13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

oleh


Memiliki usaha sendiri agaknya merupakan hal yang didambakan banyak orang, ya, Parents. Namun, banyak dari kita yang memiliki impian ini tapi sulit memulainya karena alasan keterbatasan modal. Padahal, kalau ditelusuri lebih jauh, sebenarnya ada banyak, lo, contoh jenis usaha menjanjikan yang hanya membutuhkan modal kecil. 

Tidak semua bisnis yang sukses memerlukan modal besar di awal, kok. Justru, Anda bisa memulainya dengan usaha modal kecil-kecilan terlebih dahulu.

Memulai usaha dengan modal kecil juga bisa menjadi salah satu sarana untuk belajar dan mendapat pengalaman untuk mengelola usaha. Sehingga, ke depannya Anda dapat mengembangkannya secara lebih baik lagi. 

Lantas, contoh usaha dengan modal kecil apa yang bisa Parents coba lakukan? Melansir berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasinya!

Artikel terkait: Raup Cuan dengan Usaha Ternak Kambing? Yuk, Pelajari Caranya di Sini!

Contoh Usaha Modal Kecil untuk Parents yang Ingin Memulai Bisnis

1. Menjadi Dropshipper E-Commerce

contoh usaha modal kecil

Di era serba digital sekarang, dropship merupakan salah satu usaha minim modal yang patut dipertimbangkan. Anda tinggal duduk manis dan pintar-pintar memilih seller atau reseller terpercaya yang barang jualannya akan ditawarkan nanti. 

Kalau dilakukan secara konsisten dan serius, jenis usaha ini akan memberikan hasil yang cukup menjanjikan, lo, Parents

2. Menjual Makanan Pesan-Antar

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Kalau Parents suka masak, bisnis usaha makanan bisa dicoba. Anda bisa menjual aneka makanan sederhana untuk dikonsumsi sehari-hari. Misalnya, menjual nasi kotak untuk menu sarapan, makan siang, atau pun makan malam.

Terlebih, di era pandemi ini, layanan pesan-antar makanan sedang banyak dicari untuk meminimalisasi keluar rumah.

3. Buka Usaha Thrift Shop

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Merupakan salah satu usaha yang sedang tren akhir-akhir ini. Thrift shop adalah jenis bisnis menjual pakaian preloved atau bekas, tetapi kualitasnya masih bagus dan layak dipakai. 

Kalau Parents punya banyak stok pakaian bekas, Anda bisa memulai usaha ini. Atau, bagi Parents yang pandai memilih pakaian layak pakai di pasar loak, bisa juga mencoba membeli pakaian di sana untuk kemudian dijadikan barang jualan lagi di toko thrift shop.

Jenis usaha ini tak memerlukan modal besar. Namun, memang dibutuhkan keterampilan untuk bisa membuat pakaian bekas menjadi lebih menarik perhatian para calon pembeli. 

Bukan cuma pakaian, Anda juga bisa menjual sepatu, tas, atau pun aksesoris dalam bisnis ini. 

4. Usaha Modal Kecil Rumahan Toko Kelontong

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Foto: Cepatlakoo

Membuka toko kelontong kecil-kecilan juga bisa menjadi salah satu usaha menjanjikan. Terlebih, jika lokasi rumah Anda terbilang jauh dari supermarket. 

Anda bisa menjual berbagai keperluan sehari-hari seperti sembako, sabun, sampo, sikat gigi, atau berbagai camilan dengan target pasar para tetangga. 

5. Contoh Bisnis Sederhana Laundry Rumahan

contoh usaha modal kecil

Anda bisa memulai bisnis laundry rumahan. Caranya, bisa bekerja sama dengan usaha laundry yang sudah besar untuk menekan pengeluaran modal. 

Anda bisa menjadi collection poin atau tempat untuk mengumpulkan baju para pelanggan sebelum diserahkan ke laundry besar. Anda bisa mendapat keuntungan berupa komisi dari setiap baju yang dikumpulkan. 

6. Jasa Cetak Foto atau Polaroid Adalah Usaha Modal Kecil Rumahan yang Lagi Tren

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Jangan salah, jasa cetak foto atau cetak polaroid merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang juga sedang tren, lo. Akhir-akhir ini, banyak yang berminat untuk mencetak foto dan polaroid untuk dijadikan koleksi, pajangan, atau pun dijadikan sebagai kado. 

Untuk membuka usaha ini, Parents hanya perlu membeli printer foto dan polaroid serta kertas foto. 

Jenis usaha yang satu ini juga terbilang fleksibel karena bisa dijalankan secara online. Anda bisa menggunakan fasilitas situs e-commerce untuk menjualnya. 

Artikel terkait: 7 Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah, Mudah dan Bisa Jadi Peluang Bisnis!

7. Jasa Menjahit

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Kalau Anda memiliki keterampilan menjahit, jasa menjahit kecil-kecilan non-obras bisa menjadi pilihan. Biaya modal yang dikeluarkan bisa untuk membeli mesin jahit bekas.

Jasa yang ditawarkan sederhana saja, seperti permak jeans atau jasa memotong dan mengecilkan pakaian. Anda juga bisa membuka jasa jahit baju boneka. 

8. Usaha Parsel

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Usaha ini juga kerap dicari, terutama pada hari-hari besar seperti lebaran, natal, dan hari besar lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa membuka jasa parsel untuk suvenir pernikahan dan ulang tahun. Asalkan punya keterampilan mumpuni, ada kemauan, dan konsisten dijalankan, ini merupakan contoh usaha modal kecil yang menjanjikan.

9. Jual Pulsa Elektrik, Usaha Modal Kecil dari Rumah

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Pulsa sudah menjadi kebutuhan sehari-hari setiap orang untuk berkomunikasi. Parents bisa mencoba menjual pulsa elektrik sebagai usaha awal. Anda bisa membuka lapak di depan rumah, terutama jika rumah Anda sering dilalui oleh banyak orang.

10. Buka Jastip Pre-Order

contoh usaha modal kecil

Parents termasuk yang suka belanja camilan atau barang-barang dari situs belanja online luar negeri? Daripada belanja hanya untuk diri sendiri, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka usaha jastip. 

Parents bisa menawarkan camilan-camilan luar negeri atau pun barang lain seperti skincare yang hanya bisa dibeli lewat situs luar negeri, misalnya dari Korea, Jepang, dan lainnya. Sistemnya bisa menggunakan sistem PO atau Pre-Order dengan bayar DP untuk menekan modal usaha. 

11. Buka Jasa Terjemahan

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Jasa terjemahan sekarang sedang tren. Bagi Parents yang menguasai bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, bisa membuka jasa terjemahan ini, lo. 

12. Kedai Kopi Rumahan

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Belakangan ini tengah marak kopi susu kekinian dalam berbagai ukuran untuk dijual, mulai dari ukuran gelas hingga 1 liter. Tak ada salahnya juga, nih, Parents turut menjual kopi susu kekinian versi sendiri. Anda bisa mempromosikan produk kopinya melalui media sosial, lalu menjualnya secara online agar lebih mudah.

13. Jasa Pengetikan

Ingin Punya Bisnis? Ini 13 Contoh Usaha Modal Kecil dan Tips Sukses Memulainya

Usaha kecil jasa pengetikan biasanya dilakukan oleh mahasiswa, tetapi tak ada salahnya juga, kan, kalau Parents membuka usaha ini? Modalnya cukup laptop atau komputer. Mudah, kan? 

Tips Sukses Memulai Usaha dengan Modal Kecil

Usaha modal kecil

Ada begitu banyak contoh usaha dengan modal kecil yang bisa Anda coba lakukan. Namun, modal kecil maupun besar, kunci utama sukses memulai bisnis sebenarnya adalah kemauan dan keyakinan untuk menjalaninya.

Hal ini pun dijelaskan oleh Founder & COO of PALA Nusantara Ilham Pinastiko. Menurut Ilham, usaha modal kecil bisa dijalankan apabila seseorang punya kemauan dan bisa memanfaatkan platform digital sebaik mungkin.

“Jadi dropshipper, misalnya. Itu bisa menjadi pilihan usaha modal kecil yang tepat. Kita tidak perlu memiliki merek besar, tidak perlu waktu banyak untuk mengurus pengemasan. Tinggal gabung di marketplace dan perlu kuota, jual sana-sini, sudah dapat itu omzet,” ungkapnya seperti yang dikutip dari laman Kompas.

Usaha modal kecil

Meski banyak pilihan usaha modal kecil, lanjut Ilham, tetapi memulai bisnis dan usaha juga perlu berlandaskan keinginan dan tekad yang kuat. Jadi, bukan sekadar coba-coba.

“Kalau kita mulai dari hati dan tidak coba-coba, itu enak banget. Enggak ada beban buat menjalaninya,” pungkasnya.

Artikel terkait: 5 Aktris Bisnis Penginapan, Ada yang Pernah Digrebek Polisi

Nah, itulah beberapa contoh usaha dengan modal kecil yang bisa Parents coba beserta tips sukses memulainya. Semoga bermanfaat, ya!

***

Baca juga:

Aku Masih Bisa Menabung dan Berinvestasi Meski Sudah Resign, Penasaran Bagaimana Caranya?

Ingin Pinjam Uang ke Bank tapi Tak Punya Jaminan? Bisa! Ini Syarat dan Ketentuannya

Tertarik Investasi P2P Lending? Kenali Cara Kerja dan Risikonya Berikut Ini, Parents!

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.