“Hari Terakhir PPKM, Aktivitas Masyarakat Kembali Menggeliat”

oleh -6 views

POJOK News

“Mendadak Ramai & Macet”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journalist-Researcher)

Hari terakhir PPKM, Senin (16/8/2021), sepanjang jalan raya antara Terminal Bubulak Bogor sampai Leuwiliang, mendadak ramai dan macet. Apalagi, di beberapa pertigaan seperti di Ciampea, Cibatok, Galuga, Cinangneng, dll.

Padahal kemarin (Minggu, 15/8/2021), masih sepi. Bus Antar Kota Jakarta-Bogor hanya terisi dua penumpang. Dan, kemarinnya lagi Bus Antar Kota Jakarta-Tasikmalaya dan Jakarta-Garut hanya tampak beberapa penumpang.

Seperti ucapan Umi (Usia 80 tahun-an), “Bade’ naon enjing-enjing di imah (Mau ngapain siang-siang di rumah, Umi nggak hobi masak… Umi ke pengajian ke mana-mana, sampai ke Cileungsi…. ”

Apa yang dikatakan Umi, yang meski ada tempat Ta’lim di seberang rumahnya, seperti merepresentasikan ragam aktivitas masyarakat yang “sulit dibendung” karena memang ‘habit’ sehari-harinya begitu. Selain bekerja, belanja, ada juga para pelajar yang diantar orangtuanya ke sekolah meski belum berseragam. Apalagi, di daerah lebih banyak aktivitas dan pekerjaan nonton formal yang bukan kantoran. Jadi, Angkot penuh penumpang dan ramainya kendaraan bermotor (juga truk-truk besar) ramai memenuhi jalan-jalan.

Kemarin, kebetulan hari libur dan banyak acara keluarga berkumpul di rumah, seperti di rumahnya Umi, yang ramai oleh anak, cucu, dan cicit. Di antara cucu mantunya, juga ada yang bekerja di Jakarta.

Hari ini, sehari sebelum Hari Libur Nasional 17 Agustus, tak tampak ada persiapan acara atau kegiatan ’17 Agustus-an’; yang terlihat hanya ada ‘Bendera Merah-Putih’ dan Ornamen-Tribut-Asesoris ‘Merah-Putih’ di mana-mana.
DIRGAHAYU RI Ke-76. MERDEKA.
*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.