“Kebiasaan Keterusan”

oleh -4 views

POJOK News

“Hal-hal Kebiasaan Yang Menjengkelkan Di Jalan-jalan”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journalist-Researcher)

Tiba-tiba ‘kotslet’ dan ‘jetleg’, kejadian tak terduga pun terjadi di jalan; bahkan, tak kelihatan meski informasi ‘crowded’ komentar jelas terdengar berbaur suara-suara kendaraan bermotor.

Misalnya, mahasiswa pria bicara terisak kecopetan dompet dan ‘handphone’ di Pasar Rebo (Jakarta Timur), kecelakaan kecil antara Angkot dan Sepeda Motor di Puncak (Cisarua Bogor), dan tawuran kelompok antar kampung tengah malam di Kawasan Cibungbulang Bogor (Jawa Barat) beberapa hari silam.

Hari ini (Selasa, 24/8/2021), berjalan kaki dari Tebet ke Pancoran, terus ke Duren Tiga sampai Buncit (Jakarta Selatan) hal-hal ‘bad habits’ yang bisa dijumpai di mana-mana terus terulang, seperti berikut ini:

Jalan trotoar rusak, petugas kebersihan yang kerja telat sehingga langkah-langkah para pekerja kantoran tersandung dan berdebu serta bercampur asap polutan kendaraan bermotor ketika menuju Halte dan Naik Busway; suara bising knalpot (Di pinggiran Jakarta, Depok, Pondok Gede, Pasar Rebo, Depok, Leuwiliabg, Bogor, Ciawi, Cipanas, dll) disertai juga teriakan Supir Angkot menyeru penumpang sambil menanyakan ‘mau kemana….?; ‘Pasukan Ojol’ yang tiba-tiba melintas dan berhenti dan/atau suara nyaring Ojek Kampung menawarkan jasa angkutan; dll.

Ada lagi hal-hal ‘bad habits’ seperti antrian panjang di Halte Busway karena Busway yang melintas jarang muncul dan/atau yang muncul sudah kepenuhan penumpang; juga antrian pemeriksaan dokumen (Kartu Vaksin, dll); pengamen jalanan yang tiba-tiba muncul di Angkot; kemacetan di tiap simpang pertigaan dan perempatan lajur jalan; dll.

Kalau pun ditanya komentarnya, tentu, jawabannya bisa diperkirakan akan sama: “Biasa lah…. ” atau, justru berbalik ditanya: “Baru, ya…. ”

Akhirnya, mau tidak mau dan terpaksa atau tidak, ‘show must go on’ saja… terus melanjutkan pekerjaan dan/atau aktivitas, sambil berupaya keras mengendalikan diri supaya tidak ikut ‘kotslet’, ‘jetleg’, atau tiba-tiba tensi darah naik, atau mendadak hipertensi dan ‘out of control’.
*****

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.