Menghancurkan The Wheel Of Time’s Season Finale – Media Internasional

oleh -5 views


Peringatan: Spoiler di depan untuk seri Amazon Prime Video, Roda Waktu

Karena tahun yang paling buruk ini datang ke semakin jelek dekat, salah satu poin tinggi yang langka di sini kali Omikron sedang menonton final ke musim pertama Roda Waktu. Sebagai penggemar lama seri buku, saya sangat gembira: melihat Roda Waktu menyadari layar adalah sesuatu yang banyak dari kita telah menunggu selama beberapa dekade literal dan berpikir tidak akan pernah benar-benar terjadi. Saya kagum dan senang hal ini bahkan ada.
[time-brightcove not-tgx=”true”]

Dan itu indah, untuk sebagian besar! Pemeran dan desain set sangat cantik (walaupun saya harus mengakui Menara Putih sedikit terlihat jongkok untuk selera saya. Jika tidak, indah), dan efeknya sekitar seribu kali lebih baik daripada saya yang tumbuh dewasa. 80-an-dan-90-an diri bisa berharap untuk. Secara umum, ada banyak hal yang disukai Roda Waktu adaptasi —terutama pengakuan tegas bahwa tidak semua orang di dunia, bahkan dunia fantasi, berkulit putih, laki-laki dan/atau lurus.

Tapi ada juga banyak yang tidak dicintai. Seperti banyak produksi TV dan film, Roda Waktu ditunda oleh pandemi COVID-19, yang membuat sulit untuk menentukan kekurangan acara mana yang berasal dari itu, atau dari dalam pertunjukan itu sendiri. Either way, tidak mungkin untuk membahas masalah seri ‘tanpa mengakui gajah di dalam ruangan: kepergian Barney Harris, yang memerankan Mat Cauthon, dan bagaimana hal itu mungkin memengaruhi keputusan cerita selanjutnya.

Jan Thijs—Video Prime AmazonSebuah diam dari Roda Waktu

Inilah yang berhasil di Roda Waktu, apa yang tidak cukup mendarat dan apa yang mungkin kita harapkan di musim 2.

Roda Waktumasalah Mat Cauthon

Barney Harris hadir untuk memotret fotografi utama dari enam episode pertama musim ini. Tetapi ketika COVID-19 melanda, produksi ditutup pada Maret 2020. Acara ini secara singkat melanjutkan syuting untuk dua episode terakhir musim ini pada akhir 2020, sebelum ditutup lagi. Akhirnya menyelesaikan produksi pada Mei 2021. Dari cara episode 6 “The Flame of Tar Valon” berakhir, dengan sisa karakter melanjutkan ke Ways sementara Mat tetap di belakang, dan ketidakhadirannya sama sekali dari episode 7 dan 8 (kecuali satu bidikan yang sangat singkat yang sepertinya bisa digabungkan dari rekaman sebelumnya), tampak jelas bahwa Harris tidak kembali ke produksi setelah penutupan pertama.

Para pemain dan kru secara mengesankan bungkam tentang alasan kepergian Harris, dan tentu saja, sebagai hasilnya, spekulasi telah merajalela di antara penggemar WOT baik yang baru maupun yang lama tentang mengapa tepatnya dia pergi. Secara pribadi, saya merasa seperti apa pun yang dijaga ketat harus jatuh dengan kuat dalam ranah Bukan Urusan Kami, jadi saya akan menahan diri dari spekulasi di pihak saya sendiri. Apa yang akan saya perhatikan adalah bahwa tiba-tiba tidak adanya karakter sentral seperti itu untuk final klimaks episode musim pertama pasti merupakan pukulan tubuh virtual bagi penulis, dalam hal membuat cerita bekerja.

Akibatnya, hampir tidak mungkin untuk mengatakan penyimpangan mana dari bahan sumber buku-buku dalam dua episode terakhir yang disengaja, dan yang didorong oleh kurangnya Mat. Oleh karena itu saya ragu untuk mengkritik bahkan yang saya rasa berpotensi menjadi bencana besar dalam efek riak mereka pada alur cerita selanjutnya, karena mungkin acara tersebut tidak memiliki pilihan dalam masalah ini. (Belum lagi merinci semua cara pertunjukan sejauh ini mengubah materi kanon akan menjadi keseluruhan esai itu sendiri.)

Dengar, kamu tidak bisa menjanjikan pertempuran klimaks yang besar … dan kemudian tidak memberiku satu

Ya, sedikit dengan Nynaeve dan Egwene dan tiga penyalur lainnya pada dasarnya meledakkan seluruh pasukan Trolloc sangat mengesankan — tetapi itu juga mengecewakan. Saya pikir saya akan melihat pertarungan. Saya tidak menuntut sesuatu atas perintah Battle of Helm’s Deep dari Dua Menara, tentu (yang mungkin masih berdiri sebagai salah satu adegan pertempuran paling mengesankan yang pernah difilmkan), tetapi sesuatu yang kecil lebih dari Fal Darans menembakkan beberapa anak panah dari dinding akan menyenangkan. Rasanya seperti saya mendapat peningkatan besar dan kemudian hampir tidak ada hasil, yang mengecewakan, untuk sedikitnya.

Video Perdana AmazonSebuah diam dari Roda Waktu

Jangan melakukan adegan kematian jika Anda tidak bisa menindaklanjutinya

Saya juga berpikir bahwa adegan “kematian” Nynaeve adalah antiklimaks, terutama karena tidak mungkin karakternya terbunuh begitu saja (lebih banyak bukti bahwa ini jelas bukan Game of Thrones), jadi tidak ada ketegangan yang nyata di sana, dan juga karena tidak masuk akal bagaimana dia kembali. Bahkan tidak jelas apakah Egwene menyembuhkannya atau dia menyembuhkan dirinya sendiri, tetapi bagaimanapun itu membuat saya khawatir tentang bagaimana pertunjukan itu akan mengacaukan aturan materi sumber tentang bagaimana “membakar” atau “mendiamkan” (yang merupakan istilah dalam buku-buku untuk menghilangkan kemampuan wanita untuk menyalurkan; melakukan hal yang sama pada pria disebut karya “lembut”)—yang sangat penting bagi beberapa alur cerita utama di masa mendatang.

Ini juga relevan dengan apa yang terjadi pada Moiraine at the Eye, ketika yang diduga Dark One memutuskannya dari One Power. (Saya tidak berpikir bahwa “dugaan” bahkan dianggap sebagai spoiler buku, karena itu terlihat dari apa yang dikatakan Moiraine kepada Lan di akhir episode, dan fakta bahwa pertunjukan itu memiliki musim kedua, yang jelas dilakukan oleh Rand. tidak membunuh Si Kegelapan, tidak peduli apa yang dia pikirkan.) Tidak jelas apakah Dugaan Pria Kegelapan baru saja melindunginya dari Kekuatan (artinya dia akan baik-baik saja jika dia bisa menghancurkan perisainya), atau jika dia benar-benar telah menghentikannya— yaitu menghilangkan kemampuannya untuk menyalurkan sepenuhnya. Jika dia benar-benar menenangkannya, itu adalah penyimpangan besar dari buku-buku dan saya tidak tahu ke mana mereka akan pergi dengan itu.

Rand al’Thor mungkin menjadi masalah

Rand al’Thor sendiri, dan cara dia diturunkan musim ini, adalah sesuatu yang membingungkan. Di satu sisi, saya dapat menghargai apa yang coba dilakukan oleh acara tersebut, dalam menyesatkan penggemar untuk percaya bahwa Dragon Reborn adalah salah satu dari Dua Riversians lainnya – dan dari apa yang saya lihat dari reaksi online, itu adalah kesalahan langsung yang sangat efektif, begitu baik dilakukan di sana. Namun, efek samping yang mungkin tidak disengaja adalah bahwa Rand tampil sebagai karakter paling blandest dari kelompok itu, hingga pengungkapan yang agak berlebihan mengungkapkan bahwa dia adalah The One di episode 7, dan itu adalah kesan yang sulit untuk dipulihkan, bahkan ketika seorang penggemar buku yang tahu apa yang akan terjadi pada karakter tersebut. Kecepatan anehnya lambat dan kikuk dari konfrontasinya dengan Pria Berjanggut Tidak Dikenal yang mungkin atau mungkin bukan Si Gelap (tapi bukan) di Mata Dunia tidak membantu. Josha Stradowski, oleh karena itu, sementara perwujudan karakter yang sempurna secara fisik menurut saya, belum membuktikan bahwa dia dapat menangani beban pekerjaan akting di depannya. Mudah-mudahan dia akan datang dan bersinar begitu dia benar-benar memiliki sesuatu untuk dikerjakan.

wot-4
Jan Thijs—Video Prime AmazonJosha Stradowski dalam Roda Waktu

Flashback buruk itu buruk

Kritik besar saya yang lain, dan satu yang saya yakin akan dikeluhkan oleh banyak penggemar buku, adalah kilas balik ke Lews Therin Telamon. Saya tidak mengeluh bahwa kami kehilangan apa yang terjadi setelah percakapan Telamon dengan Latra Posae (karena kemungkinan besar kita akan melihatnya nanti), tetapi karena adegan itu sendiri kaku, banyak bicara (bicara dalam teks, tidak kurang!), dan begitu terang-terangan eksposisi itu agak memalukan. Saya setuju informasi itu perlu dikomunikasikan, tetapi tentu saja ada cara yang tidak terlalu canggung untuk melakukannya?

Bagian yang baik dari Roda Waktu

Ini bukan untuk mengatakan tidak ada beberapa hal baik tentang akhir musim. Penampilan Daniel Henney sebagai Lan sangat sempurna sepanjang musim, dan pidatonya kepada Nynaeve di akhir (yang merupakan kutipan langsung dari buku) membuat saya menangis. Dia jelas merupakan salah satu pilihan casting terbaik yang dibuat pertunjukan.

Yang lainnya adalah Rosamund Pike, yang terus tampil sebagai Moiraine, dan telah benar-benar membawakan seluruh pertunjukan sejauh ini. Sumpah-tebas-deklarasi-pengabdiannya kepada Siuan Sanche di episode 6 benar-benar mengharukan, dan salah satu penyimpangan dari buku yang saya cintai dengan tulus. Sudah selesai dilakukan dengan baik.

Dan saya telah mengatakan ini sebelumnya, tetapi perlu diulang: keseluruhan estetika pertunjukan ini fantastis. Ini adalah suguhan untuk mata, dan jika mereka dapat meningkatkan tulisan mereka agar sesuai, kita dapat memiliki sesuatu yang benar-benar menakjubkan.

wot-3
Jan Thijs—Video Prime AmazonRosamund Pike di Roda Waktu

Lalu, apa yang ada di depan untuk musim depan?

Sejujurnya? Saya tidak punya ide. Penyimpangan dari plot materi sumber mungkin tampak kecil pada pandangan pertama, tetapi seperti yang saya katakan, mereka akan memiliki efek riak yang akan menyebar lebih luas dari awal mereka, dan saya tidak tahu apakah pertunjukan hanya akan mengendarai ombak (sehingga untuk berbicara ), atau jika itu akan merebut kembali cerita dari kemungkinan konsekuensi yang tidak diinginkan dari perubahan yang mereka buat (sengaja atau karena situasi Mat) dan membawanya kembali sesuai dengan buku.

Buku kedua dalam seri ini disebut Perburuan Hebat, dan mengacu pada Perburuan Tanduk Valere, yang kami lihat dicuri oleh penjual Darkfriend Padan Fain di akhir episode 8. Itu adalah sesuatu yang benar-benar terjadi di buku juga (meskipun tidak sama sekali seperti yang terjadi di acara itu), jadi mungkin itu mengarah pada upaya untuk tetap berada di jalur yang kurang lebih sesuai dengan peristiwa di buku kedua. Kita akan melihat.

Dan kita sebaiknya lihat, karena bahkan dengan semua kritik saya terhadap musim pertama dan terutama akhir, saya masih senang itu ada, dan senang saya bisa menontonnya, dan berharap itu akan menjadi lebih baik setelah kita tidak harus berurusan dengannya. penutupan terkait pandemi dan aktor yang menghilang. Tidak ada awal atau akhir dari Roda Waktu, tetapi pandemi ini lebih baik diakhiri—meskipun “ada TV penting untuk dibuat!” jauh dari alasan paling kritis kita membutuhkannya untuk pergi, itu pasti sebuah alasan.

Sumber Berita





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.