan ikonik. Meski begitu, White memenangkan Primetime Emmy kelimanya untuk pertunjukan tersebut, dan membantu SNL mendapatkan beberapa peringkat tertinggi musim ini.

White mendapat kehormatan untuk kariernya yang luar biasa selama Penghargaan Emmy ke-70 pada September 2018, di mana dia bercanda tentang berapa lama dia bekerja di Hollywood. “Seseorang mengatakan sesuatu tempo hari [about how I’m] ibu negara televisi, dan saya menganggapnya sebagai pujian besar,” kata White. “Kemudian saya mendengar dia berkata kepada putrinya,Ya, pertama nona-dia setua itu! Dia adalah jalan pertama, jalan kembali.’”

Tapi White menunjukkan rasa terima kasih dan kekagumannya pada karirnya yang panjang saat menerima Guinness World Record-nya. “Saya tidak menyesal sama sekali,” katanya pada 2013. “Saya menganggap diri saya sebagai yang paling beruntung dengan dua kaki.”

Betty White di The Golden Girls, sekitar tahun 1988.
Arsip Foto ABC/Konten Hiburan Umum Disney/Getty ImagesBetty White di The Golden Girls, sekitar tahun 1988.

Sumber Berita

Source link

The post Betty White Meninggal di Usia 99. Begini Cara Gadis Emas Mengubahnya Dari Bintang Menjadi Legenda appeared first on Media Internasional.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.