12 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Keluarga

oleh


Apakah Parents suka mengonsumsi buah salak? Rasanya yang manis dan asam membuat kita jadi ketagihan untuk memakannya terus menerus. Buah salak yang populer di Indonesia ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan keluarga.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis salak yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Sebut saja salak madu yang dagingnya empuk dan manis bagai madu, serta salak gula pasir Bali yang ukurannya lebih kecil tapi tetap nikmat.

Buah dengan kulit kasar dan tebal ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Contohnya zat besi, kalsium, fosfor, protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin B2 & C.

Artikel Terkait: 10 Manfaat Buah Delima untuk Si Kecil, Salah Satunya Mencegah Anemia

12 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Parents dan Keluarga

1. Khasiat Buah Salak Dapat Menjaga Daya Tahan Tubuh

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Buah salak mengandung vitamin B dalam jumlah yang tinggi. Daya tahan tubuh dapat terpelihara dengan baik dengan asupan vitamin B yang cukup. Dengan daya tahan tubuh yang baik, maka Parents sekeluarga dapat terlindungi dari virus dan penyakit.

2. Memelihara Kesehatan Mata

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Mata kita membutuhkan vitamin A agar tetap sehat. Selain wortel yang tinggi vitamin A, Parents juga bisa mengonsumsi salak. Salak mengandung vitamin A dan beta karoten, antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

3. Manfaat Buah Salak Dapat Menjaga Kesehatan Pankreas

manfaat salak

Pankreas berfungsi untuk menghasilkan insulin. Agar tidak mengalami penurunan fungsi, kesehatan pankreas harus senantiasa dijaga. Di dalam salak ada kandungan yang dapat meregenerasi sel-sel pada pankreas.

Artikel Terkait: Bumil Makan Salak Bikin Kulit Bayi Bersisik? Cek Faktanya di Sini!

4. Manfaat Buah Salak untuk Mengontrol Gula Darah

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Zat Pterostilbene dalam salak dinilai dapat melindungi sel beta dalam pankreas untuk mencegah resistensi insulin. Zat tersebut juga termasuk agen penurun glukosa darah yang dapat mengendalikan diabetes.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

manfaat salak

Buah salak kaya serat, kalsium, dan karbohidrat sehingga cocok sebagai camilan saat diet yang dapat mendukung kebutuhan energi tubuh. Untuk menurunkan berat badan, imbangi dengan makanan sehat rendah kalori lainnya.

6. Memperkuat Memori

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Kalium dan pektin di dalam salak dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kemampuan kognitif serta mempertajam ingatan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu mencegah stress oksidatif dalam tubuh yang berisiko menimbulkan penyakit neurodegenerative.

7. Melancarkan Pencernaan

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Banyak yang beranggapan bahwa buah salak dapat menyebabkan sembelit, tapi faktanya buah salak justru membantu melancarkan dan menyehatkan pencernaan.

Daging dan kulit ari buah salak mengandung banyak serat, kalsium, tannin, saponin, flavonoid, dan beta karoten yang baik untuk sistem pencernaan dengan mempercepat proses pembuangan zat sisa dan racun. Tannin berfungsi sebagai antimikroba alami sebagai obat diare alami.

8. Meningkatkan Stamina, Manfaat dari Mengonsumsi Buah Salak

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Dengan rasa manis, salak mengandung gula yang dapat menambah energi kita. Karbohidrat dari salak diubah menjadi glukosa dan kemudian menjadi energi untuk tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Kandungan kalium, antioksidan, dan mineral dalam salak bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kalium dapat membantu mengirimkan impuls saraf yang berpengaruh pada detak jantung.

Artikel Terkait: 6 Manfaat Buah Duku, Cegah Penuaan Dini Hingga Optimalkan Sistem Pencernaan

10. Meningkatkan Kekuatan Tulang

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Zat besi dan kalsium dalam salak sangat baik untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Selain itu, keduanya juga bermanfaat untuk otot dan sendi, mengatur kekentalan darah, dan meningkatkan fungsi saraf dalam tubuh.

11. Memperbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

manfaat salak

Tingginya kandungan vitamin C dalam salak dapat berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit. Vitamin C dapat memicu produksi kolagen dalam tubuh yang dapat menjaga otot tetap lentur dan fleksibel.

12. Mencerahkan Kulit

12 Manfaat Buah Salak, Jaga Kesehatan Tulang hingga Gula Darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak salak memiliki potensi sebagai agen pencerah kulit alami karena mengandung flavonoid yang berpengaruh pada depigmentasi kulit. Krim dengan ekstrak etanol buah salak terbukti efektif menurunkan indeks melanin kulit manusia.

Itulah khasiat atau manfaat buah salak untuk kesehatan yang bisa diperoleh dari rutin mengonsumsinya. Tertarik untuk memasukkan buah ini ke dalam menu makanan keluarga sehari-hari?

Baca Juga:

id.theasianparent.com/manfaat-buah-rambutan

id.theasianparent.com/mpasi-buah-pir

id.theasianparent.com/manfaat-buah-murbei

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.