“Berita Dalam Cerita”

oleh -5 views

POJOK News

“Berita Dalam Cerita; Cerita Yang Jadi Berita”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journalist-Researcher)

Jika harus selalu ada ‘hard news’ (gempa bumi, gunung meletus, tsunami, banjir bandang, kebakaran dahsyat, atau kecelakaan besar, dll), maka ‘space’ media massa akan banyak ‘kosong’. Untung masih ada ‘soft news’ (‘human interest’), yang juga unik dan menarik serta tak kalah penting diketahui karena ada manfaatnya juga.

Misalnya, sejak pagi sampai sore di hari Sabtu, menyimak cerita rencana kerja produksi H Rick ST Mulyono (Produser Film) yang akan menyiapkan program ‘Jelajah Alam Ghaib’ dan ‘Ziarah Makam Wali Allah’. Juga rencananya untuk bisnis ‘Seribu Gerobak Kembar (Makanan&Minuman) dan ‘Seribu Toilet Kembar’ yang bertujuan memberdayakan para pengangguran dampak Pendemi COVID-19; yang nantinya akan disebar di berbagai area atau lokasi di Jabodetabek.

Jumat malam, saat yang lain Ta’lim di Majelis Baiturrahman Pondok Kelapa Pimpinan suami-istri H Rick STM & Hj Nucke Rachma, SH, Babe Dolly (60 tahun) yang menurut pengakuannya dikenal sebagai Tokoh Masyarakat di kawasan Jatinegata, Utan Kayu, dan Rawamangun; cerita soal ketokohannya di masa Pandemi COVID-19 sambil melayani anak laki-lakinya yang masih kecil mau makan sosis.

Di hari Minggu (22/8/2021),
ada lagi cerita ‘Tausyiah’ Habib Alwi di Masjid An-Nur Empang Bogor setelah Shalat Shubuh, sebelum memimpin ritual ziarah di makam leluhurnya di belakang Masjid An-Nur (dihadiri sekitar seratus jamaah) soal perzinahan dengan tetangga yang jadi ‘dosa besar’.

Terus siang menjelang Dzuhur, cerita Pak Dody (teman SMP Pak Dedy, Kuncen Makam Mbah Khair di Bogor) mengenai pengalamannya saat bersama tim kerja membuka areal pertambangan di hutan belantara yang banyak binatang buas.

Lalu, cerita penuturan Kuncen Makam (Dedy) Mbah Khair Jawara dan Pendiri Padepokan Pencak Silat Cimande di Bogor; meneruskan kerja sebagai Kuncen setelah Kakeknya (H Mungkus) dan Bapaknya (H Achmad), yang telah berada di makam sejak usianya masih kecil.

Dan, cerita R Erwin Abdillah (Ahli Terapi Bekam berpengaman puluhan tahun) yang ternyata pernah jadi Penyiar Radio Swasta di Bogor sambil ‘tausyiah’ saat menjelang Magrib setelah mendengarkan cerita Martinus J (Pimpinan Redaksi Media Online Bogor) soal para pimpinan media yang ikut diperiksa BPK (Badan Pengawas Keuangan) sebagai saksi aliran ‘dana siapa pihak Meikarta di Cikarang.

Karena begitu banyak mendengar cerita, yang sebenarnya juga berita, Penulis sampai lupa detilnya. Yang teringat, seperti yang tertera di atas dan ‘pesan penting’ bahwa media massa (juga ‘Media Online’) begitu strategis dalam hal ‘penitipan penyampaian pesan tertentu’ secara informal — yang juga bisa ditelusuri dan dijadikan fakta pendukung jika diperlukan pihak terkait nantinya untuk ‘kepentingan tertentu’.
*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.