10 Manfaat Yoga untuk Pria, Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

oleh


Yoga bukan hanya boleh dilakukan oleh wanita, tetapi juga pria. Saat ini pun semakin banyak pria yang melakukan olahraga yoga. Pasalnya, ada banyak manfaat yoga untuk pria yang terbukti baik untuk kesehatan.

Yoga selama ini terkenal sebagai olahraga yang bermanfaat untuk memperbaiki postur, menjaga kesehatan pencernaan, serta mengatasi nyeri punggung. Namun lebih dari itu, masih banyak manfaat yoga yang bisa dirasakan.

Yoga pun termasuk olahraga yang dapat membuat tubuh dan pikiran lebih relaks.

10 Manfaat Yoga untuk Pria

Bila Ayah sedang mempertimbangkan yoga sebagai alternatif pilihan olahraga, berikut ini beberapa manfaat yang bisa Ayah rasakan bila berolahraga yoga:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

manfaat yoga untuk pria

Sumber: Pexels

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada pria. Kini penyakit jantung bahkan banyak dialami oleh pria berusia di bawah 40 tahun. Menariknya, yoga terbukti dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Harvard Medical School membuktikan bahwa hal tersebut terjadi karena yoga dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan mengurangi stres. Sebuah tinjauan penelitian tahun 2012 juga menemukan bahwa 25 dari 35 studi tentang topik tersebut, menyimpulkan bahwa yoga teratur dapat mengurangi tingkat stres para responden.

Artikel terkait: 7 Rekomendasi Matras Yoga yang Bagus dan Tips Memilihnya

2. Membantu Mengontrol Gejala Diabetes

Diabetes juga menjadi salah satu penyakit degeneratif yang banyak dialami pria di Indonesia. Pada tahun 2020 ada 10,8 juta penduduk Indonesia yang mengalami diabetes.

Pada kasus diabetes tipe 2, sebuah penelitian di India mengamati 30 pria diabetes dan 30 pria non-diabetes berusia antara 36 dan 55 tahun. Setelah 3 bulan melakukan yoga, para peneliti menemukan bahwa yoga secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa darah di antara responden diabetes. Mereka pun merekomendasikan yoga sebagai strategi pencegahan dan tindakan untuk mengontrol diabetes.

3. Dapat Meningkatkan Kehidupan Seksual

manfaat yoga untuk pria

Sumber: Pexels

Penelitian pada tahun 2010 terhadap 65 pria yang terdaftar dalam klub yoga, melihat dari berbagai aspek fungsi seksual pria dan menemukan bahwa yoga bermanfaat bagi setiap orang. Aspek tersebut termasuk keinginan, kepuasan hubungan seksual, kepercayaan diri, kinerja seksual, ereksi, dan kontrol ejakulasi.

Studi ini dapat membuktikan secara meyakinkan mengapa yoga dapat meningkatkan fungsi seksual pria. Namun, fungsi yoga dalam meningkatkan suasana hati dan otot panggul dianggap sebagai faktor utama yang meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan di ranjang.

Artikel terkait: 6 Pose yoga ini bantu kehidupan seksual makin bergairah, jangan lewatkan!

4. Mendukung Penyintas Kanker Testis, Termasuk Manfaat Yoga untuk Pria

Ada banyak penelitian yang dilakukan tentang bagaimana cara mendukung penyintas kanker testis untuk hidup dengan kondisi mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Sebuah penelitian tahun 2016 menemukan bahwa yoga dapat membantu mengelola dan mengurangi gejala kelelahan pada penderita kanker testis.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

manfaat yoga untuk pria

Sumber: Pexels

Statistik menunjukkan bahwa pria tiga kali lebih mungkin meninggal karena bunuh diri daripada wanita. Kesehatan mental pria yang buruk sering disebut sebagai alasannya. 

Yoga dapat memberikan keajaiban bagi pikiran Ayah. Penelitian yang dipresentasikan pada tahun 2018 berfokus pada 21 pria yang menderita depresi. Mereka mengikuti yoga Hatha dan perbaikan suasana hati yang signifikan terlihat setelah mereka menjalaninya selama 8 minggu.

Studi yang melibatkan pria dengan post traumatic stress disorder juga menunjukkan hasil yang positif.

6. Yoga Bukanlah Suatu Kompetisi

Meskipun Anda melihat banyak orang memamerkan teknik yoga yang mereka kuasai di Instagram, yoga bukanlah suatu kompetisi.

Ini juga sering disebut sebagai manfaat yoga bagi pria. Alih-alih bersaing dengan orang lain, yoga memaksa Anda untuk fokus pada pertumbuhan diri sendiri.

7. Manfaat Yoga untuk Pria Dapat Membangun Otot

olahraga

Sumber: Pexels

Yoga bukanlah sekadar olahraga peregangan. Yoga juga membutuhkan kekuatan yang serius. Responden dalam penelitian tahun 2016 melakukan Isha Hatha Yoga selama 21 hari.

Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kekuatan inti mereka serta bermanfaat untuk melatih keseimbangan. Ada berbagai pose yoga yang dapat melatih kekuatan dan membangun otot.

8. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer juga termasuk penyakit yang banyak menyerang pria. Alzheimer bahkan menjadi penyebab kematian keenam di Amerika Serikat.

Sebuah penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Research menemukan bahwa yoga dapat mencegah munculnya penyakit ini. Latihan yoga secara teratur dapat menghasilkan peningkatan signifikan pada kinerja memori verbal dan konektivitas di dalam otak.

9. Membantu Pemulihan Cedera

Di berbagai forum kebugaran telah banyak orang yang mengungkapkan bagaimana yoga membantu pemulihan cedera yang mereka alami. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, yoga sebenarnya juga dapat menyebabkan cedera sama seperti olahraga lainnya.

Ahli chiropractic, Kai Tiltmann menjelaskan:

“Olahraga termasuk CrossFit, HIIT, bahkan yoga dapat memiliki konsekuensi negatif bagi punggung bawah. Ini tentu saja ironis, di satu sisi kita berolahraga untuk menjadi kuat dan tetap fit. Namun bila tidak dilakukan dengan benar, olahraga ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah dan kerusakan jaringan besar, termasuk patah tulang.”

Jadi pastikan Ayah berolahraga yoga dengan dampingan instruktur profesional, ya.

Artikel terkait: 5 Tanda Nyeri Otot yang Harus Diwaspadai Setelah Berolahraga

10. Manfaat Yoga untuk Pria Dapat Mengurangi Sleep Apnea

olahraga

Sumber: Pexels

Pria hampir tiga kali lebih berisiko untuk mengalami gangguan tidur, sleep apnea. Yoga terbukti memiliki banyak manfaat untuk masalah gangguan tidur.

Sebuah penelitian tahun 2017 melihat yoga pranayama dan membandingkannya dengan terapi PAP (perawatan dengan melibatkan pasien yang menerima aliran udara terkompresi saat tidur).

Hasilnya menyimpulkan bahwa latihan pernapasan pada yoga pranayama membantu meningkatkan pernapasan dan meningkatkan fungsi otot pernapasan.

Nah, itulah manfaat yoga untuk pria yang bisa Ayah dapatkan bila teratur melakukannya. Jadi tunggu apa lagi? 

Baca juga:

Cara Menurunkan Berat Badan Melalui 5 Pose Yoga

15 Artis Pecinta Yoga, Jadi Inspirasi dan Memotivasi untuk Olahraga

Ini Alasan Yoga Bisa Memanaskan Kehidupan Seks Anda Bersama Pasangan

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.