“Sanksi Tegas Organiser Olimpiade Jika Menyimpang”

oleh -16 views

Mancanegara Top News

“Double Test COVID-19 Awal Berangkat & Setelah Tiba, Tertularnya Di Perjalanan”

Oleh: Fathonie Abdullah
(Journist-Researcher)

Sudah tentu, semua kontingen (atlet & official) dari seluruh negara peserta ‘Tokyo Olimpics 2021’ tak ada yang positif ‘Covid-19’ ketika diberangkatkan ke Tokyo. Namun, setelah di tes ulang, ternyata ditemukan sekitar 127  orang yang positif COVID-19 yang terkorelasi ke Olimpiade Tokyo (termasuk atlet, official, wartawan, pekerja konstruksi, dll).

Apakah sudah ada informasi bahwa orang-orang yang ada di pesawat, di bandara, di tempat penginapan, dan di kendaraan darat penjemputan (Pilot, Co. Pilot, Pramugari, Cabin Crew, Supir Jemputan House Keeping, orang-orang di bandara, dll) sudah dijamin tak ‘positif covid-19’?

Menurut laporan Forbes, sejak 1 Juli sudah di tes hampir 170 ribu atlet & official dari seluruh negara peserta Olimpiade Tokyo: hanya 14 atlet yang positif, yang tentu tidak diberangkatkan. Pihak Organizer ‘Tokyo Olimpics 2021’ pun tak mempermasalahkan ‘para tamu mereka’ yang datang dari mancanegara terkait COVID-19 karena memang sehat. Namun, apa yang terjadi kemudian? Setelah di tes ulang, ternyata ada 127 orang yang ‘positif Covid-19’.
(https://www.google.com/amp/s/www.forbes.com/sites/victoriaforster/2021/07/25/tokyo-olympic-games-releases-covid-19-data127-people-test-positive-so-far/amp/).

Meski demikian, sampai di hari ke-4, ‘Tokyo Olympics 2021’ masih tetap berlangsung. Artinya, Organizer masih sanggup mengatasinya (masih kondusif). Dan, para atlet dan official yang tak lagi bertanding, segera pulang kembali ke negara asal mereka.

Kepada JapanTimes.co.jp, Direktur Eksekutif Komite Olimpiade Internasional,
Christophe Dubi mengatakan bahwa “Pihak ‘organizers’ akan ‘be on the lookout for egregious rule breakers’. Setiap kali kami melihat seseorang tanpa masker… adalah tugas kami mengingatkan, ‘kenakan masker, ‘please’… ” dan (saat Konferensi Pers, Sabtu, 24/7/2021) “Jika kalian (pada seluruh kontingen) secara absolut menunjukkan perilaku yang menyimpang, kami akan secara definitip (tegas) mengambil tindakan (sanksi tegas).”
(Sumber: https://www.japantimes.co.jp/news/2021/07/24/national/coronavirus-olympics-tokyo-measures/).

Memang, sepertinya perlu ‘hujan buatan desinfectant’ di malam hari di seluruh kawasan dan lokasi yang dijadikan tempat pertandingan; selain penerapan ‘standard new norm protocol’ yang ketat dan kualitas ruangan penginapan seperti di rumah sakit; supaya para atlet dan official serta para wasit betul-betul terjamin kesehatannya.
*****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.