“Kampanye dan Pelaksanaan Vaksin Gratis Kian Gencar”

oleh -10 views

POJOK News

“Bertebaran Dimana-Mana: Vaksin Gratis Ramai Dikunjungi”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journalist-Researcher)

Spanduk himbauan dan ajakan ‘Ayo, Vaksin’ bertebaran dimana-mana. Dan, berhasil menggerakkan masyarakat untuk datang melakukan vaksin gratis. Tak hanya melalui Mobil Keliling Vaksin Gratis (Pemprov DKI Jakarta & POLDA Jakarta), Puskesmas, dan Sentra Gabungan Vaksin (Senayan, dll); namun, juga area terbuka di perkampungan (Tanah Abang, dll) , Mal (Ambasador, dll) Gedung Perkantoran (Pasar Baru, dll), Masjid (Dekat Terminal Kampung Melayu, dll).

Juga di Komunitas Khusus seperti di Surau Qutubul Amin di kawasan Pengasinan, Depok (Jawa Barat); kegiatan vaksin yang disponsori oleh KODIM 0508 Depok selesai dilaksanakan. Karena itu, setelah sekian waktu selama PPKM kegiatan di Surau (Masjid) diliburkan, kini menurut informasi dari Tim Teknis, kegiatan ‘wirid’ dan ‘suluk’ (selama sepuluh hari) kembali akan dibuka. Tentu saja, dengan jamaah peserta yang sudah divaksin dan juga melaksanakan standar ‘new norm protocol’ lainnya.

Sambil ikut menemani Tim Piket Jaga dari tengah malam sampai pagi, selain petugas tetap sekuriti yang ada, area komunitas jamaah Surau (Masjid) tampak aman dalam lingkungan yang bersih. beberapa Petugas pun ‘standby’ sampai pagi dengan ‘scanner’ suhu tubuh dan Westafel untuk Cuci Tangan Pakai Sabun Cair.

Pagi sampai sore, berkeliling menggunakan Angkot dan Busway dari Bojongsari Depok ke Lebak Bulus, lalu ke Harmoni dan ke Pinang Ranti masih tampak keramaian masyarakat di sentra vaksin Pasar Baru dan Salemba UI.

“Saya narik dari kemarin tengah malam, ” tutur Bang Al, supir Angkot berusia 43 tahun. “Penumpang kan nggak bisa ditebak, kadang ramai dan kadang sepi. Pokoknya, sampai target pendapatan harian cukup, baru saya pulang.”

Perjalanan dari Bojongsari Depok sampai Lebak Bulus melewati Pondok Cabe ramai lancar. Namun, seperti biasanya, “Pagi sama sore, macet, ” tambah Bang Al. Dan, malam kemarin, menggunakan Angkot dari Pondok Gede ke Pasar Rebo, terus ke Pengasinan Depok juga ramai lancar meski sudah hampir larut malam. Dan, beberapa Angkot yang tetap bergerak sampai pagi, selalu saja ada penumpangnya, seperti yang diinformasikan Bang Al.

Lalu, di Busway jurusan Lebak Bulus menuju Harmoni melewati Grogol tetap penuh penumpang (tak berdesakan) meski saat tengah hari. Juga dari Harmoni sampai Cawang UKI. Artinya, ada aktivitas masyarakat yang lain di siang hari selain pergi pagi pulang sore atau malam dari tempat pekerjaan.

Masyarakat tampak tenang meski data dari Kemenkes RI menunjukkan fakta: bahwa korban pasien meninggal yang awalnya sekitar 60 ribu (Awal Januari sampai Awal Juli 2020) tiba-tiba mendadak meningkat dua kali lipat sampai sekitar 120 ribu korban pasien COVID-19 meninggal dalam waktu sebulan terakhir. Karena itu, ‘vaccine movement’ kian gencar disosialisasikan dan dilaksanakan.
*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.