Arti Nama Adam yang Sering Dipakai di Indonesia dan Eropa

oleh -3 views


Jika Anda mencari nama dengan makna sejarah manusia yang kuat, nama Adam tepat sekali diberikan kepada bayi laki-laki Anda. Sebagai manusia pertama yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa, tentu karakter Adam tidak sembarangan. Begini penjelasan arti nama Adam yang dilansir dari berbagai sumber.

Arti Nama Adam dalam Kepercayaan Umat Kristiani

arti nama adam Image: Unsplash

Menurut Kitab Kejadian dalam Perjanjian Lama pada Alkitab, Adam diciptakan dari bumi oleh Tuhan. Dia dan Hawa adalah pasangan manusia pertama yang hidup bahagia di Taman Eden sampai mereka memakan buah terlarang dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

Akibatnya, mereka diusir dari Eden ke negeri-negeri di sebelah timur, di mana mereka melahirkan generasi kedua, termasuk Kain, Habel dan Set.

Verywell Family menjelaskan, nama ini berasal dari bahasa Ibrani ‘Adamah’, yang berarti ‘bumi’ atau ‘son of the red earth’ (anak dari bumi merah). Bumi merupakan tempat di mana Adam terbentuk, dan ‘merah’ mengacu pada warna bumi atau tanah.

Arti Nama Adam yang Sering Dipakai di Indonesia dan Eropa Ilustrasi adam dan hawa.

Behind The Name juga menerangkan, nama Adam berasal dari kata Ibrani (אדם: ádam), yang artinya ‘manusia’ yang kemudian ditulis dalam permainan kata: ‘adam’ menjadi ‘adamah’ (אֲדָמָה) yang berarti ‘bumi’, ada juga yang menurunkannya menjadi ‘ádam’ yang berarti ‘menjadi merah’, mengacu pada warna kulit manusia yang kemerahan.

Meski termasuk nama yang konvensional, nama ini merupakan salah satu nama yang paling terkenal yang pernah ada di dunia. Sebagai nama Kristen Inggris, Adam telah umum diberikan kepada anak laki-laki sejak abad pertengahan.

Di Amerika Serikat sendiri, nama Adam menempati peringkat 100 nama teratas sejak tahun 1970, dan posisi teratasnya ada di posisi ke-18 pada tahun 1983. Apalagi di negara-negara muslim, nama Adam sering diberikan untuk bayi laki-laki. Menurut kepercayaan Islam, Adam merupakan nabi pertama yang ada di dunia.

Arti Nama Adam Menurut Kepercayaan Islam

Arti Nama Adam yang Sering Dipakai di Indonesia dan Eropa Image: Unsplash

Menurut laman Ide Nama Islami, nama Adam secara Islami berasal dari bahasa Arab dengan makna: (1) Bumi (2) Nama nabi pertama dalam jajaran 25 nama nabi umat Islam.

Karakter Adam digambarkan sebagai laki laki yang dihargai, penyabar, kuat dan juga tangguh. Menurut ajaran Islam, nama yang diberikan orangtua merupakan doa kepada anak untuk kehidupannya di masa mendatang. Seperti yang tercantum dalam hadits riwayat Imam Adam Daud dari Adam Dardak r.a.:

إنكم تُدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم

“Sesungguhnya kamu sekalian akan diseru/dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kamu dan nama-nama bapa kamu. Oleh demikian, elokkanlah nama-nama kamu.”

Karakteristik Bayi Laki-laki Bernama Adam

Arti Nama Adam yang Sering Dipakai di Indonesia dan Eropa Image: Unsplash

What is The Meaning of Name menganalis orang dengan nama Adam sebagai pribadi yang menyukai uang dan cukup cerdik dalam hal uang. Terkadang sangat sulit memisahkannya dari uang. Namun yang positif dari hal itu adalah pemilik nama Adam sangat murah hati, terutama pada orang-orang yang Anda kasihi.

Orang bernama Adam juga dikaruniai kepintaran, tahu bagaimana cara menyimpan rahasia, entah itu rahasia pribadi juga orang lain.

Secara detail, berikut ini ciri-ciri dan karakteristik Adam:

  • Keras kepala dan terkadang menolak menerima nasihat.
  • Cukup percaya diri secara lahiriah, meski kadang menderita karena kurang percaya diri dan memanfaatkan dukungan orang lain.
  • Terlalu jujur ​​dalam berekspresi, terutama jika ditantang oleh orang lain.
  • Suka menyenangkan orang lain dan memiliki sifat ramah yang membuat orang mudah tertarik
  • Ekspresif, diplomatis, dan santai.

Penyebutan Nama Adam di Berbagai Negara

Arti Nama Adam yang Sering Dipakai di Indonesia dan Eropa Image: Unsplash

Sebagai nama yang terkenal di berbagai negara, nama Adam memiliki banyak variasi penulisan dan juga penyebutan menyesuaikan dengan bahasa asli negaranya. Di antara berikut ini melansir dari Behind the Name.

  • Aatami: Finlandia
  • Akamu: Hawai
  • Ádám: Hungarian
  • Ádhamh: Irlandia
  • Adamo: Italia
  • Adomas: Lithuania
  • Adam: Prancis, Jerman, Polandia, Roma,
  • Adamsen: Denmark
  • Addy: Inggris (bahasa Medieval)
  • Adáo: Portugis
  • Adamsson: Swedia
  • Adán: Spanyol
  • Adem: Turki
  • Adamau: Afrika Barat
  • Adamiç: Kroasia
  • Adam, Adams, Adamson, Eads, Eads, Easom, Edison: Inggris

Lantas bolehkah anak perempuan diberikan nama Adam? Boleh, kok, Bunda. Anda bisa menggunakan versi feminin dari nama ini, yaitu Adamina.

Tokoh dengan Nama Adam

arti nama adam Image: Unsplash

1. Adam

Ttokoh manusia pertama dalam Alkitab Kitab Kejadian, Al-Qur’an, Kitab Mormon, dan juga Kitab Iqan.

2. Adam Sandler

Aktor film dan serial asal Amerika Serikat (AS).

3. Adam Levine

Penyanyi dan lead vokal grup band pop-rock Maroon 5.

4. Adam Brody

Aktor asal Amerika yang dikenal lewat perannya di serial televisi The O.C.

5. Adam Lambert

Penyanyi AS yang pertama kali dikenal melalui ajang pencarian bakat American Idol di tahun 2009.

Suka dengan arti nama Adam? Sebagai nama yang popular digunakan di banyak negara, nama ini cocok dirangkaikan bersama dengan nama-nama Muslim atau Kristiani, juga pas ditempatkan di posisi depan, tengah, atau belakang dari nama panjang si kecil.

Baca juga:

id.theasianparent.com/arti-nama-kanaya

id.theasianparent.com/nama-artis-malaysia

id.theasianparent.com/arti-nama-cinta

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.