Detik-detik Ibu di Malaysia Melahirkan dalam Mobil Dibantu Suami

oleh -1 views


Ibu hamil pasti akan didampingi oleh tenaga medis seperti bidan atau dokter kandungan ketika melahirkan. Namun, belum lama ini seorang ibu di Malaysia berhasil melahirkan dalam mobil hanya dengan bantuan sang suami. Momen persalinan di dalam mobil itu terekam dalam sebuah video yang kemudian tersebar luas di media sosial melalui TikTok. Lalu seperti apa kondisi ibu dan bayinya saat ini? Bagaimana peristiwa itu bisa terjadi? Berikut informasinya. 

Detik-detik Ibu di Malaysia Melahirkan dalam Mobil Dibantu Suami

Sumber: theAsianparent Malaysia

Proses persalinan memang tidak mudah dan penuh perjuangan. Oleh sebab itu, dibutuhkan tenaga medis seperti bidan atau dokter kandungan yang berpengalaman untuk menangani proses persalinan ibu hamil. Namun, apa jadinya jika ternyata bayi yang ada di dalam kandungan sudah lebih dulu keluar sebelum ibunya sampai di rumah bersalin?

Peristiwa tersebut nyatanya betul-betul kejadian di Malaysia belum lama ini. Dalam sebuah video di TikTok yang viral belakangan, seorang ibu hamil terlihat melahirkan di sebuah mobil ketika dalam perjalanan menuju rumah bersalin. 

Awalnya, ibu hamil tersebut mengalami kontraksi kemudian didampingi oleh sang suami, mereka pun berangkat menuju tempat bersalin dengan menggunakan sebuah mobil. Namun, siapa sangka, di tengah perjalanan, sang bayi sudah tidak sabar melihat dunia. 

Menyadari istrinya makin kesakitan, sang suami pun turun dari kemudi dan segera menuju ke jok belakang. Ternyata, kepala bayi sudah mulai terlihat. Ia kemudian cepat-cepat meminta bantuan tenaga medis meski hanya melalui sambungan telepon. 

Hanya berbekal instruksi dari tenaga medis melalui telepon, sang suami lantas menuntun istrinya melahirkan. Tidak butuh waktu lama, buah hati mereka pun segera terlahir ke dunia dalam kondisi sehat. Sang ayah pun langsung sigap memberikan bayinya kepada sang istri. 

Baca juga: Ibu Hendak Melahirkan di Tol Cipularang, Dilarikan ke IGD dengan Mobil Patroli

Melahirkan dalam Mobil, Bayi Ini Sempat Tidak Bersuara 20 Menit

Sumber: theAsianparent Malaysia

Meskipun persalinan di dalam mobil yang sangat singkat itu berjalan lancar, namun kedua orangtua baru itu sempat dilanda kecemasan. Bagaimana tidak, rupanya buah hati mereka sempat terdiam. Tak ada tangisan bayi baru lahir seperti normalnya persalinan. 

Beruntung, setelah 20 menit berlalu, barulah tangisan buah hati mereka terdengar kencang. Meski singkat, namun pengalaman itu cukup membuat ibunda sang bayi merasa sangat khawatir. Pasalnya, tak pernah sekalipun terpikir dirinya bisa melahirkan di dalam mobil hanya dibantu oleh sang suami.

Video yang tersebar secara luas di media sosial itu sontak membikin heboh warganet. Hingga saat ini video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 2,7 juta penonton. Di antara warganet yang takjub dengan peristiwa tersebut, ada juga warganet yang bertanya bagaimana bisa peristiwa segenting itu terekam kamera. 

Rupanya, pasangan suami istri itu pada awalnya sudah berniat memasang kamera di mobil untuk merekam detik-detik sebelum persalinan. Namun, yang mereka bayangkan adalah persalinan di rumah bersalin seperti pada umumnya. Namun, takdir berkata lain, sang istri ternyata justru melahirkan di dalam mobil dan momen bersejarah itu pun terekam oleh kamera mereka. 

Baca juga: Luar Biasa! Ibu ini Melahirkan Secepat Kilat di Dalam Mobil

Suami Wajib Persiapkan 5 Hal Ini Menjelang Hari Persalinan 

Sumber: Shutterstock

Walaupun Hari Perkiraan Lahir (HPL) sudah bisa diketahui dari jauh-jauh hari, namun tak ada yang bisa menebak secara pasti kapan tepatnya seorang ibu mengalami kontraksi. Itu sebabnya, sebagai suami siaga, Parents harus mempersiapkan hal-hal di bawah ini menjelang persalinan, yaitu:

1. Rute Menuju RS Terdekat

Anggaplah bahwa apapun bisa terjadi menjelang proses persalinan istri Anda termasuk untuk kemungkinan terburuk. Oleh sebab itu, untuk berjaga-jaga, pastikan Anda mengetahui rute tercepat menuju RS, klinik, atau rumah bersalin terdekat dan berapa lama waktu tempuh dari rumah Anda menuju lokasi.

2. Pastikan Bahan Bakar Terisi Penuh

Sebaiknya, siapkan satu buah mobil di rumah menjelang hari persalinan. Pastikan juga bahwa mobil tersebut dapat beroperasi dengan normal dan bahan bakarnya sudah terisi penuh. Hal ini untuk berjaga-jaga jadi ketika istri mulai merasakan kontraksi, mobil sudah siap melaju dan tidak perlu mampir ke pom bensin.

Baca juga: Pengalaman Melahirkan di Ambulans yang Tak Terlupakan

3. Minta Nasehat dari yang Berpengalaman

Sama seperti ibu, menjadi ayah pun pasti butuh persiapan yang matang. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda meminta nasehat kepada sahabat terdekat atau anggota keluarga yang sudah berpengalaman. Tanyakan apa saja yang perlu dipersiapkan menjelang persalinan. 

4. Siapkan Tas Khusus untuk Anda

Ingatlah bahwa selama proses persalinan nanti, istri Anda membutuhkan kehadiran Anda secara total. Anda mungkin tidak akan sempat meski hanya untuk ke kamar mandi atau mencari makan di kafe. Oleh sebab itu, siapkan juga satu tas yang sudah diisi makanan, sajadah bagi umat muslim untuk sholat, charger ponsel, dan perlengkapan lainnya yang sekiranya Anda butuhkan.

5. Beri Dukungan untuk Istri

Melahirkan adalah momen yang penuh dengan perjuangan. Anda tidak akan bisa merasakan sakit yang diderita oleh istri saat melahirkan. Oleh karenanya, yang bisa Anda lakukan adalah mendampinginya dan memberikan dukungan penuh kepada istri. Dengarkan keluhannya, penuhi kebutuhannya, dan jadilah suami siaga. 

Parents, demikian informasi mengenai peristiwa seorang ibu di Malaysia yang melahirkan dalam mobil. Sungguh pengalaman yang pasti tidak akan pernah terlupakan ya. Untung bayi dan ibunya sehat!

Baca juga:

id.theasianparent.com/melahirkan-bayi-di-mobil

id.theasianparent.com/melahirkan-di-mobil

id.theasianparent.com/video-melahirkan-di-mobil

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link