10 Fakta Squid Game yang Lagi Viral, Serial Netflix Asal Korea Selatan

oleh


Serial Netflix Squid Game kini menjadi topik pembicaraan hangat di media sosial. Serial berjumlah 9 episode yang tayang dari 17 September 2021 itu menjadi sorotan karena kualitas dan alur ceritanya. Penasaran apa saja fakta dari serial Squid Game?

Apakah Parents sudah menonton serial Netflix yang satu ini? Jika belum, Parents harus tahu bahwa serial yang disutradai oleh Hwang Dong Hyuk ini diperuntukkan untuk penonton dewasa.

Ada banyak adegan penuh kekerasan yang sebaiknya tidak ditonton oleh anak-anak. Jadi, hendaknya tak mengajak si kecil jika ingin menonton serial ini, ya.

Nah, berikut adalah 10 fakta terkait serial yang tengah naik daun tersebut.

Artikel Terkait: 6 Alasan Drakor Squid Game Menarik untuk Ditonton dan Cara Streaming di Netflix

10 Fakta Serial Netflix Terbaru Squid Game

1. Naskahnya Berusia 10 Tahun Lebih

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Variety

Naskah untuk serial Squid Game ini ternyata telah ditulis sejak tahun 2008. Cerita mengenai survival game yang diikuti oleh ratusan orang memperebutkan hadiah uang bernilai fantastis ini terinspirasi dari sebuah komik yang dibaca oleh Hwang Dong Hyuk.

Saat menulis naskah tersebut, ia juga sedang dalam keadaan dililit hutang seperti para peserta Squid Game yang mengikuti permainan agar terbebas dari hutang.

Pada awalnya, naskah Squid Game sempat ditolak dan dinilai banyak orang terlalu rumit. Namun akhirnya Squid Game pun berhasil diproduksi pada tahun 2020.

2. Judulnya Diubah

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: About Netflix

Tak banyak yang tahu bahwa serial populer ini awalnya memiliki judul yang berbeda. Pada konferensi pers yang digelar oleh pihak Netflix di tahun 2019, serial Squid Game awalnya berjudul Round Six.

Squid Game sendiri adalah judul permainan yang dimainkan pada episode ke-8, sekaligus menjadi intro pembuka dari serial ini dimana sang tokoh utama, Seong Gi Hun, bernostalgia tentang permainan yang ia lakukan di masa kecilnya.

3. Fakta Squid Game Netflix, Capai Rating Tinggi

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Netflix

Squid Game menjadi serial Korea pertama yang menempati ranking 1 dalam 10 besar peringkat acara Netflix di Amerika Serikat, bahkan mengalahkan serial Money Heist yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Laman resmi Rotten Tomatoes juga memberi serial ini rating sangat tinggi, yaitu mencapai 100%.

Tak heran, serial ini menjadi sangat populer tak hanya di tempat asalnya Korea Selatan, melainkan hampir di seluruh penjuru dunia.

Artikel Terkait: 7 Fakta Ho Yeon Jung, Top Model Korea di Drakor Squid Game

4. Set Lokasi Permainan Direplika di Dunia Nyata

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Grid

Dalam sebuah video behind the scene atau dibalik layar yang ditayangkan di kanal Youtube The Swoon, Chae Kyoung Sun sang art director dari serial ini menyatakan bahwa hampir semua tempat-tempat ikonik dalam serial ini dibuat sedemikian rupa sehingga sangat aesthetic dan luar biasa.

Netflix Korea pun memanfaaatkan kepopuleran serial ini dengan mendirikan set permainan yang sama dengan di film di stasiun kereta bawah tanah di kota Itaewon, termasuk boneka anak perempuan raksasanya yang ikonik.

Sayangnya karena jumlah pengunjung yang membludak sehingga melanggar protokol kesehatan yang berlaku, set Squid Game tersebut ditutup untuk umum sejak Jumat (24/9).

5. Drakor Squid Game Gunakan Permainan Anak-Anak dari Jaman Dulu

fakta squid game

Sumber: Brilio

Faktanya, 6 permainan yang ada di serial Squid Game adalah permainan anak-anak asli yang populer di Korea pada tahun 1970 – 1980. Para kru film tersebut mereplika permainan tersebut berdasarkan ilustrasi dari buku-buku.

Permen madu yang menjadi objek permainan di ronde kedua adalah permen madu asli yang dibuat satu per satu oleh para kru film.

Begitu pula dengan kaca yang digunakan di permainan kelima adalah kaca asli yang bisa pecah dan para pemainnya pun berada di ketinggian 1 meter di atas tanah. Meskipun tak terlalu tinggi, 1 meter saja cukup untuk membuat mereka merasa ketakutan sehingga aktingnya pun bisa lebih maksimal.

6. Fakta Seragam yang Digunakan di Serial Squid Game

fakta squid game

Sumber: Dream

Menurut wawancara dengan Hwang Dong Hyuk yang dimuat di salah satu majalah di Korea Selatan, seragam olahraga yang digunakan di Squid Game terinspirasi dari seragam olahraga yang digunakan para siswa sekolah di Korea. Dua warna seragam yang digunakan dalam serial tersebut juga memiliki konsep tertentu.

Warnanya yang kontras ditekankan untuk menunjukkan kelompok yang berbeda, yaitu antara peserta dan petugas. Seragam yang digunakan juga melambangkan individualitas dan kepribadian.

7. Ada Petunjuk Mengenai Kelima Permainan dari Awal

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Koreaboo

Jika diperhatikan pada episode awal dimana para peserta dikumpulkan di dalam satu ruangan sebelum permainan dimulai, petunjuk mengenai kelima permainan yang akan dimainkan ternyata tergambar di sisi-sisi dinding ruangan tersebut. Namun di episode-episode selanjutnya, gambar-gambar ini tertutupi oleh tempat tidur besi yang jumlahnya banyak.

Baru di penghujung ketika hanya tersisa satu peserta saja yaitu Seong Gi Hun, Kang Sae Byeok, dan Cho Sang Woo gambar-gambar tersebut bisa dilihat kembali.

8. Nomor Telepon di Kartu Ternyata Sungguhan

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Koreaboo

Dalam serial tersebut, para calon peserta diberikan sebuah kartu di mana di baliknya terdapat nomer telepon yang bisa dihubungi jika ingin mengikuti permainan. Dalam beberapa episode, nomer telepon tersebut disorot dengan jelas.

Melansir dari Koreaboo, para warganet yang penasaran mencoba menghubungi nomer yang tertera di kartu tersebut. Rupanya nomer tersebut adalah nomer telepon sungguhan milik seseorang.

Pemilik nomer tersebut mengaku tidak tahu menahu mengapa nomer telepon miliknya yang telah digunakan selama 10 tahun tersebut bisa ada di serial Squid Game. Ia juga mendapat ratusan telepon dan pesan di handphonenya usai serial tersebut tayang di Netflix.

Artikel Terkait: Sudah Bisa Diakses Lewat IndiHome, Ini 10 Rekomendasi Drama Korea Terbaik di Netflix

9. Fakta Nomor Rekening di Serial Squid Game

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Kpop HIIT

Tak hanya nomer telepon, rupanya nomer rekening yang digunakan Seong Gi Hun untuk menerima uang hadiah permainan adalah nomer rekening asli. Nomer tersebut dapat dilihat dengan jelas pada episode terakhir ketika Seong Gi Hun berada di ATM.

Sama seperti nomer telepon, warganet yang iseng mencoba mentransfer uang ke nomer tersebut dan ternyata berhasil. Nomer tersebut milik seorang warga korea bermarga Lee. Pihak produksi Squid Game memberikan klarifikasi bahwa nomor rekening tersebut digunakan sesuai dengan persetujuan pemiliknya,

10. Sempat Dituding Plagiat

10 Fakta Menarik Squid Game, Nomor Telepon Asli Hingga Sempat Dituding Plagiat

Sumber: Allkpop

Seiring dengan kesuksesannya, serial Squid Game juga tersandung kontroversi. Banyak warganet yang menuding bahwa Squid Game melakukan plagiarisme terhadap film Jepang As The Gods Will/Kamisama No Iutoori yang tayang pada tahun 2014 silam.

Sebagai contoh, ada seorang warganet yang membandingkan beberapa potongan scene dari kedua film tersebut sama persis, termasuk pada permainan pertama di bagian awal.

Sutradara Hwang Dong Hyuk sendiri sudah membenarkan memang adanya kesamaan pada bagian awal, namun ia menegaskan tidak ada lagi yang mirip selain itu. Ia juga berkata bahwa ia menulis naskah Squid Game sudah bertahun-tahun sebelum film yang diadaptasi dari komik berjudul sama itu dirilis.

***
Itulah beberapa fakta menarik mengenai serial Netflix Squid Game yang kini tengah populer. Melihat dari ending serial ini yang menimbulkan banyak tanda tanya dan spekulasi, banyak yang berharap Squid Game akan dilanjutkan ke season 2. Sayangnya, hingga kini masih belum ada konfirmasi resmi dari pihak sutradaranya.

Baca Juga:

Daftar Film dan Series di Netflix September 2021: Sinopsis Money Heist 5 – Squid Game

Bosan Nonton Drakor? Intip 12 Rekomendasi Film Korea Netflix Terbaik Ini, Yuk!

Menambah Wawasan, Ini 10 Film Dokumenter Terbaik di Netflix yang Patut Ditonton

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

No More Posts Available.

No more pages to load.