,

Ini 6 Jenis Sajian Nasi Khas Indonesia

oleh -14 views

TIRAS.id — Nasi merupakan makanan pokok utama bagi warga Indonesia. Bahkan, banyak yang bilang “gak kenyang kalo gak makan  nasi”.

Di negeri ini, nasi kerap hadir pada menu sarapan, makan siang, hingga makan malam. Luar biasa bukan?

Olahannya pun semakin beragam dan tak lagi hanya sekedar nasi putih. Ya, ada banyak macam hidangan nasi.

Berikut 6 jenis sajian nasi khas Indonesia:

Nasi goreng

Kelezatan nasi goreng tidak hanya diakui di negeri ini saja tetapi juga terkenal di dunia. Bahkan pada tahun 2017, nasi goreng menjadi makanan paling enak di dunia urutan kedua menurut voting CNN.

Hanya saja nasi goreng lebih banyak dijual pada malam hari. So, ini sangat cocok apalagi lagi lapar di tengah malam.

Oya, meskipun nasi goreng bisa dijumpai dengan mudah, gak ada salahnya lho buat bikin sendiri di rumah, bisa lebih hemat budget kan.

Nasi uduk

Nasi ini merupakan nasi andalan anak kost dan pelajar. Bahkan, di beberapa sekolah juga sering dijumpai nasi uduk di kantin. Selain enak dan bikin kenyang, harganya juga relatif murah, yakni sekitar 5 – 7 ribu rupiah seporsi. Cocok banget di kantong pelajar.

Untuk lauk pauknya, biasa nasi uduk ditemani dengan telur, sambal, dan bihun.

Nasi kuning

Nasi ini identik dengan warna kuning, oleh karena itu disebutlah nasi kuning. Terbuat dari beras yang dicampurkan kunyit, santan, dan rempah-rempah. Dengan perpaduan santan dan bumbu membuat nasi kuning jadi lebih sedap disantap.

Nasi kuning juga sering dihidangkan dalam bentuk tumpeng, lalu dijadikan sajian pada upacara kuningan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, olahan beras ini juga sering dijadikan bahan pengganti kue saat acara ulang tahun dan peringatan hari kemerdekaan tanah air.

Beda dengan nasi goreng, nasi kuning biasanya lebih banyak dijumpai di pagi hari.

Nasi liwet

Ada dua versi hidangan nasi ini, yaitu nasi liwet Solo dan nasi liwet Sunda. Sebenarnya, keduanya sama saja tapi yang membedakan keduanya ada pada bumbu dan lauk.

Yang berasal dari solo memakai santan, sedangkan yang berasal dari sunda tidak menggunakannya.

Persamaannya? Keduanya sama-sama nikmat!

Nasi jinggo

Karena porsinya yang sedikit, nasi ini mirip dengan nasi kucing. Agar merasa kenyang, pembeli biasanya membeli beberapa bungkus, untuk harganya sendiri sekitar 2-3 ribu rupiah.

Dengan ukuran mini berasal dari Bali, masakan ini diberi lauk sambal jero, mie goreng, dan serundeng.

Nasi Gandul

Warga dari jawa tengah tentu sudah tidak asing lagi dengan julukan makanan ini. Ya, nasi gandul merupakan masakan khas Pati, Jawa Tengah. Konon, makanan ini terinspirasi dari cara penyajiannya yang unik.

Yaitu dengan cara melapisi piring dengan daun pisang, kemudian nasi diberi kuah. Alhasil, nasi dan kuah tersebut  mengambang atau menggantung.

Kata gantung dalam bahasa Jawa berarti gandul, inilah asal usul nama nasi gandul. Untuk pelengkapnya, nasi gandul kerap disantap bersama daging, tempe goreng, jeroan, dan perkedel.

Nikmat sekali!

Kabar baiknya, semua sajian nasi diatas bisa bikin sendiri di rumah dengan gampang. Coba gunakan juga rice cooker “jaman now” seperti rice cooker digital Sharp KS-TH18 (bisa baca review rice cooker digital Sharp KS-TH18 di sini. Tinggal masukan bahan dan set kapan nasinya mau matang, beres.

Mudah kan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.